7 Manfaat Jiwa Nasionalisme dalam Hidup Berbangsa dan Bernegara

Bangsa Indonesia merupakan bangsa dengan berbagai macam suku, ras, agama dan budaya. Nasionalisme artinya sikap rela berjuang bangsa dalam untuk mencapai cita-cita dan tujuan yang sama, dengan rasa setia dan toleransi di samping keberagaman yang ada. Manfaat hidup bersatu bagi kehidupan sosial bernegara dalam wujud nasionalisme adalah semangat dan identitas suatu bangsa, dalam rangka untuk menciptakan bangsa yang maju, makmur dan berdaulat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa maju tidaknya suatu negara juga tergantung dari tertanamnya jiwa nasionalisme pada bangsanya. Di bawah ini adalah beberapa ulasan mengenai manfaat jiwa nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, antara lain adalah:

  • Meningkatkan rasa rela berkorban, karena apabila seseorang telah memiliki jiwa nasionalisme secara alami orang tersebut akan rela dan siap melakukan segala cara untuk melindungi bangsa dan negaranya.
  • Menumbuhkan rasa patriotisme, dalam membela dan memajukan negaranya dilandasi dengan manfaat tidak putus asa, penuh keberanian, tidak mengenal rasa takut, serta rela untu berjuang dan rela berkorban.
  • Menumbuhkan rasa solidaritas, di balik keberagaman bangsa selalu menjunjung nilai kebersamaan, persaudaraan, kekeluargaan dan persahabatan karena hidup bersatu dengan rukun merupakan kunci untuk melewati segala hambatan dalam mencapai tujuan bersama.
  • Meningkatkan keinginan untuk memajukan tanah air, menjadi salah satu manfaat jiwa nasionalisme karena rasa nasionalisme akan memicu semangat seseorang untuk memajukan negaranya agar tidak kalah dalam persaingan dengan negara lainnya.
  • Menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, selalu ikut serta dalam berbagai hal untuk kebaikan negara atas kemauan sendiri yang juga merupakan manfaat mempelajari pancasila .
  • Meningkatkan kebanggaan dan cinta tanah air, yang akan menumbuhkan sikap maupun perilaku untuk menjaga, memelihara dan melindungi tanah air dari segala desakan atau ancaman bahaya.
  • Meningkatkan rasa menghargai perbedaan, karena manfaat keberagaman budaya di Indonesia bukan menjadi halangan suatu bangsa untuk bersatu dalam mencapai tujuan dan cita-cita bersama.

Panjangnya sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan seperti sekarang ini, seharusnya dapat menumbuhkan rasa nasionalisme pada setiap rakyat Indonesia. Namun terkadang, rasa nasionalisme dapat hilang dan luntur seiring berjalannya waktu. Misalnya saja banyak unjuk rasa yang bisa memicu perpecahan, banyaknya korupsi yang dilakukan oleh pejabat negara, tertinggalnya beberapa aspek kehidupan bangsa Indonesia dari negara lain, sampai pengaruh arus globalisasi yang dapat mengikis moral bangsa Indonesia. Beberapa hal tersebut secara perlahan tapi pasti, lama-lama akan membuat budaya Indonesia semakin luntur dan berimbas pada rusaknya martabat bangsa Indonesia.

Untuk meningkatkan manfaat jiwa nasionalisme tentunya diperlukan upaya untuk meningkatkan jiwa nasionalisme bangsa. Beberapa upaya yang dapat menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme suatu bangsa antara lain:

  • Dari peran aktif keluarga dan lingkungan yang merupakan pendidikan pertama yang diterima seseorang dan menjadi cerminan berperilaku seseorang sejak kecil.
  • Pendidikan formal maupun non formal, dalam memberikan pendidikan moral untuk menanamkan rasa cinta terhadap tanah air.
  • Peran pemerintah dalam memajukan berbagai aspek kehidupan, contohnya dalam aspek budaya atau mendengarkan aspirasi dari masyarakat dalam rangka pembangunan negara.

Di samping ketiga hal di atas, manfaat menggunakan barang buatan dalam negeri adalah salah satu usaha sederhana yang merupakan perwujudan rasa bangga terhadap Indonesia dan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme. Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat memiliki jiwa nasionalisme bagi kehidupan berbangsa maupun bernegara. Semoga bermanfaat.