8 Manfaat Lomba 17 Agustus untuk Masyarakat Indonesia

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, merupakan salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus, semua orang di seluruh Indonesia merayakan hari kemerdekaan dengan meriah dan penuh sukacita. Selain upacara bendera, masih banyak rangkaian acara untuk menyambut dan memeriahkan hari jadi Indonesia, misalnya saja macam-macam lomba 17 Agustus. Hampir semua daerah bahkan di setiap pedusunan, selalu mengadakan lomba untuk menyambut hari kemerdekaan. Tidak hanya untuk sekedar bersenang-senang saja, ternyata banyak sekali makna atau manfaat lomba 17 agustus yang bisa didapat, antara lain:

1. Untuk mengenang jasa para pahlawan

Hasil dari perjuangan para pahlawan adalah kehidupan masyarakan Indonesia sekarang ini. Masyarakat Indonesia sekarang dapat bebas tertawa, bermain dan melakukan semua yang diinginkan tanpa dibayangi rasa takut akan penjajah. Dengan adanya lomba 17 Agustus, dapat menjadi pengingat bahwa Indonesia pernah dijajah dan telah dibebaskan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan.

2. Merayakan kemerdekaan Indonesia

Di samping untuk mengenang jasa para pahlawan, tentunya lomba 17 Agustus juga digunakan sebagai perayaan hari jadi Indonesia setiap tahunnya. Setelah semua jasa pahlawan yang telah gugur, kemerdekaan Indonesia selalu dirayakan dengan bersuka cita.

3. Meningkatkan kebersamaan dan persatuan

Momen lomba 17 Agustus adalah salah satu momen dimana semua masyarakat berkumpul baik sebagai panitia, peserta lomba maupun penonton dengan rukun. Manfaat hidup rukun bisa didapatkan karena semua masyarakat dari berbagai ras, agama maupun suku bercampur baur menjadi satu dalam perlombaan.

4. Melatih kerjasama tim dan kekompakan

Ada beberapa jenis lomba 17 Agustus yang dimainkan oleh beberapa orang dalam satu tim, misalnya saja lomba tarik tambang. Hal ini menjadi salah satu makna lomba 17 agustus, karena untuk mencapai kemenangan sangat dibutuhkan manfaat teamwork dengan kerjasama dan kekompakan dari semua anggota tim.

5. Meningkatkan rasa cinta kepada tanah air

Perlombaan yang dilakukan saat hari kemerdekaan biasanya mengambil manfaat permainan tradisional, seperti lomba balap bakiak, balap karung dan lomba tradisional lain yang menyenangkan. Selain lomba yang menyenangkan, perayaan 17 Agustus yang selalu meriah pastinya akan meningkatkan rasa cinta anak-anak maupun dewasa pada Indonesia.

6. Melatih rasa percaya diri

Ikut serta dalam perlombaan tentunya dibutuhkan keberanian karena akan menjadi pusat perhatian penonton perlombaan. Sehingga dengan ikut serta pada lomba 17 Agustus dapat menjadi ajang untuk melatih kepercayaan diri, terutama untuk anak-anak kecil.

7. Memicu semangat dan keaktifan

Selain membutuhkan kekompakan, untuk bersaing dengan peserta lain pada saat lomba juga membutuhkan semangat dan manfaat tidak putus asa. Di samping itu, dengan mengikuti lomba 17 Agustus juga merupakan salah satu bentuk keaktifan seseorang di dalam kehidupan masyarakat.

8. Melatih sportivitas

Setiap perlombaan selalu ada kemenangan dan kekalahan. Untuk anak-anak yang masih belum begitu mengerti, mengikuti lomba juga dapat digunakan untuk melatih diri agar dapat menerima kekalahan. Menerima kekalahan merupakan salah satu usaha untuk mendapatkan manfaat berpikiran positif, sehingga anak lebih lapang dada jika menghadapi kekecewaan.

Adanya perlombaan 17 Agustus menjadi salah satu momen dimana seluruh masyarakat Indonesia bersatu tanpa adanya perselisihan maupun perpecahan. Jadi perlombaan 17 Agustus ini tidak hanya sebagai bentuk perayaan saja, namun banyak sekali makna dibalik manfaat lomba 17 agustus yang bisa didapatkan. Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat perlombaan pada saat perayaan 17 Agustus untuk persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Sosial
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.