Sponsors Link

10 Manfaat Hati Ayam Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Sponsors Link

Apakah Anda suka makan hati ayam? Hati ayam adalah makanan yang mudah didapatkan. Namun terkadang beberapa orang tidak suka mengkonsumsi hati ayam karena rasanya yang sangat amin. Selain itu beberapa orang juga berpikir bahwa hati ayam banyak mengandung kolesterol sehingga tidak baik untuk kesehatan. Namun semua pernyataan itu ternyata tidak sepenuhnya benar. Hati ayam adalah sumber makanan yang baik untuk kesehatan karena mengandung berbagai jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

ads

Kandungan Gizi Hati Ayam

Hati ayam adalah sumber berbagai nutrisi yang sangat penting seperti vitamin A, vitamin B-12, mineral, folat dan riboflavin.

Apakah Hati Ayam Aman untuk Dikonsumsi?

Sudah sejak lama hati ayam dikonsumsi menjadi salah satu lauk pilihan. Hati ayam menjadi sumber nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Berbagai zat penting yang ditemukan dalam hati ayam adalah protein, vitamin A, asam folat, vitamin B-12, berbagai jenis mineral ( seng, magnesium, dan zinc), dan sumber terbaik untukmengatasi tubuh yang terasa lelah. Jadi jika dilihat pada semua kandungan  nutrisi, maka hati ayam sangat layak untuk dikonsumsi.

Berikut ini beberapa manfaat hati ayam untuk kesehatan.

1. Hati Ayam untuk Menjaga Kesehatan

Hati ayam ternyata memiliki kandungan vitamin A hingga lebih dari 120 % dalam 1 ons hati ayam. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam hati ayam bisa menjadi asupan yang sangat baik untuk penglihatan. Vitamin A sangat dibutuhkan oleh mata untuk mengurangi efek pencahayaan yang buruk pada mata, mengurangi resiko katarak dan berbagai jenis gangguan penglihatan. Selain itu vitamin A yang terkandung pada hati ayam juga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

2. Hati Ayam Bisa Mencegah Alzheimer

hati ayamAlzheimer adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Penyakit ini membuat penderitanya seperti tidak mempunyai identitas dan akan mengalami kemunduran ingatan secara signifikan. Rajin mengkonsumsi hati ternyata bisa mencukupi asupan vitamin B-12 yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B-12 akan membuat tubuh bisa melakukan regenerasi sel darah merah dengan cepat sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Selain itu vitamin B-12 juga akan membantu tubuh untuk meningkatkan kekuatan mental sehingga tidak mudah terkena Alzheimer.

3. Hati Ayam Memenuhi Gizi Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan zat folat dengan jumlah yang lebih tinggi daripada wanita biasa. Folat pada ibu hamil berfungsi untuk mencegah gangguan kehamilan dan kelainan pada janin. Dalam 1 ons hati ayam ternyata memiliki kandungan folat hingga lebih dari 70 persen. Kadar folat atau vitamin B-9 dalam hati ayam sangat tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Selain itu hati ayam yang banyak mengandung folat juga sangat baik untuk wanita yang sedang menjalani program hamil.

4. Hati Ayam untuk Menjaga Kelenjar Tiroid

Hati ayam mengandung banyak zat selenium yang sangat penting untuk mendukung sistem kerja hormone tiroid. Hormon tiroid sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk ketika tubuh harus melawan racun yang masuk dari makanan atau minuman. Selenium dalam hati ayam ternyata juga sangat baik untuk melawan pertumbuhan sel kanker, menjaga kesehatan tulang dan mengatasi rasa lelah.

5. Hati Ayam Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Perbaikan jaringan tubuh termasuk seperti jaringan kulit sangat penting untuk kesehatan tubuh. Hati ayam mengandung zat riboflavin yang sangat baik untuk memperbaiki jaringan dalam tubuh. Kondisi kekurangan riboflavin biasanya ditandai dengan bibir pecah, kulit yang rusak disekitar mulut dan rasa sakit pada hidung. Semua gejala ini menunjukkan tubuh kekurangan riboflavin. Dengan mengkonsumsi hati ayam secara teratur maka bisa meningkatkan kesehatan jaringan tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang dengan Hati Ayam

Memiliki gigi yang kuat dan sehat pasti akan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Hati ayam ternyata memiliki kandungan fosfor dengan nilai lebih dari 40 persen dalam 1 ons penyajian. Fosfor yang terkandung dalam hati ayam akan memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Fosfor akan membantu tubuh dalam menjaga pertumbuhan gigi dan tulang. Pada orang dewasa kebutuhan fosfor yang cukup juga bisa meningkatkan kekuatan tulang.

7. Hati Ayam untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jika Anda berpikir bahwa hati ayam mengandung banyak kolesterol, maka bisa jadi Anda telah melakukan kesalahan. Dalam sebuah penelitian terbuksi bahwa hati ayam bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan jumlah kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol yang dimiliki oleh hati ayam termasuk dalam kolesterol sehat yang sangat penting untuk tubuh. Kolesterol sehat akan menjadi sumber energi untuk tubuh dan meningkatkan pasokan sel darah merah bagi tubuh.

8. Hati Ayam Menjadi Sumber Mineral untuk Tubuh

Mineral menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk tubuh. Mineral seperti zat besi bisa dimanfaatkan untuk pembentukan sel-sel darah merah. Zat besi juga bermanfaat untuk menjaga aliran oksigen dalam darah. Sementara itu zinc menjadi sumber mineral yang penting untuk membantu proses pembelahan sel, proses pembentukan DNA, mempercepat penyembuhan luka, sumber energi dan memperbaiki jaringan tubuh. Hati ayam adalah sumber mineral yang sangat lengkap. Hati ayam mengandung seng, fosfor, magnesium dan juga seng.

9. Hati Ayam untuk Mengurangi Rasa Stres

ads

Apakah Anda pernah merasa stress? Stres merupakan kondisi tubuh yang dipengaruhi oleh sebuah hormon yang bernama hormon kortisol. Jika kondisi tidak stabil maka kemungkinan besar dalam tubuh terjadi produksi kelenjar adrenal yang tidak seimbang. jika kelenjar adrenal berfungsi dengan baik maka ada beberapa sistem kerja hormon yang akan mengurangi rasa stres. Untuk mendukung pekerjaan kelenjar adrenal maka konsumsi hati ayam bisa dilakukan secara rutin.

Penting untuk mengurangi stres:

10. Hati Ayam untuk Membantu Kesuburan Pria

Masalah kesuburan sering menjadi hal yang menakutkan bagi semua orang. Hati ayam yang banyak mengandung asam pantotenat ternyata memiliki manfaat yang baik untuk mendukung sistem kerja adrenal. Ketika kelenjar adrenal bekerja dengan baik maka sistem hormon termasuk hormon testosterone akan meningkat. Hati ayam juga akan berpotensi untuk meningkatkan daya tahan tubuh pria dan juga untuk meningkatkan kesuburan.

Pada dasarnya konsumsi hati ayam sangat aman untuk kesehatan, namun Anda juga harus memperhatikan cara memasak. Cara memasak hati ayam hingga matang akan menghindarkan makanan dari racun, bakteri atau kuman penyebab penyakit.

Baik Untuk Kesuburan :

Efek Samping Hati Ayam

Namun mengkonsumsi hati ayam dalam jumlah yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Beberapa resiko kelebihan hati ayam adalah peningkatkan kadar vitamin A yang berlebihan dalam tubuh. Jika hal ini terjadi  maka bisa menimbulkan keracunan makanan. Ibu hamil juga tidak boleh mengkonsumsi hati ayam berlebihan karena bisa menyebabkan kerusakan pada organ janin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 16th, February 2015 / 10:29 Oleh :
Kategori : Daging