8 Manfaat Sungai Mekong Bagi Negara Di Sekitarnya

Sejak jaman dahulu sungai memiliki andil yang sangat besar terhadap peradaban manusia. terbukti banyak-banyak kerajaan besar justru bermukin di tepi sungai karena memang sungai tak hanya memberikan hasil alam yang melimpah tapi manfaat sungai juga merupakan solusi transportasi yang penting hingga saat ini. Salah satu sungai yang sangat terkenal di wilayah Asia adalah Sungai Mekong.

Dimanakah Sungai Mekong Terletak?
Jika ada yang melemparkan pertanyaan “dimanakah Sungai Mekong terletak?” memang agak sulit menjawabnya karena sebagai sungai ke tujuh terpanjang di Asia serta kedua belas terpanjang di dunia, Sungai Mekong mengalir dari dataran tinggi Tibet, melewati dataran Cina, kemudian mengalir ke Mynamar, Laos, Thailand, Kamboja sampai Vietnam. Sungai Mekong sendiri terkenal dengan arus lautnya yang ekstrim namun tidak dapat dipungkiri bahwa Sungai Mekong merupakan salah satu jalur pelayaran yang penting yang menghubungkan Cina dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Manfaat Sungai Mekong

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Sungai Mekong tak hanya memiliki fungsi sebagai sungai pada umumnya karena Sungai Mekong mencakup banyak sekali negara baik yang dialiri langsung maupun tidak. Jadi manfaat Sungai Mekong terhadap kehidupan manusia memang tidak dapat dianggap enteng karena mencakup sekaligus kehidupan manusia di beberapa negara.

  1. Sungai Mekong adalah Urat Nadi Perekoniam

Sungai Mekong merupakan urat nadi perekonomian di Asia Tenggara terutama bagi negara-negara yang dialiri langsung oleh sungai ini seperti Laos dan Vietnam.

  1. Dimanfaatkan Sebagai Sumber Air untuk Irigasi Pertanian

Sawah irigasi merupakan salah satu mata pencaharian utama masyarakat Vietnam dan mereka mendapatkan sumber air langsung dari Sungai Mekong. Karena berada di kawasan delta, ada banyak manfaat air bagi tumbuhan dan lingkungan serta karakteristik Sungai Mekong yang berlumpur justru memberikan manfaat lebih bagi persawahan karena mineral dari endapan lumpur yang dibawanya membuat Vietnam menjadi salah satu negara pengekspor beras terbesar kedua di dunia setelah Thailand.

  1. Produksi Ikan Air Tawar

Salah satu manfaat sungai adalah sebagai sumber ikan air tawar. Ada banyak sekali spesies ikan air tawar khas Sungai Mekong yang menjadi banyak incaran para pengusaha ikan air tawar. Sayangnya karena eksploitasi yang tidak terkendali banyak spesies ikan air tawar di Sungai Mekong yang sudah mulai punah.

  1. Jalur Perdagangan Laut yang Penting

Sejak jaman dahulu, Sungai Mekong sudah dijadikan sebagai jalur perdagangan laut yang sangat penting karena menghubungkan Asia Tenggara dengan Cina bahkan sampai sekarang jalur ini masih aktif beroperasi karena tak hanya kapal kecil yang bisa melaluinya tapi juga kapal-kapal kargo besar.

  1. Solusi Transportasi Air

Walupun saat ini sudah banyak pilihan transportasi mulai dari transportasi udara sampai transportasi darat namun tidak dapat dimungkiri banyak sekali manfaat transportasi air yang sampai saat ini masih menjadi pilihan banyak orang.

  1. Memiliki Potensi Pariwisata yang Tinggi

Sungai Mekong yang mengaliri banyak sekali negara memang terkenal luas yang menawarkan pemadangan yang luar biasa di kiri kanannya sehingga memiliki potensi pariwisata yang sangat tinggi.

  1. Batas Alam antara Negara

Ketika banyak orang bersiteru mengenai batas negara, Laos dan Thailand tidak perlu melakukannya karena mereka memiliki Sungai Mekong sebagai batas alamnya begitu juga dengan Laos dan Myanmar.

  1. Sumber Listrik Lewat PLTA

Salah satu manfaat air dan sungai adalah dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik. Tidak dapat dipungkiri saat ini manfaat energi listrik sudah menjadi kebutuhan primer dan PLTA menjadi salah satu solusi ketersediaan listrik.

Krisis Lingkungan di Sekitar Sungai Mekong

Sungai Mekong memang memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia serta negara-negara yang dialiri olehnya namun dengan perkembangan jaman yang kian pesat serta semakin banyak eksploitasi terhadap Sungai Mekong banyak krisis lingkungan yang mulai terlihat.

  • Tidak dapat dipungkiri Sungai Mekong yang terkenal dengan alirannya yang deras serta ekstrim dengan banyak manfaat sumber daya air memiliki potensi yang besar sebagai sumber listrik lewat PLTA. Namun sayangnya, salah satu dampak yang muncul akibat pembangunan PLTA raksasa adalah pengrusakan lingkungan serta pencemaran yang menjadi semakin tidak terkendali.
  • Laos merupakan negara yang dilintasi oleh Sungai Mekong dari bagian utara sampai selatannya. Namun sayangnya, dengan potensi sumber alam yang berlimpah, Laos justru menjadi salah satu negara termiskin dan masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai ironisnya adalah yang termiskin.
  • Sumber alami dari Sungai Mekong seperti beberapa jenis ikan air tawar menjadi salah satu objek ekploitasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, beberapa spesies ikan asli Sungai Mekong justru terancam punah.

Dibalik perkembangan suatu jaman dibutuhkan kepekaan lebih para pelakunya untuk lebih pedulu terhadap lingkungan. Sungai Mekong telah memberikan banyak sekali manfaat sejak ribuan tahun yang lalu bahkan sampai saat ini Sungai Mekong masih menjadi salah satu jalur perdangangan yang sangat penting namun sayangnya, sudah muncul beberapa masalah yang diakibatkan oleh manusia sendiri mulai dari pencemaran bahkan di beberapa tahun terakhir dikabarkan sudah mulai terjadi krisis air di delta Sungai Mekong.