5 Manfaat Panas Laut, Solusi Baru Energi Terbarukan

Indonesia merupakan negara kepulauan dan merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Itu artinya, sebagian besar wilayah Indonesia adalah wilayah perairan dimana potensi dari laut memang bisa saja lebih besar dibandingkan dengan negara-negara lain yang bukan merupakan negara kepulauan. Lalu tahukah Anda apa saja potensi yang dimiliki oleh laut Indonesia? Tak  hanya untuk bidang perikanan tapi ternyata ada juga manfaat panas laut yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan yang dikenal dengan Konversi Energi Termal Lautan atau Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC).

Apa Itu OTEC?

Secara umum OTEC merupakan sebuah teknologi yang saat ini sedang dikembangkan untuk memberikan solusi energi terbarukan dari panas laut. Melalui metode OTEC ini manfaat energi listrik bisa dihasilkan lewat adanya perbedaan temperatur antara temperatur laut dalam dan temperatur perairan dekat permukaan. Menurut penelitian, Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi OTEC terbesar karena wilayahnya sebagian besar terdiri dari wilayah perairan dengan bagian timur diprediksi memiliki potensi lebih besar dari bagian barat.

Manfaat Panas Laut

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat energi panas laut berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari panas laut karena ternyata panas laut yang biasanya menjadi keluhan masyarakat yang tinggi di daerah pesisir pada dasarnya justru dapat memberikan dampak positif yang jauh lebih besar jika dimanfaatkan dengan baik.

  1. Panas Laut Penting untuk Petani Garam

Bicara soal manfaat panas laut maka hal pertama yang mungkin terlintas di fikiran Anda adalah untuk petani garam. Di Indonesia sendiri harusnya potensi industry garam laut sangatlah baik bahkan mungkin sangat tinggi. Hanya saja pengolahannya yang masih tradisional membuat para petani garam mudah sekali tertinggal dengan kualitas-kualitas garam impor. Pemerintah harusnya lebih aktif mendukung industri lokal petani garam dari pada fokus untuk mengimpor dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan.

  1. Solusi Alternatif Sumber Energi Terbarukan

Bicara soal manfaat energi listrik maka daftarnya mungkin tidak terbatas. Namun energi listrik bukan jenis energi alamiah yang muncul dengan sendirinya, dibutuhkan energi lain untuk kemudian dikonversi menjadi energi listrik. Di Indonesia biasanya berasal dari energi fosil yang tidak terbarukan namun beberapa tahun tahun terakhir sudah banyak penelitian melirik manfaat energi angin untuk sumber energi listrik. Sekarang, muncul satu lagi solusi alternative sumber energi terbarukan yaitu energi panas laut.

  1. Dapat Menghasilkan Air Murni akibat Penguapan Air Laut

Tak hanya menghasilkan listrik, proses dari pengembangan teknologi OTEC juga dapat menghasilkan air murni dari air laut. Itu artinya, hal ini juga dapat sekaligus mengatasi masalah air bersih yang biasanya dialami oleh masyarakat pesisir karena mereka tidak memiliki sumber air tanah yang cukup.

  1. Memberi Nutrisi pada Biota Laut yang Hidup di Permukaan

Tentunya Anda tahu tentang manfaat energi matahari untuk fotosintesis. Manfaat panas laut juga berdampak sama dengan biota laut yang hidup di permukaan. Itu artinya, dengan nutrisi yang baik bagi biota laut yang biasanya menjadi sumber makanan ikan maka ada symbiosis mutualisme dalam prosesnya, dimana dalam siklusnya akan memberikan manfaat pada setiap aspek terkait.

  1. Akan ada Dampak Positif bagi Perekonomian Masyarakat Pesisir

Selama ini masyarakat pesisir seringkali terpinggirkan dengan alasannya terbatasnya infrastruktur atau akses serta kekayaan alam lain selain dari hasi laut. Sekarang, bisa dilihat bahwa ternyata panas laut juga dapat memberikan manfaat serta dampak positif pada perekonomian masyarakat pesisir.

Tantangan Indonesia untuk Mengembangkan OTEC

Memang tidak mudah bagi Indonesia untuk mengembangkan teknologi OTEC di Indonesia namun saat ini beberapa langkah sudah di mulai oleh pihak pemerintah sehingga jangka panjangnya, Indonesia akan dapat menikmati manfaat energi terbarukan yang berasal dari panas air laut. Adapun langkah-langkah yang sudah dilakukan secara umum adalah sebagai berikut:

  • Langkah strategis terhadap riset menyeluruh mengenai pengembangan OTEC di Indonesia telah dilakukan dengan mengacu pada pembangkit OTEC skala kecil di Jepang dan Hawai.
  • Indonesia juga sudah melakukan beberapa survei terkait dengan potensi regional di beberapa daerah di Indonesia terutama di daerah timur karena menurut penelitian wilayah timur Indonesia potensi panas lautnya lebih besar dibandingkan dengan di bagian barat.
  • Tak hanya kajian teknis, beberapa kajian lanjutan yang terkait dengan sosial budaya serta perekonomian juga dilakukan.

Selanjutnya penting juga pemerintah untuk menentukan lokasi dimana pilot project bisa dilaksanakan. Jika proyek ini berhasil maka dampaknya akan sangat baik bagi seluruh masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir yang selama ini justru kebanyakan masih merasa terpinggirikan dan tak terjamah, padahal wilayah tempat mereka tinggal menyimpan banyak sekali potensi yang dapat memberikan dampak positif bagi orang banyak bahkan Indonesia secara keseluruhan.