10 Manfaat Tauge Mentah Untuk Wanita – Pria – Anak

Tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang diproduksi dari biji semua jenis kacang namun yang paling sering digunakan adalah kacang hijau dan juga kacang kedelai. Untuk tauge dari kacang kedelai menghasilkan warna tauge yang agak kekuningan, sedangkan dari kacang hijau akan menghasilkan tauge yang berwarna agak kehijauan dibagian tepi. Tauge mengandung kadar protein yang sangat tinggi, vitamin C, vitamin B6, riboflavin, zat besi, thiamin, niacin, kalsium, magnesium, fosfor, asam pentotenat, seng, kalium dan juga tembaga namun rendah kolesterol dan tidak mengandung lemak jenuh sama sekali sehingga sangat baik dikonsumsi untuk tubuh seperti beberapa manfaat tauge mentah yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Membangun Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam tauge mentah memegang peranan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ditambah kandungan zat besi dalam sayuran ini yang akan membunuh patogen penyebab penyakit.

  1. Mengurang Stres dan Kecemasan

Tauge mentah juga baik dikonsumsi karena tinggi akan magnesium, vitamin C dan juga seng yang penting untuk menyeimbangkan suasana hati sekaligus meningkatkan kualitas tidur. Kandungan bioflavonoid dalam sayuran ini juga ampuh untuk menghilangkan stres dan mengurangi kecemasan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin K dalam tauge sangat penting dan dibutuhkan tubuh untuk proses pembekuan darah sekaligus menghambat menumpuknya kalsium dalam pembuluh darah penyebab berbagai penyakit dan gangguan jantung.

  1. Menjaga Berat Badan

Karena dalam tauge mentah mengandung kalori yang sangat rendah, maka menjadikan sayuran ini pilihan tepat dan sehat untuk dikonsumsi bagi anda yang ingin mempertahankan berat badan. Selain itu, manfaat serat dalam tauge mentah juga akan mengurangi keinginan makan berlebih sebab bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Dari penelitian membuktikan jika manfaat antioksidan dalam tauge sebenarnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kacang hijau atau kacang kedelai sehingga senyawa fenolik bisa mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini juga sangat penting untuk solusi kecantikan kulit seperti meminimalisir keriput dan bekas luka, menghilangkan noda yang disebabkan karena stres oksidatif dan juga meningkatkan elastisitas kulit untuk memberikan tampilan kulit yang terlihat awet muda.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Tauge mentah sangat disarankan untuk dikonsumsi pria maupun wanita karena bisa memperbaiki sistem pencernaan. Serat tinggi dalam tauge ini akan mendorong gerakan peristaltik untuk meredakan berbagai gangguan pencernaan seperti perut kembung, solusi diare dan juga gejala sembelit.

  1. Mengoptimalkan Metabolisme

Vitamin B yang ada dalam tauge juga penting untuk meningkatkan metabolisme yang berguna untuk segala proses tubuh seperti hormon, enzim, mengatur ritme sirkadian dan juga metabolisme energi.


  1. Meningkatkan Sirkulasi

Manfaat zat besi tinggi dalam tauge mentah juga penting untuk mendukung kesehatan sirkulasi dan juga memastikan tubuh untuk memperoleh oksigen tubuh sehingga bisa berfungsi secara normal. Selain itu, zat besi juga sangat penting untuk mengatasi gejala anemia, kelemahan otot, sakit kepala dan juga kelelahan.

  1. Mengatur Kepadatan Tulang

Vitamin K sering terlupakan dalam asupan makanan sehari hari, namun ini sangat penting untuk mengatur kepadatan mineral tulang dalam tubuh manusia, menjaga kandungan mineral dalam darah dan bahkan bisa melindungi fungsi jantung serta beberapa metabolisme lainnya. Sedangkan kandungan mineral tambahan seperti seng dan mangan akan mencegah osteoporosis sekaligus mempertahankan kekuatan tulang.

  1. Mencegah Cacat Lahir

Asam folat tinggi dalam manfaat toge mentah juga baik dikonsumsi ibu hamil untuk menghindari cacat tabung saraf. Kebutuhan folat dalam tubuh selama masa kehamilan memegang peranan penting untuk kesehatan janin sehingga tambahkan tauge mentah ini dalam menu makanan sehari hari selama masa kehamilan.

Manfaat tauge mentah tidak hanya baik dikonsumsi oleh wanita, namun juga baik dikonsumsi pria, anak anak dan juga wanita selama masa kehamilan. Mengkonsumsi tauge dalam keadaan masih mentah juga sangat disarankan untuk menjaga kandungan nutrisi yang ada dalam tauge ini.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran