Riset pasar banyak di lakukan bagi orang – orang yang ingin memulai bisnis di suatu tempat. Manfaat riset pemasaran ini bertujuan untuk mengetahui minat pembelian barang atau produk di tempat usaha akan dijalankan. Jika anda mengetahui bahwa masyarakat sekitar lebih membutuhkan produk – produk dengan harga terjangkau dan banyak di gunakan untuk kebutuhan sehari – hari, maka produk yang anda di jual disana harus yang mereka butuhkan. Kesalahan terbesar bagi anda jika menjual produk yang justru tidak terlalu dibutuhkan oleh masyarakat setempat.
Dalam melakukan riset pasar ini manfaat penelitian tersebut tidak bisa anda simpulkan sendiri. Perlu diadakan riset dalam skala kecil untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan fakta yang terjadi ke lapangan, untuk itu anda bisa turun langsung ke pasar untuk mengadakan riset.
Perkembangan zaman yang beragam ini dibantu dengan manfaat it dalam kehidupan sehari – hari, persaingan para pembisnis semakin kreatif dalam memasarkan produk – produk mereka. Berbagai diskon diberikan untuk menarik para pembeli dan juga menjual produk yang merupakan kebutuhan dasar mereka.
Melakukan bisnis memberikan keuntungan karena mengumpulkan data terlebih dahulu. Dalam pengumpulan data terdapat dua cara yang bisa dipilih yaitu sebagai berikut :
Berikut ini manfaat riset pasar antara lain :
1. Mencari pembeli
Sebelum memulai suatu usaha di tempat lokasi baru hal yang paling penting dan menjadi dasar bagi anda adalah mencari pembeli yang akan membeli produk jualan anda. Mencari pembeli dapat dilakukan dengan berkomunikasi dengan para pembeli produk apa yang paling mereka butuhkan, biasanya di pasar produk yang paling dibutuhkan adalah bahan pokok seperti manfaat nasi, manfaat sayur – sayuran, manfaat buah – buahan, lauk pauk dan manfaat cemilan sehat.
2. Melihat pesaing
Saat anda akan membuka usaha tentu bisa jadi ada penjual yang telah berjualan terlebih dahulu dari pada anda sebelumnya. Ada pesaing yang telah berjualan lebih dahulu. Disini anda bisa mengaplikasikan perbedaan produk anda dalam pelayanan, harga dan juga kepercayaan agar pembeli senang kepada anda.
3. Memanfaatkan peluang
Setelah tahu daya pembeli dan juga pesaing adalah baiknya anda mencari peluang yang ada dipasar untuk membedakan produk yang anda jual dengan produk – produk yang ada sebelumnya. Peluang yang dicari haruslah peluang yang belum banyak ada di suatu lokasi tempat anda incar. Ini untuk mengurangi resiko.
4. Mengurangi resiko
Setiap menjalankan bisnis maka resiko yang mengikuti pasti ada. Tujuan dari riset pasar adalah untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi. Jadi dampak resiko tidak terlalu memberatkan anda secara pribadi jika harus terjadi. Resiko bisa terjadi karena faktor luar seperti menurunnya daya beli dan faktor dari dalam seperti pecah kongsi dengan rekan kerja.
5. Anda punya rencana jangka panjang
Rencana dari bisnis harus dibuat untuk mengetahui langkah – langkah yang akan anda ambil dengan pasti. Riset ini memiliki fungsi untuk membuat rencana jangka panjang bagi anda dalam menjalankan usaha. Dengan adanya rencana anda tidak akan lupa tujuan dari awal untuk membangun bisnis ini. Baca juga : (Manfaat bisnis sendiri untuk keuangan masa depan)
6. Membangun potensial pasar
Potensial dari usaha yang anda jalankan dapat anda simpulkan dari riset pasar yang anda lakukan. Melihat potensi pasar sangat penting untuk membangun langkah baru dalam menjalankan bisnis. Potensial pasar menjadi keuntungan sendiri bagi beberapa golongan.
Artikel terkait :
7. Menjadi trend usaha
Riset pasar juga memberikan manfaat pilar utama bagi usaha anda. Riset yang anda lakukan akan banyak memunculkan ide bari termasuk menjadikan anda trend setter bagi pembisnis lainnya. Jika anda sudah menjadi tremd setter bisa dipastikan penjualan akan semakin naik dan berkembang.
8. Memperoleh keuntungan dengan cepat
Salah satu fungsi riset adalah untuk membantu balik modal dengan cepat. Bisa jadi anda membuka modal dengan menggunakan manfaat deposito.Riset yang anda lakukan akan menghasilkan suatu kesimpulan bahwa keuntungan dapat dilakukan dengan cepat agar anda juga bisa memutar ide untuk memulai bisnis yang sama di tempat yang berbeda. Baca juga : (Manfaat deposito berjangka)
Dalam menjalankan riset pasar banyak metode yang anda bisa gunakan, disini akan dijelaskan tiga metode yang sering digunakan yaitu :
Anda dapat memberikan lembaran – lembaran pertanyaan yang nanti akan diisi oleh para konsumen tetap di pasar tersebut. Biasanya isi dari pertanyaan kuisioner adalah yang penting dan utama saja. Para konsumen yang mengisi kuisioner diharapkan memberikan data yang asli dan dapat mempertanggung jawabkannya. Setelah mengisi kuisioner anda dapat memberikan imbalan kepada konsumen sebagai ungkapan terimakasih.
Mengumpulkan beberapa orang konsumen untuk mengetahui potensial pasar yang akan kamu kembangkan menjadi usaha. Disini jumlah konsumen yang ada harus lebih dari satu karena akan membentuk grup. Dengan adanya riset grup ini makan kamu dapat mengambil kesimpulan secara keseluruhan tentang produk yang akan di jual di pasar.
Metode survei hampir sama dengan kuisioner tapi survei lebih banyak tanya jawab secara singkat langsung pada tempatnya. Pertanyaan yang di ajukan pada survey juga tidak boleh banyak karena takut nanti akan menganggu kenyamanan dari para konsumen. Usahakan untuk mencari konsumen yang sedang tidak terlalu sibuk agar survei ini dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.
Dari ketiga metode tersebut diatas anda dapat memilih mana metode yang cocok dan mewakili kebutuhan anda akan data dari suatu tempat saat akan memulai usaha.
Jenis-jenis riset pasar
Dalam melakukan riset pasar terdapat jenis yang dapat anda prkatekkan, berikut ini jenis – jenis dari riset padar adalah :
1. Riset primer
Tujuan dari riset primer adalah mengetahui informasi dari penjualan yang dilakukan pada hari tersebut. Cara – cara yang harus dilakukan untuk melakukan riset primer antara lain :
2. Riset sekunder
Dengan melakukan riset ini anda bertugas untuk melakukan analisis data yang sudah ada sebelumnya. Di riset sekunder data yang didapat akan lebih lengkap sehingga tidak hanya melihat peluang, tapi anda juga bisa melihat pesaing dan kebutuhan pasar.
Jenis riset ini dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan rencana anda dalam menjalankan bisnis yang sesuai.