Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Manfaat Buah Loofah Dari Vietnam

Sponsors Link

Akhir-akhir ini kita sepertinya digegerkan dengan berita penampakan dari buah tanaman yang memiliki bentuk mirip dengan payudara seorang perempuan. Nama buah tersebut adalah buah loofah. Mungkin buah loofah ini masih terdengar asing di telinga anda. Buah loofah memang bukan buah yang berasal asli dari Indonesia. Buah ini adalah buah khas yang banyak ditemukan di Negara Vietnam. Buah loofah ini memiliki warna merah muda dengan bagian ujung membesar dan memiliki benjolan hitam mirip dengan putting pada payudara. Terdengar sedikit vulgar memang, tapi buah ini memang benar-benar ada.

buah LoofahTentang Buah Loofah

Buah loofah sebenarnya adalah salah satu jenis timun yang masuk ke dalam jenis sayur mayur. Di wilayah tempat asal loofah, orang-orang memanfaatkannya sebagai bahan makanan atau bahan masakan. Di Indonesia, sayuran oyong adalah sayuran yang masih satu kerabat dengan loofah. Penasaran dengan si loofah, buah mirip payudara ini?

Buah Loofah memiliki nama Ilmiah Luffa Aegyptiaca. Bentuknya memang agak aneh dan bagi yang baru melihatnya mungkin akan sedikit ragu untuk mengkonsumsinya. Pada umumnya, loofah banyak dimanfaatkan masyarakat Vietnam sebagai bahan masakan seperti sup dan masakan-masakan lainnya. Berikut akan dijelaskan berbagai manfaat buah loofah:

  1. Loofah bermanfaat untuk menyembuhkan sembelit

Jika anda mengalami sembelit atau mengalami gangguan pencernaan lainnya, mengkonsumsi buah loofah dapat membantu anda mengatasi gangguan pada pencernaan. Buah loofah yang sudah benar-benar masak mengandung banyak sekali serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan.

  1. Loofah bermanfaat untuk dijadikan sebagai sayuran yang nikmat

Ingin mencoba masakan yang berbeda? Sepertinya loofah dapat menjadi rekomendasi yang unik untuk menemani santapan makan anda. Untuk dijadikan sebagai bahan masakan, biasanya digunakan buah loofah yang masih muda yang bisa dimasak sebagai sayur, sup atau masakan lainnya. Rasa dari loofah sebenarnya mirip dengan rasa sayur oyong yang bisa kita jumpai dengan mudah.

  1. Loofah untuk spons untuk mandi?

Tahukah anda jika spons yang biasa anda pakai untuk mandi ada juga yang terbuat dari buah loofah? Hmmm, apa benar ya? Buah loofah sebelumnya harus melalui pemrosesan terlebih dahulu untuk dapat digunakan sebagai spons mandi. Pada proses ini, buah loofah dibersihkan dan hanya disisakan seratnya yaitu xylem. Ini lah yang nantinya dapat diproduksi sebagai bahan utama pembuat spons.

Selain untuk spons mandi, loofah yang sudah mongering dapat digunakan sebagai spons untuk mencuci peralatan makan yang kotor. Kegunaan loofah dalam hal ini sangatlah efektif karena seratnya yang banyak dapat menyapu kotoran-kotoran sisa makanan.

  1. Buah loofah sebagai bahan baku furnitur

Buah loofah ada juga yang dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furnitur. Produksi furniture yang menggunakan loofah ini banyak ditemui di negara Paraguay. Penggunaan buah loofah untuk furniture ini adalah dengan mencampurkannya dengan material-material lain.

  1. Buah loofah dapat di jadikan makanan camilan

Apakah anda pernah mencoba camilan yang terbuat dari loofah? Jika belum, anda dapat juga mengolah loofah untuk dijadikan snack atau makanan ringan di rumah. Caranya adalah dengan mengiris terlebih dahulu buah loofah. Setelah itu loofah yang sudah diiris-iris dapat diberi bumbu lalu digoreng hingga kering. Simpel bukan?

  1. Buah loofah bisa mencerahkan kulit

Buah loofah ini dipercaya bisa meningkatkan kecerahan kulit. Caranya? Untuk caranya ini sedikit unik. Jika anda ingin mendapatkan khasiat loofah yang satu ini, anda dapat menggunakan alat scrub yang terbuat dari loofah yang sudah dikeringkan. Alat scrub ini dikatakan dapat mengangkat sel-sel kulit mati serta dapat mengecilkan pori-pori kulit anda. Namun, jangan menggosok terlalu keras, karena bisa jadi kulit malah terluka bukannya menjadi lebih cerah. Gunakan alat scrub dari loofah secara rutin agar hasilnya bisa maksimal. Lebih jauh lagi, efek dari alat scrub dari loofah ini akan membuat kulit lebih sehat karena dengan melakukan scrub pada kulit, maka akan membantu sirkulasi udara pada permukaan kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat. Menarik kan?

  1. Buah loofah sebagai obat

Buah loofah yang memiliki banyak vitamin dan nutrisi lainnya dapat digunakan sebagai obat. Apa saja penyakit yang bisa disembuhkan oleh buah loofah? Anda bisa menggunakan buah loofah dengan cara merebusnya, lalu air rebusan loofah ini dapat digunakan untuk mencegah ataupun mengobati penyakit batuk. Lakukan pengobatan dengan air rebusan loofah secara teratur sampai batuk berangsur-angsur sembuh.

  1. Buah loofah untuk menghilangkan sakit persendian

Manfaat dari buah loofah yang lainnya yaitu untuk mengobati sakit pada persendian. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi loofah, baik dengan dimasak atau direbus dan diminum airnya, dapat menghilangkat rasa sakit yang terjadi pada sendi-sendi anda.

BaikUntuk Persendian :

  1. Mengkonsumsi buah loofah dapat mengobati bengkak

Buah loofah dikonsumsi dengan cara langsung dimakan dapat meredakan bengkak di area sinus atau nasal. Mengkonsumsi loofah secara langsung dapat menjaga nutrisi dan khasiat yang tersimpan di dalam loofah. Sebagai informasi saja, rasa loofah ini sedikit manis dan tidak terlalu buruk untuk konsumsi mentah. Patut untuk dicoba.

  1. Buah loofah dapat melancarkan asi

Bila anda seorang ibu yang sedang menyusui, meningkatkan konsumsi buah loofah akan membantu anda dalam memproduksi ASI. Memang belum banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan hal ini. Tetapi tidak ada salahnya mencoba menjadikan loofah sebagai bahan untuk menu santapan bukan?

Baik untuk asi:

  1. Buah loofah untuk memperlancar siklus haid

Bagi para wanita yang mengalami siklus haid yang tidak teratur, atau anda mengalami nyeri saat haid, makan buah loofah. Kandungan yang ada di dalam buah asli Vietnam ini dipercaya dapat melancarkan siklus bulanan anda.

  1. Buah loofah sebagai bahan baku produk perawatan kulit

Selain digunakan untuk scrub dan spons, ternyata buah loofah ini juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat produk perawatan kulit.  Para ahli meyakini bahwa menggunakan loofah sebagai bahan produk kecantikan dapat mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh.

  1. Punya mata panda? Coba buah loofah sebagai masker mata
sponsored links

Apakah anda sering begadang? Bagi anda yang mengalami susah tidur atau memiliki pekerjaan yang menuntut anda untuk selalu tidur larut malam, lingkaran hitam pada mata adalah hal yang mungkin wajar muncul pada kedua mata anda. Namun, lingkaran hitam pada mata atau sering disebut dengan istilah mata panda tentu akan sangat mengganggu penampilan. Untuk meminimalisir warna kehitaman yang melingkar di area mata anda, gunakan buah loofah sebagai masker pada mata. Caranya davit dengan menghaluskan buah looffah lalu diaplikasikan pada area mata. Dapat juga dengan mengiris begitu saja buah loofah lalu tempelkan pada mata.

Efek Samping Buah Loofah

Selain memiliki berbagai manfaat yang sangat berguna baik bagi kesehatan atau kecantikan, serta dapat dikonsumsi, buah loofah juga disinyalir memilki beberapa efek samping yang bila tidak diperhatikan dengan baik bisa merugikan. Apa ya kira-kira efek samping dari si loofah buah mirip payudara ini?

Efek penggunaannya sebagai spons

Penggunaan buah loofah sebagai scrub atau spons untuk mandi jika menggosok terlalu keras dapat menyebabkan luka pada permukaan kulit. Ada baiknya menggosok tubuh dengan loofah dengan tidak terlalu keras. Selain itu, jangan gunakan scrub atau spons loofah untuk kulit muka. Ini karena kulit pada muka lebih sensitif dan lebih tipis. Sehingga dikhawatirkan dapat merusak jaringan kulit pada muka anda.

Efek Konsumsi Berlebihan

Konsumsi loofah yang terlalu sering dengan jumlah yang banyak kemungkinan dapat menyebabkan kepala pusing, iritasi, kehilangan konsentrasi hingga kurang kesadaran. Untuk itu, perlu diperhatikan untuk jumlah dan intesitas konsumsi loofah ini.

Mempercepat Pendarahan

Bagi penderita penyakit mimisan, mengkonsumsi loofah dapat memperparah pendarahan. Hentikan mengkonsumsi buah loofah sampai mimisan sembuh kalaupun anda ingin mengobati bengkak di hidung atau sinus anda dengan buah loofah.

Kandungan Nutrisi pada Buah Loofah

Berikut daftar nutrisi yang terdapat di dalam buah loofah sebagai referensi untuk konsumsi buah loofah. Di dalam 250 gram buah loofah, terdapat:

  • 40 kal energi
  • 2 gram atau 8 kal kandungan Kalori
  • 0,25 gram atau 2,25 Kal kandungan lemak
  • 9,5 gram atau 38 kal kandungan Karbohidrat

Selain beberapa nutrisi yang sudah disebutkan di atas, penelitian membuktikan bahwa di dalam 250 gram buah loofah terdapat pula kandungan vitamin serta mineral yang tidak sedikit yang di antaranya yaitu Folat dan Vitamin K. Nah dengan kandungan nutrisi yang tinggi, tidak heran kan manfaat buah loofah dari vietnam ini sangat ampuh.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 17th, February 2015 / 04:23 Oleh :
Kategori : Buah Buahan