4 Manfaat Hati Unta Pada Kesehatan

Unta merupakan hewan unik karena unta hanya bisa hidup yang di habitat gurun pasir. Unta merupakan hewan yang telah di design untuk hidup di padang pasir. Kaki unta mempunyai dua jari yang saling terkait dengan bantalan yang mempunyai sifat fleksibel sehingga unta dapat berjalan di atas gurun pasir tanpa terperosok masuk kedalam gurun walaupun membawa beban yang berat.

Unta bisa bertahan hidup selama 8 hari tidak makan atau minum dengan menggunakan cadangan makanannya yang disimpan didalam punuk unta. Di gurun pasir memang jarang sekali terdapat sumber makanan atau minuman. Air sangat sedikit dan tumbuhan hanya ada tumbuhan berduri. Punuk unta mampu menyimpan air sebanayk sepertiga dari berat badannya. Unta dapat mengkonsumsi air sebanyak 130 liter dalam waktu 10 menit. Bibir unta sangat kuat seperti memiliki sifat seperti karet sehingga tahan dan mampu mengkonsumsi tumbuhan yang berduri tanpa terluka.

Unta biasanya mempunyai umur kehidupan sekitar 30 sampai 50 tahun. Unta biasanya sebagai binatang pekerja untuk dimanfaatkan tenaganya seperti kuda, dimanfaatkan susunya serta juga dimanfaatkan dagingnya. Selain hal tersebut ternyata hati unta mempunyai manfaat untuk kesehatan yaitu sebagai obat sesak nafas atau penyakit asma.

artikel terkait:

Hati unta merupakan hal yang susah untuk dicari dan didapatkan karena memang yang ada hanya di negara-negara yang bisa dihidupi oleh hewan ini yaitu yang terdapat gurun pasirnya seperti Arab Saudi. Unta yang sangat terkenal yaitu unta Arab Saudi. Banyak jama’ah haji dari berbagai negara datang ke negara Arab Saudi ini dengan bertujuan untuk menjalankan ibadah haji. Ibadah haji dalam agama Islam merupakan salah satu dari rukun islam tetapi yang melaksanakan hanya yang mampu, terutama dalam masalah finansial.

Saat musim ibadah haji maka banyak jama’ah haji yang membeli oleh-oleh untuk keluarga dan para kerabat dirumah. Salah satu oleh-oleh yang menjadi favorit yaitu hati unta. Selain memang dikonsumsi seperti hati hewan lain, yaitu seperti hati sapi atau hati kambing, hati unta ternyata juga berkhasiat sebagai obat. Unta hidup dipadang pasir yang kondisi airnya relatif sedikit serta udaranya yang berdebu, tetapi unta kuat hidup didaerah tersebut. Sehingga hati unta mempunyai kekuatan tersendiri serta mempunyai manfaat yang baik untuk menyembuhkan penyakit ataupun untuk manfaat kesehatan. Beberapa manfaat dari hati unta yaitu sebagai berikut:

  1. Mengobati penyakit asma

Penyakit asma merupakan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Penyakit asama sering disebut dengan penyakit sesak nafas. Orang yang menderita penyakit asam akan dengan tiba-tiba mengalami sesak napas jika asma ini sedang menyerang. Bahaya penyakit asma yang parah, jika sampai tidak tertolong maka bisa menyebabkan kematian.

Hati unta merupakan obat yang paling berkhasiat untuk mengobati penyakit asma. Hati unta memang lebh sulit dicari karena hanya ada di negara-negara yang menjadi habitat unta yaitu gurun pasir, sehingga harganya juga lebih mahal. Tetapi jika melihat dan membuktikan khasiatnya untuk sebagai obat maka akan tertarik untuk mengobati penyakit asma dengan hati unta tersebut.

Hati unta ada yang basah dan ada yang kering, tetapi biasanya lebih banyak dijual dengan keadaan sudah kering agar bisa awet. Cara mengkonsumsi hati unta untuk penyakit asma maka bisa dengan menggoreng hati unta dengan menggunakan sedikit minyak atau bisa dengan dipanggang. Kemudian haluskan hati unta menjadi bubuk. Konsumsilah dua kali sehari dengan sekali konsumsi sebanyak satu sendok makan.

artikel terkait: manfaat hajar jahanammanfaat vitamin C 2manfaat semut jepang untuk asma

  1. Mengobati rasa lelah

Hati unta juga mempunyai manfaat untuk bisa  mengatasi lelah. Kandungan kaya akan manfaat gizi di dalamnya mampu menggantikan energi yang hilang dalam didalam tubuh sehingga akan kembali lagi. Untuk mengobati rasa lelah maka cara mengkonsumsinya dengan menggoreng hati unta lebih baik hati unta yang basah.

Goreng hati unta yang basah dengan minyak yang sebelumnya dipotong-potong terlebih dahulu sesuai dengan selera. Jika ingin mendapatkan manfaat yang murni dan lebih banyak maka jangan memberikan bumbu saat menggoreng hati unta. Sehingga lebih baik menggoreng hati unta tanpa bumbu sedikitpun.

artikel terkait: manfaat tidur siang bagi anakmanfaat tanaman togamanfaat tape ketan hitam

  1. Menambah energi

Selain sebagai obat penyakit asma yang ampuh, hati unta ternyata juga bisa menambah energi pada tubuh. Kandungan lemak serta gizi yang ada didalam hati unta mampu menambah energi tubuh sehingga tubuh akan lebih kuat dan sehat. Untuk menambah energi maka bisa mengkonsumsi hati unta sesuai dengan selera anda, bisa di goreng lalu dijadikan bubuk seperti mengobati penyakit asma, bisa digoreng saja lalu dimakan atau bisa juga digoreng lalu diseduh dengan air hangat, tunggu beberapa menit sampai air berubah warna agak hitam, kemudian minum air seduhan. Pilih yang sesuai dengan selera anda dan memudahkan anda.

artikel terkait: manfaat buah berenukmanfaat lemaksumber energi

  1. Mengobati batuk

Hati unta juga mempunyai manfaat lain yaitu untuk mengobati batuk. Batuk memang penyakit yang tidak membahayakan, tetapi jika dibiarkan akan mengganggu kegiatan dan aktifitas sehari-hari serta melelahkan karena sering batuk menjadikan tenggorokan sakit dan gatal. Untuk mengobati batuk ini lebih baik jika mengkonsumsi hati unta dengan cara digoreng kemudian diseduh dengan air hangat. Minumlah 3 kali sehari sampai batuk anda sembuh.

artikel terkait: manfaat banglesolusi batukmanfaat lemon dan madu untuk batuk

Hati unta merupakan obat yang mempunyai khasiat ampuh tanpa menimbulkan efek samping buruk bagi kesehatan, tetapi justru menambah manfaat kesehatan karena selain bisa untuk obat, hati unta kaya akan manfaat gizi yang baik untuk tubuh. hati unta juga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan dan semua umur baik anak-anak, remaja, dewasa ataupun lansia.

, ,
Post Date: Wednesday 11th, May 2016 / 04:47 Oleh :
Kategori : Hewan