11 Manfaat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi merupakan satu titik balik bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan, yang merupakan hasil jerih payah dan manfaat hidup bersatu bangsa Indonesia. Dalam hitungan abad bangsa Indonesia telah dijajah, tidak terhitung lagi berapa nyawa dan harta yang telah dirampas dan dikorbankan untuk mencapai kemerderkaan. Puncak perjuangan bangsa Indonesia adalah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan yang diikrarkan pada 17 Agustus 1945. Dengan adanya peristiwa ini Indonesia secara tegas telah merdeka dan telah terbebas dari segala jenis penjajahan.

Proklamasi tidak hanya sekedar peristiwa atau momentum saja. Proklamasi kemerdekaan juga merupakan poros dari seluruh sumber hukum yang berlaku di negara Indonesia, termasuk pemenuhan dari Pancasila yang merupakan manfaat dasar negara Indonesia. Semua yang terkandung di dalam Pancasila adalah gambaran semangat dan amanat dari perjuangan rakyat Indonesia untuk keluar dari penderitaan. Manfaat proklamasi dan makna yang terkandung dalam proklamasi sangatlah vital bagi kehidupan bangsa Indonesia. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat atau makna yang terkandung di dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan, antara lain adalah:

  1. Sebagai alat untuk mengangkat harkat martabat dan derajat bangsa Indonesia, dengan pengakuan telah merdeka dan terbebas dari penjajahan.
  2. Sebagai pembuktian bangsa Indonesia, bahwa negara Indonesia telah bebas dari semua penjajahan dan telah merdeka, berdaulat penuh dan terbebas dari rasa takut.
  3. Sebagai tanda bahwa perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan, telah sampai pada puncaknya dan telah mencapai kemerdekaan.
  4. Sebagai pernyataan bangsa Indonesia, jika negara Indonesia telah terbebas dari hukum kolonial yang mengekang dan secara tegas telah memiliki tatanan hukum negara Indonesia.
  5. Sebagai alat hukum internasional, yaitu menyatakan kepada bangsa Indonesia dan bangsa di seluruh dunia bahwa dengan tercapainya kemerdekaan, negara Indonesia memiliki hak penuh untuk menentukan nasib sendiri untuk bangsa Indonesia.
  6. Sebagai alat hukum internasional, yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia dapat melakukan hubungan internasional dengan negara lain dan mengambil manfaat kerjasama internasional.
  7. Sebagai tanda bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan terlahir kembali sepenuhnya tanpa penjajahan, baik pengakuan de facto ataupun de jure.
  8. Sebagai tonggak sejarah baru Indonesia dan awal baru rakyat Indonesia dengan memberikan inspirasi, memicu motivasi bangsa Indonesia dalam menghadapi setiap kondisi atau keadaan yang terjadi di Indonesia ke depannya.
  9. Sebagai permulaan rakyat Indonesia menjadi rakyat yang mandiri, cerdas serta memiliki nilai budaya yang dijunjung tinggi.
  10. Sebagai pernyataan kewenangan rakyat Indonesia untuk memiliki dan mengolah manfaat sumber daya alam atau lainnya, demi peningkatan kesejahteraan rakyat secara mandiri.
  11. Sebagai bentuk kewenangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan dan menjaga kedaulatan negara Indonesia, dari segala desakan dari negara lain.

Di balik banyaknya manfaat proklamasi bagi bangsa Indonesia, tersimpan perjuangan dan penderitaan rakyat Indonesia untuk mewujudkan proklamasi itu sendiri. Proklamasi kemerdekaan bukanlah hadiah yang diberikan penjajah bagi bangsa Indonesia, melainkan jerih payah bangsa Indonesia untuk keluar dari jeratan kekejaman penjajah.

Di samping mempelajari besarnya efek yang diberikan proklamasi kemerdekaan hingga di kehidupa sekarang, juga diperlukan mempelajari mengenai manfaat pendidikan pancasila dan kewarganegaraan untuk memperkuat dan mengobarkan jiwa nasionalisme. Demikian ulasan mengenai manfaat proklamasi kemerdekaan bagi bangsa dan negara Indonesia. Semoga semangat proklamasi tidak akan pernah padam, untuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta kemajuan negara Indonesia semakin lebih baik. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Sosial