7 Manfaat Musim Gugur Bagi Kehidupan Manusia

Musim gugur adalah musim favorit dimana kebanyakan orang menikmati makanan enak, suhu udara yang lebih dingin dan segala kemeriahannya. Sedikit orang yang tidak menikmati pemandangan jatuhnya daun – daun dan perubahan warna tanaman menjadi berbagai warna artistik sebelum akhirnya berguguran. Musim ini berlangsung setelah musim panas dan sebelum musim dingin dalam satu tahun, ketika suhu udara perlahan menurun. Konsep musim gugur di Eropa berhubungan dengan panen bahan makanan.

Dalam banyak budaya, musim gugur telah ditandai dengan ritual dan festival yang berkembang di seputar produksi bahan pangan. Hewan mengumpulkan makanan di musim gugur untuk mempersiapkan musim dingin mendatang, dan hewan berbulu menumbuhkan bulu yang semakin tebal. Banyak burung yang bermigrasi ke arah Kutub untuk menghindari suhu dingin. Fenomena musim gugur yang terjadi di bagian Amerika Tengah dan Timur serta Eropa adalah musim panas Indian atau Indian Summer, satu periode cuaca hangat yang tidak masuk akal yang terkadang muncul pada akhir Oktober atau November. Manfaat musim gugur lainnya tentu saja masih banyak dalam berbagai bidang kehidupan manusia, seperti beberapa hal berikut ini.

1. Menjernihkan pikiran

Ketika Anda perlu berkonsentrasi dan melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota, udara segar di luar ruangan bisa membantu menjernihkan pikiran. Manfaat musim gugur dapat menjadi saat yang tepat untuk berkegiatan di luar ruangan karena suhu yang sudah tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Anda bisa melakukan kegiatan seperti membaca buku, piknik, belajar dan lain sebagainya di luar ruangan. Aktivitas di luar ruangan akan menawarkan manfaat kesehatan dan juga dorongan emosional yang baik dari pemandangan yang indah, memperbaiki mood, menurunkan resiko depresi, meningkatkan kepercayaan diri.


2. Berolahraga di luar ruangan

Dengan suhu udara yang sudah menurun setelah musim panas, musim gugur sangat cocok untuk kegiatan olahraga luar ruangan. Anda bisa berolahraga di taman dan menghirup udara segar yang sangat baik untuk paru – paru, seperti berlari, push up, senam, bersepeda, bermain basket, tenis dan lainnya. Manfaat musim gugur baik untuk meningkatkan aktivitas fisik yang diperlukan oleh tubuh. Dengan suhu yang lebih dingin, resiko kesehatan yang berhubungan dengan panas akan berkurang. Manfaat penghijauan bagi lingkungan manusia juga sama seperti manfaat angin yang dapat memberikan kita udara segar bebas dari polusi.

3. Pemandangan yang indah

Di bagian Selatan Amerika Serikat, perubahan musim akan tampak sangat jelas. Musim semi akan tampak sangat hijau, musim panas suhu sangat tinggi dan musim dingin serta musim gugur akan penuh dengan warna – warna yang menakjubkan. Khususnya pohon maple akan tampak berwarna merah dan kuning keemasan sehingga sangat bagus untuk latar belakang artistik, misalnya pengambilan foto atau inspirasi lukisan, juga beraktivitas di luar ruangan sambil menikmati pemandangan indah. Ketahui juga mengenai manfaat rumah kaca untuk tumbuhan.

4. Musim liburan yang tepat

Manfaat musim gugur adalah bagian dari musim liburan yang padat sebelum musim dingin dan Natal. Musim liburan ini adalah musim liburan keluarga, dimana waktu untuk bersyukur dan dikelilingi oleh orang – orang tercinta. Ini juga waktu yang tepat untuk mengubah dekorasi rumah, memungkinkan Anda untuk mengevaluasi apa yang sudah Anda dan keluarga lewati sepanjang tahun sementara bersiap menyambut tahun yang akan datang dan juga menyambut manfaat musim kemarau.


5. Makanan yang lezat

Manfaat musim gugur juga bisa dirasakan dari jenis makanan lezat yang biasanya hanya bisa didapatkan pada musim ini. Cara populer untuk mengalami manfaat dari suatu musim biasanya melalui panen musim gugur. Makanan dan bumbu pada musim gugur tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi yang sehat. Makanan seperti labu, apel, kayu manis, kubis Brussel, pear, pala, dan squash merupakan makanan khas musim ini sebelum memasuki manfaat musim kemarau berikutnya.

6. Tidur lebih baik

Tidur juga bisa Anda rasakan sebagai bagian dari manfaat musim gugur. Selama musim ini tubuh kita akan mengalami lebih banyak istirahat. Walaupun misalnya hanya mendapatkan beberapa jam tidur saja dalam semalam, tidak akan terlalu mempengaruhi keseluruhan kesehatan seseorang pada musim ini. Tidur membuat tubuh kita dapat mengisi tenaga dan memulihkan diri secara fisik dan mental. Penelitian mengungkat bahwa tidur yang berkualitas dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan obesitas. Juga menunjukkan bahwa tubuh akan lebih mudah menyesuaikan waktu standar daripada daylight saving time. Ketahui juga mengenai manfaat air hujan bagi kehidupan manusia dan manfaat waduk bagi kehidupan manusia.

7. Fokus pada kesehatan tubuh

Musim panas juga sangat baik untuk aktif di luar ruangan, tetapi irama yang tidak teratur pada musim tersebut terkadang dapat mengganggu rutinitas kesehatan Anda. Musim gugur bisa membantu Anda kembali pada kebiasaan yang sehat tersebut. Gunakan musim gugur untuk mengembalikan rutinitas kesehatan Anda atau membuat rutinitas baru seperti bangun tepat waktu ketika alarm berbunyi, mempersiapkan sarapan dan makan siang sehari sebelumnya. Menjadwalkan latihan, mematikan semua gadget sebelum tidur, dan mulai mencatat pola tidur Anda.

Musim gugur merupakan waktu yang tepat untuk berubah dan mendapatkan manfaat musim gugur, juga untuk membuat trik tertentu yang akan membantu Anda mengontrol kesehatan tubuh. Apakah itu mengatur rutinitas baru atau hanya mengambil waktu untuk fokus kepada diri sendiri, sekarang adalah waktunya untuk menggunakan keuntungan dari musim gugur bagi kebaikan diri sendiri. Musim gugur seringkali dianggap sebagai musim perubahan, maka gunakan musim ini untuk transisi positif dan membuat kenangan indah sementara tetap menjaga kesehatan Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Alam