9 Manfaat Musim Salju Dalam Kehidupan Manusia

Musim salju merupakan salah satu dari empat musim yang ada di negara – negara tetangga kita terutama di benua Eropa dan Amerika. Musim dingin yang tidak terlalu membekukan sebenarnya adalah musim yang menyenangkan. Orang akan cenderung merasa sedikit malas selama musim tersebut, berselimut tebal dan tidak perlu bangun pagi – pagi sekali menikmati udara yang dingin bahkan tidur seharian. Musim dingin sebagian besar merupakan musim kering, kecuali ketika bersalju. Salju akan membantu mengatur suhu permukaan bumi dan ketika mencair akan membantu mengisi sungai – sungai dan cadangan air di banyak area di dunia khususnya di Barat Amerika Serikat. Berikut ini adalah beberapa manfaat musim salju untuk kehidupan manusia:

1. Membakar kalori lebih banyak

Tubuh kita terdiri dari lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih menjadi sumber cadangan terbesar di tubuh, sementara lemak coklat membakar kalori untuk menghasilkan panas. Berjalan diatas salju sangatlah tidak mudah, dan memerlukan banyak energi. Ketika Anda akhirnya mencapai tempat tujuan, kaki Anda kemungkinan akan terasa pegal dan juga berkeringat dibawah semua lapisan pakaian yang dikenakan. Aktivitas ini tentu tidak beda dengan pergi berolahraga ke gym karena berjalan di salju menjadi latihan aerobik yang membuat detak jantung terpacu tanpa perlu pergi ke pusat kebugaran.

2. Tidur lebih nyenyak

Lebih dari setengah orang Amerika mengeluhkan kurangnya jam tidur mereka dan tidak mendapatkan cukup manfaat tidur malam setiap hari, yang bisa berakibat serius pada kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Jadi ketika Anda sedang berada di musim salju, suhu dingin ini adalah waktu yang tepat untuk mengejar ketertinggalan waktu tidur. Anda juga perlu mengetahui manfaat olah raga malam sebelum tidur dan manfaat tidur siang untuk diet.

3. Mengurangi resiko penyakit

Bukankah menyenangkan untuk tidak diganggu oleh nyamuk pada musim dingin? Nyamuk dan serangga pembawa penyakit akan membeku kedinginan sehingga tidak membawa resiko penyakit musim panas pada diri Anda. Nyamuk seperti Aedes dan Culex akan berhibernasi pada suhu dibawah 50 derajat Fahrenheit, maka resiko Anda untuk tertular penyakit yang berasal dari nyamuk dan serangga akan berkurang secara signifikan. Anda bahkan tidak perlu menggunakan manfaat kelambu untuk melindungi diri seperti pada musim panas.


4. Berpikir lebih jernih

Glukosa dalam tubuh akan membantu kelincahan mental dan mengatur suhu internal tubuh. Jadi ketika berada pada iklim hangat atau dingin glukosa dalam tubuh juga akan menyesuaikan pengaturannya. Suhu yang lebih hangat cenderung untuk menumpulkan kemampuan berpikir seseorang dan memaksa tubuh untuk menggunakan banyak glukosa. Dan karena glukosa juga digunakan untuk proses mental maka akan mempengaruhi kemampuan membuat keputusan secara negatif. Ketahui juga mengenai manfaat irigasi, manfaat BMKG untuk prediksi cuaca dan kejadian alam serta manfaat gunung yang ada di sekitar alam kita.

5. Mengurangi peradangan otot

Satu penelitian yang dipublikasi pada The Atlantic, The National Institute of Sport, Expertise and Performance yang berbasis di Paris menguji pelari musiman yang mengalami kerusakan otot selama tiga minggu. Menggunakan tiga bentuk terapi yaitu cryoterapi yang diekspos pada suhu minus 166 derajat Fahrenheit, terapi infrared, atau metode istirahat biasa, proses penyembuhan para pelari ini dimonitor. Hasilnya menemukan bahwa metode cryotherapy mengembalikan kekuatan minimal otot para pelari ini lebih cepat daripada terapi lainnya.

6. Menjaga kulit tetap muda

Suhu dingin bisa bertindak sebagai astringent, mengencangkan pori – pori, mengurangi penyumbatan pori dan mengurangi resiko breakout. Musim dingin juga memperlembat dan mencegah pengeluaran sebum, membantu kulit yang tampak mengkilap dan jerawat jauh dari wajah Anda, juga memperlambat penuaan dan membuat kulit berkilau sehingga tampak awet muda.

7. Mengurangi alergi serbuk sari

Jika Anda memiliki alergi luar ruangan, manfaat musim salju akan membawa berita baik. Ketiadaan serbuk sari pada suhu dingin dan bersalju memungkinkan Anda untuk sering keluar dan menikmati udara segar. Namun jika Anda memiliki alergi dingin atau alergi yang kambuh ketika di dalam ruangan, maka resiko alergi Anda kemungkinan akan tetap sama atau justru makin buruk.


8. Membantu melawan infeksi

Semua orang memerlukan perlindungan terhadap kuman yang ada di sekitar dengan sistem kekebalan tubuh yang prima. Flu dan pilek masih mungkin dialami selama musim dingin, tetapi manfaat musim salju sebenarnya lebih baik untuk sistem imunitas agar dapat melawan infeksi dengan lebih efektif. Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem imun tubuh manusia dapat diaktifkan dengan paparan suhu dingin dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk melawan infeksi.

9. Meningkatkan perasaan bahagia

Salju menstimulasi sistem parasimpatetik manusia. Sistem simpatetik diketahui menjadi respons perlawanan sementara sistem parasimpatetik adalah sistem yang merilekskan dan memperbarui. Endorfin dapat memicu pelepasan dopamin dan serotonin, yaitu jenis neurotransmitter yang membuat seseorang tetap bahagia, merasa baik dan meringankan depresi. Karena itulah manfaat musim salju bisa membuat seseorang tetap merasa bahagia dan santai, jauh dari stres atau depresi.

Beberapa manfaat musim salju yang telah diuraikan tersebut telah menunjukkan bahwa musim dingin tidak dapat dijadikan alasan untuk bermalas – malasan dan berdiam diri saja. Masih banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari berbagai aktivitas di musim dingin yang baik untuk kesehatan tubuh. Walaupun demikian, jangan lupa untuk tetap membekali diri dengan peralatan dan busana yang tepat untuk beraktivitas di tengah musim dingin yang bersalju untuk menghindari resiko – resiko kesehatan yang bisa timbul dari udara dingin.

, ,
Oleh :
Kategori : Alam