Manfaat Minum Sambil Duduk

Minum merupakan kebutuhan tubuh yang penting agar manusia senantiasa bisa hidup dan beraktivitas dengan baik. Tidak hanya berperan untuk menjaga tubuh tetap bugar, dengan minum juga dapat meningkatkan tingkat konsentrasi. Secara umum pasti Anda sudah mengerti mengenai  manfaat air putih bagi kesehatan tubuh manusia. Namun tahukah Anda mengenai manfaat yang bisa diperoleh dengan minum sambil duduk? Di samping minum sambil duduk merupakan hal yang dianjurkan dalam agama Islam, ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja manfaat minum sambil duduk bagi kesehatan tubuh, seperti berikut ini:

1. Menghilangkan haus lebih cepat

Saat minum sambil duduk, air yang diminum akan diserap sedikit demi sedikit oleh tubuh. Sehingga haus yang dirasakan akan lebih mudah dan lebih cepat hilang.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Di samping manfaat terapi air putih untuk kesehatan setiap hari sendiri memang baik untuk ginjal, minum sambil duduk bisa memudahkan ginjal dalam menyaring air dan meminimalisir terbentuknya kristal ginjal. Sehingga fungsi ginjal dapat terjaga dan disfungsi ginjal dapat dicegah.

3. Mencegah terjadinya dehidrasi

Dengan duduk, air yang dikonsumsi akan lebih mudah diserap sehingga tubuh bisa terhindar dari dehidrasi. Untuk menjaga kesehatan tubuh, dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari.

4. Memelihara kesehatan pencernaan

Selain manfaat minum air putih yang banyak setiap hari bisa menjaga kesehatan ginjal, minum sambil duduk akan membantu air sampai ke saluran usus secara perlahan. Sedangkan minum sambil berdiri akan menyebabkan air menabrak pada dinding usus, yang bisa menyebabkan usus menjadi melar.

5. Meminimalisir terjadinya heartburn

Salah satu manfaat minum sambil duduk lainnya adalah meminimalisir resiko terkena gangguan heartburn, yaitu menjadi salah satu tanda penyakit GERD yang terjadi saat isi lambuk kembali naik sampai di kerongkongan. Di samping bisa mencegah heartburn, minum sambil duduk juga bisa mencegah risiko gangguan Ulser.

6. Mencegah gangguan lambung

Saat duduk, air yang masuk ke tubuh dan akan menuju lambung dengan perlahan-lahan. Cukup berbeda dengan manfaat daun saga untuk lambung, dengan minum sambil duduk akan mencegah lambung mengalami luka. Hal ini karena minum sambil duduk akan mencegah air bertabrakan dengan dinding lambung seperti saat minum sambil berdiri.

7. Membuat tubuh lebih segar

Tubuh yang terasa loyo dan kurang bertenaga bisa terjadi ketika tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Sehingga dengan minum sambil duduk bisa membantu tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat kembali untuk beraktivitas.

8. Mengatasi gangguan sendi

Dehidrasi juga dapat membuat jaringan otot dan sendi mengalami gangguan, bisa menyebabkan pembengkakan. Manfaat banyak air minum air putih bagi kesehatan adalah menyeimbangkan cairan tubuh sehingga gangguan sendi dapat diminimalisir terutama pada penderita rematik atau gangguan sendi lainnya.

9. Melancarkan proses pengenceran asam

Dengan masuknya air ke dalam tubuh secara perlahan ketika duduk, akan membantu melancarkan proses mengencerkan asam tubuh karena harus disesuaikan dengan kadar air di dalam tubuh. Sedangkan pada saat minum dengan berdiri bisa menyebabkan proses pengenceran ini terganggu.

Jadi dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan seperti di atas, tidak ada salahnya untuk memulai kebiasaan minum sambil duduk. Demikian pembahasan mengenai berbagai manfaat minum sambil duduk bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Oleh :
Kategori : Kebiasaan