Sponsors Link

11 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Pria dan Wanita

Sponsors Link
berbagai macam manfaat olahraga

Berbagai macam manfaat olahraga

Mensana in Corpore Sano adalah pribahasa yang populer. Artinya dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tubuh sehat adalah dambaan setiap insan. Tua dan muda. Karena jika sakit semua aktivitas akan terganggu dan kehidupan menjadi tak mudah dijalani. Lalu ada banyak cara untuk membiasakan hidup sehat untuk mencapai kesehatan tubuh. Salah satunya adalah berolahraga.

ads

Olahraga artinya melakukan gerak atau aktivitas yang ringan atau berat dengan maksud mencapai keseimbangan antara raga, pikiran dan jiwa. Jasmani dan rohani yang sehat akan membuat hidup lebih indah.

Jenis Olahraga Berdasarkan Media

  1. Olahraga dengan alat-alat tertentu, contohnya : Fitness, bersepeda, yoga dan sebagainya
  2. Olahraga dengan aktivitas tertentu bisa dengan alat atau tanpa alat, contohnya Berenang, atletik, aerobik dan sebagainya.
  3. Olahraga yang dilakukan dengan mahluk hidup lain contohnya Berkuda dan sebagainya

Jenis Olahraga Berdasarkan Tempat

Selain itu ada pula olahraga yang dibedakan dari tempatnya misalnya

  1. Olahraga di luar ruangan. Misalnya bersepeda, berkuda, mendaki gunung, cross country dan banyak lagi
  2. Olahraga di dalam ruangan. Misalnya yoga, catur, fitness, aerobik jika dilakukan di gym dan banyak lagi

Kemudian ada pula olahraga yang dilakukan perseorangan atau berkelompok. Contoh olahraga yang dilakukan perseorangan seperti yang diterangkan di atas antara lain:

Olahraga Perorangan

  • Berenang, fitness, aerobik dan sebagainya

Olahraga Kelompok

Lalu contoh olahraga yang dilakukan berkelompok misalnya:

  • Basket, voli, sepakbola dan sebagainya

Sebenarnya banyak aktivitas sehari-hari yang bisa pula disebut berolahraga asalkan dilakukan dengan cara rutin misalnya naik turun tangga, mencuci, menyapu halaman dan sebagainya. Yang terpenting disini adalah aktivitas fisik yang membuat tubuh bergerak, mengeluarkan keringat dan terasa semakin sehat.

Bagi mereka yang merasa tidak ada waktu, ada beberapa aktivitas olahraga mudah yang bisa dilakukan tanpa menyita waktu, cukup 10 menit sehari. Misalnya:

  • Sit up, Push up
  • Jalan di tempat
  • Skipping atau loncat tali

Pastikan olahraga atau aktivitas fisik ini dilakukan setiap hari atau kalau tidak di pagi hari bisa di sore hari.

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Kemudian apa saja manfaat olahraga bagi tubuh? Ada 5 manfaat utama olahraga, yaitu:

  1. Dengan berolahraga secara teratur tubuh menjadi lebih rileks dan segar, sehingga otomatis membuat tidur lebih nyenyak, menghindari stress dan badan terasa bugar
  2. berolahraga terbukti membuat bagian-bagian tubuh seperti jantung menjadi sehat. Karena jantung patut memompa aliran darah ke dalam tubuh dalam beberapa detik sehingga diperlukan jantung yang sehat. Apalagi penyakit ini tergolong penyakit yang mematikan di dunia. Maka ada baiknya menjaga kesehatan jantung sedari dini. Begitu pula dengan paru-paru dan bagian tubuh lainnya.
  3. berolahraga membuat kulit menjadi terasa segar karena terbiasa mengerakkan bagian tubuh lainnya. Terbukti olahraga membuat kita menjadi awet muda dan berhubungan dengan kecantikan
  4. berolahraga membuat tulang dan otot menjadi kuat. Tulang dan otot akan menurun elastisitas dan kekuatannya seiring pertumbuhan badan dan pertambahan usia.
  5. berolahraga membuat sirkulasi otak bekerja dengan baik sehingga konsentrasi meningkat. Hal ini juga baik untuk orangtua lanjut usia. Misalnya melatih otak dengan berolahraga catur dan lain-lain.

Selain itu bagi para wanita olahraga juga sangat dianjurkan, mengapa?

6 manfaat olahraga bagi wanita

ads
  1. penampilan sangat penting bagi para wanita. Mereka sangat mengutamakan terlihat cantik atau bugar. Maka terlalu kurus tidak baik, apalagi jika terlalu gemuk. Masalah kegemukan ini biasanya anjurannya adalah berdiet dan berolahraga. Maka olahraga dianjurkan karena bermanfaat untuk mengatasi masalah berat badan wanita, atau jika ingin mempertahankan tubuh idealnya.
  2. seperti yang diterangkan diatas, olahraga sangat baik untuk kulit sehat. Kulit tentunya berhubungan dengan kecantikan. Kulit yang sehat, terlihat awet muda dan senantiasa segar menjadi dambaan kaum hawa. Dengan berolahraga kulit yang sehat dan terlihat cantik semakin mudah didapatkan.
  3. wanita sering didera pre menstrual syndrome sebelum menstruasi. Perubahan hormon ini cukup menganggu emosi dan stabilnya batin para wanita. Maka dengan berolahraga ada hormon yang dikeluarkan sehingga tidak terlalu sakit perut ketika mens menyerang. Atau terhindar dari badan pegal-pegal dan lain sebagainya.
  4. olahraga juga terbukti menambah energi para wanita dalam beraktifitas. Olahraga membuat energi meningkat sehingga para wanita bersemangat menjalani hari-harinya.
  5. wanita lebih rentan terkena penyakit osteoroposis atau penyakit kerapuhan tulang. Daripada para pria. Maka dengan berolahraga secara teratur para wanita bisa mencegah terkena penyakit ini. terutama jika diimbangi dengan asupan energi lainnya seperti susu tulang dan suplemen lain-lain.
  6. ketika wanita hamil, ia pun dianjurkan untuk berolahraga sesuai trimester dan usia kehamilannya. Misalnya pada trimester ketiga ada pengaruh hormon relaksin yang mengakibatkan nyeri pinggang dan pinggul. Maka ia bisa berolahraga sesuai petunjuk dokter pula.

Lalu jika Anda belum terbiasa untuk berolahraga, ada baiknya mencari teman atau memilih jenis olahraga yang sekiranya menyenangkan untuk diikuti. Misalnya bersepeda, aerobik bersama teman, bahkan dengan berjalan kaki selama 1 jam pun sudah terhitung menyehatkan jantung dan baik untuk kesehatan tubuh.

Tips olahraga

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih dan melakukan olahraga:

  1. sesuaikan jenis olahraga yang akan anda ikuti atau lakukan dengan kebiasaan dan minat Anda. Atau bisa juga memilih olahraga yang paling cocok dengan kepribadian Anda. Bagi yang introvert ada baiknya mencoba berolahraga di dalam ruangan, tapi untuk yang ekstrovert pasti olahraga yang membutuhkan kerjasama seperti sepakbola cukup menarik dilakukan.
  2. pastikan apa target yang ingin dicapai ketika berolahraga dan sesuaikan dengan jenis olahraganya. Misalnya Anda ingin lebih fit badannya atau mempertahankan berat tubuh ideal maka olahraga seperti berlari atau fitness dan aerobik bisa diikuti. Jika untuk menghindari stress olahraga seperti bersepeda atau joging bisa coba dilakukan.
  3. olahraga yang Anda familier dari kecil mengikutinya juga bisa menjadi pilihan. Misalnya jika dari kecil Anda sudah terbiasa les berenang, maka bisa jadi olahraga rutin di usia dewasa pula

Jika sudah menentukan jenis olahraganya dan mengenal manfaat olahraga, sebaiknya pastikan jadwal Anda berolahraga. Jika Anda kurang yakin untuk melakukan olahraga, ada baiknya mengetahui bahaya apa saja yang bisa ditimbulkan bagi tubuh jika kurang atau tidak olahraga.

Bahayanya Jika Tidak Berolahraga

Yaitu:

  1. Tubuh anda rentan dengan berbagai macam penyakit, apalagi dengan banyaknya penyakit musiman yang melanda jika musim hujan misalnya sakit flu, demam dan sebagainya
  2. Tubuh anda mengalami penurunan massa otot karena kurangnya digerakkan atau aktivitas olah fisik
  3. Tubuh tak sanggup mempertahankan berat idealnya. Terutama bagi mereka yang punya kecenderungan obesitas atau kegemukan dan sebagainya kurang baik jika tidak dilatih dengan berolahraga
  4. Tubuh mudah lelah dan otak kurang bisa berkonsentrasi. Hal ini bisa diakibatkan kurangnya berolahraga.

Itulah beberapa bahaya yang bisa terjadi jika tidak berolahraga, maka ada baiknya membiasakan rutin berolahraga sejak dini ya.

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 18th, November 2014 / 10:21 Oleh :
Kategori : Olahraga