10 Manfaat Senyawa Flavonoid Kesehatan Tubuh

Banyak senyawa yang dapat ditemukan di berbagai mahluk hidup maupun benda mati. Dan tentunya di setiap senyawa tersebut memiliki fungsi dan manfaat masing – masing. Salah satunya adalah senyawa Flavanodi atau memiliki nama lain Bioflavanoid.

Tentang Flavanoid 

Senyama Flavanoid adalah senyawa bagian dari golongan senyawa Phytochemical. Senyawa Flavanoid memiliki kedudukan pentik untuk tumbuhan – tumbuhan yang tumbuh di sekita kita. Flavanoid memegang perang pneting bagi pemebntukan kelopak bunga yaitu dengan cara memikat serangga agar menghinggapi bunga dan membantu proses penyerbukan. Tetapi tidak semua serangga yang tertarik dengan senyawa ini karena memiliki rasa pahit bagi beberapa lidah serangga.

Jenis dan Tipe Flavanoid

Flavanoid memiliki beberapa jenis yaitu Flavanol, Flavon, Isoflavon, Flavanol, dan Anthocyanin. Berbagai jenis senyawa Flavanoid ini terdapat atau terkandung di tumbuhan – tumbuhan berwarna karena Flavanoid juga menjadi pewarna bagi para tumbuhan. Tumbuhan – tumbuhan itu mulai dari bunga, sayuran, hingga buah – buahan. Untuk jenis Flavanoid yang terdapat pada makanan yaitu Quercetin, Epicatechic, Oligamer Proanthochyanidin, Myrecetin, Carechin, dan Xanthohumol.

Makanan yang mengandung Flavanoid

makanan mengandung flavonoidBerbagai tumbuhan dan tanaman yang mengandung senyawa ini  di antaranya buah jeruk yang juga kaya akan Vitamin C. Kemudian ada grup Berry seperti strawberry dan blueberry. Aneka kacang – kacangan juga mengandung banyak Flavanoid. Selain itu ginko biloba, sayur bayam, semua jenis teh juga kayak akan Flavanoid.  Makanan lainnya seperti dark chocolate dan buah anggur ikut mengandung senyawa ini juga.

Meski terdapat dalam berbagai tanaman, Flavanoid tidak terdapat pada tanaman ganggang, jamur, juga mahluk hidup bakteri. Pada umumnya manfaat senyawa Flavanoid beserta semua jenisnya adalah untuk mengusir radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas adalah bagian tubuh yang mengambil sebagian sel – sel sehat dalam tubuh agar tetap bisa hidup secara stabil. Oleh karena itu Radikal Bebas memberi efek negatif bila terus dipelihara di dalam tubuh. Selain manfaat umum, tentu ada juga manfaat – manfaat khusus. Berikut manfaat – manfaat khusus dari senyawa Flavanoid untur diri kita:

1. Flavanoid Sebagai antioksidan

Seperti yang sudah disebutkan manfaat secara umum dari senyawa Flavanoid adalah untuk mengusir Radikal Bebas. Radikal Bebas dapat berkembang dengan melakukan oksidasi terhadap sel – sel sehat. Oleh karena itu tubuh perlu manfaat antioksidan yang cukup untuk mencegah terjadinya oksidasi. Flavanoid bereperan sebagai oksidasi.

Sumber Antioksidan :

2. Flavanoid Mengusir polusi dalam tubuh

Terciptanya polusi di lingkuangan kita tinggal memang memberi dampak yang buruk secara perlahan terhadap tubuh kita. Manfaat Senyawa Flavanoid sangat efektif untuk masalah yang satu ini. Ia akan mengusir polusi dalam tubuh kita seperti dari asap rokok dan asap kendaraan yang jelas beracun.

Penting untuk melawan radikal bebas

3. Senyawa Flavanoid Dapat Mencegah penuaan dini

Selain untuk dalam tubuh, Flavanoid juga memberi manfaat pada kesehatan kulit kita. Salah satunya mencegah terjadinya penuaan dini. Kulit yang terpapar polusi memang menyebabkan kulit menjadi mudah kusam dan mengalami penuaan yang lebih cepat. Maka dari itu Flaavanoid akan meregenerasi kulit dan mengencangkat juga menghilangkan kerutan akibat penuaan dini.

Penting untuk penuaan dini :

4. Senyawa Flavanoid Untuk Menghindari penyakit mematikan

Penyakit – penyakit mematikan seperti penyakit jantung, kanker, dan tumor memang patut untuk dihindari. Dua penyebab timbulnya penyakit ini ialah pola hidup yang buruk dan faktor genetik. Flavanoid akan membantu kita terhindar dari penakit – penyakit mematikan tersebut karena membantu Radikal Bebas agar dapat hidup secara stabil dan tidak merusak sel.

5. Flavonoid Dapat Mencegah penyakit aterosklorosis

Penyakit ateroklorosis adalah penyakit yang menyerang dinding arteri di mana adanya pertumbuhan lemak berlebih dalam bagian tersebut. Tumbuhnya lemak dalam dinding arteri dapat menyebabkan aliran darah terhambat dan tidak mengalir sempura ke otak dan jantung kita.

6. Flavanoid Sebagai Penolak alergi

Senyawa Flavanoid juga dapat berepran sebagai penolak alergi. Flavanoid akan memasang pagar dalam tubuh kita untuk menolah adanya respon atau reaksi negatif dari tubuh terhadap sebuah keadaan.

Efektif mengobati alergi :

7. Flavanoid Efektif Mengusir virus

Karena menstabilakan jalannya Radikal Bebas, Flavanodi juga akan mengusir virus yang dapat menghinggapi sel – sel dalam tubuh. Misalnya sel dalam darah yang mudah sekali terseraang virus.

Efektif mengusir virus :

8. Flavanoid Efektif Menghindari trombus

Senyawa yang satu ini juga dapat membuat darah merah dalam tubuh kita mengalir tanpa terjadinya penggumpalan atau trombus. Penggumpalan darah dalam tubuh dapat memberi efek yang serius contohnya penggumpalan dalam otak yang dapat menyebaabkan penyakit minengitis.

9. Sebagai anti diare

Diare yang merupakan penyakit yang sering menghinggapi anak – anak dan orang lanjut usia ini memang menjadi masalah yang cukup serius karena sering menghilangkan nyawaa seseorang. Diare yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan memang wajib dihindari dengan memakan makanan yang bersih dan bergizi. Salah satunya makanan yang mengandung sneyawa Flavanoid. Selain itu dijaga juga kebersihan diri sendiri dan lingkungan.

Baik untuk diare :

10. Kekebalan tubuh

Manfaat senyawa flavanoid adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dari seluruhnya ini manfaat yang paling mencakup semuanya. Karena sneyawa Flavanoid memang menjadi senyawa yang membantu tubuh kita untuk menjadi lebih kebal. Atau setidaknya menstabilkan kekebalan tubuh kita.

Baik untuk sistem kekebalan tubuh :

Nah, sebenarnya senyawa Flavanoid sudah sering kita konsumsi seiring kita memakan makanan yang mengandung senyawa ini tanpa kita sadari. Setelah mengetahui lebih jelas mengenai manfaat – manfaat dari senyawa Flavanodi terhadap diri kita, cobalah untuk lebih memperhatikan lagi asupan makanan yang dikonsumsi. Usahakan selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa Flavanoid untuk menangkal Radikal Bebas dalam tubuh kita. Karena setiap tubuh seseorang, baik bayi, anak – anak, remaja, maupun orang dewasa pasti dimasuki Radikal Bebas. Jangan lupa juga untuk didukung dengan asupan lain seperti makanan dan minuman yang kayak akan protein, nutrisi, mineral, dan kalsium.

, , ,
Post Date: Thursday 12th, February 2015 / 13:05 Oleh :
Kategori : Nutrisi