14 Manfaat Minum Bubuk Kayu Manis Untuk Segala Penyakit Mematikan

Kayu manis merupakan salah satu jenis bumbu yang bisa digunakan dalam masakan, kue dan juga minuman dengan sejuta manfaat didalamnya. Ada lebih dari 200 jenis kayu manis yang tersebar di seluruh dunia. Bagian dari tanaman kayu manis yang digunakan adalah bagian kulit dalam pogon ini yang tidak hanya sering digunakan masyarakat Indonesia, namun penggunaannya juga sudah tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Ada banyak manfaat minum bubuk kayu manis yang bisa didapatkan dan beberapa diantaranya masih belum banyak diketahui seperti yang akan kami berikan dalam ulasan kali ini.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Dalam bubuk kayu manis mengandung banyak manfaat antioksidan yang baik untuk melindungi sekaligus menyembuhkan tubuh dari berbagai penyakit. Sebuah penyakit bisa menimbulkan radikal bebas yakni molekul kecil yang terjadi dalam tubuh dan akan merusak DNA serta kerusakan sel. Jika dalam tubuh tidak memiliki antioksidan yang cukup, maka radikal bebas akan bereaksi dan menimbulkan kerusakan pada tubuh.

  1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Dalam sebuah studi tentang kayu manis membuktikan jika kayu manis bisa menurunkan kadar trigliserida hingga 23% sekaligus menurunkan kolesterol tinggi yang jahat sebanyak 27% namun tidak menghilangkan kandungan kolesterol baik dalam tubuh.

  1. Menurunkan Kadar Glukosa

Dalam sebuah penelitian juga membuktikan jika bubuk kayu manis memiliki efek positif terhadap penurunan glukosa dan meningkatkan glukosa serum sehingga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Kayu manis juga memberikan banyak manfaat untuk gigi dalam membunuh berbagai bakteri penyebab plak gigi yang bisa menimbulkan penyakit gusi. Bubuk kayu manis sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi sakit gigi sebelum berkunjung ke dokter.

  1. Mengatasi Keracunan Makanan

Salmonella adalah infeksi bakteri yang bisa menyerang usus dan menyebabkan keracunan makanan. Keracunan salmonella ini umumnya terjadi sesudah mengkonsumsi telur mentah, daging mentah dan juga makanan laut serta buah dan sayur yang tidak dicuci dengan bersih. Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah kram, diare dan juga demam. Dalam bubuk kayu manis mengandung sifat antibakteri yang sangat baik untuk mengatasi salmonella tersebut dengan cara mengeluarkan racun dalam tubuh.

  1. Mengatasi Infeksi Bakteri dan Jamur

Komponen utama dalam kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan berbagai jenis infeksi seperti infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh jamur sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri seperti Listeria dan juga Salmonella. Sifat anti mikroba didalamya juga sangat ampuh dalam mengatasi bau mulut.

  1. Memerangi Virus HIV

Kayu manis bubuk khususnya jenis Cassia diperkirakan bisa membantu dalam memerangi HIV. Dalam sebuah penelitian membuktikan jika kayu manis merupakan pengobatan yang paling efektif dari 69 tanaman obat yang sudah diteliti.

  1. Mengatasi Gejala ADHA

Attention Deficit Hyperactivity Disorder biasanya menimbulkan gejala seperti sulit berkonsentrasi, sering melamun, susah untuk diam dalam waktu lama, tidak bisa tertib, sering lupa, gelisah, tidak sabar, bicara terlalu berlebihan, mudah cemas dan sering menunda yang bisa terjadi pada anak anak maupun orang dewasa. Bubuk kayu manis ini sudah digunakan sebagai perawatan terhadap penderita ADHD sehingga penderita bisa lebih tenang.


  1. Mengatasi Parkinson

Dalam tahap perkembangan, biasanya parkinson akan menimbulkan gejala seperti gerakan tidak disengaja, bergetar, otot terasa kaku, kehilangan pengucapan, kaku pada tubuh, menurunnya kemampuan berkedip pada mata dan sebagainya. Sedangkan penyebab parkinson sendiri tidak bisa dipastikan. Kayu manis dipercaya bisa membalikkan perubahan seluler anatomi dan juga biomekanik yang sudah dibuktikan dari penelitian karena sumber antioksidan tinggi didalamnya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi bubuk kayu manis juga sangat membantu untuk menurunkan berat badan selain mengkonsumsi menu makanan sehat dan berolahraga. Kayu manis akan bekerja sebagai penurun gula darah yang sangat penting untuk menurunkan berat badan. Jika dalam tubuh terjadi metabolisme yang tinggi, maka kayu manis bisa menyimpan manfaat karbohidrat tersbut sebagai energi tanpa harus mengubahnya menjadi lemak.

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Kayu manis juga menjadi pilihan tepat untuk seseorang yang seringkali menggunakan afrodisiak untuk merangsang gairah seksual dimana sudah dibuktikan dalam sebuah studi menggunakan tikus yakni terjadi peningkatan fungsi seksual yang signifikan.

  1. Mengatasi PMS

Kayu manis juga sangat baik dikonsumsi untuk meringankan masalah premenstrual syndrome atau PMS seperti kram, sakit perut, mengatasi lelah dan sebagainya. Kram berdenyut yang dialami selama menstruasi terjadi karena kontraksi rahim. Dalam kayu manis mengandung sifat anti inflamasi dan juga antipasmodik sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan PMS.

  1. Mencegah Sindrom Ovarium Polikistik

Bubuk kayu manis juga sering digunakan untuk penderita sindrom tersebut dimana nantinya wanita akan memiliki kristal kecil pada indung telur. Gejala sindrom yang biasanya timbul adalah tumbuh rambut berlebih pada tubuh, penipisan rambut di kepala, berat badan bertambah atau kesulitan menurunkan berat badan, ketidaksuburan, ukuran payudara mengecil, nyeri area pelvis dan juga jerawat. Kayu manis tersebut memang tidak bisa menyembuhkan sindrom tersebut secara menyeluruh namun bisa digunakan sebagai pengobatan.

  1. Mengatasi Penyakit Neurodegeneratif

Selain penyakit parkinson, kayu manis bubuk juga sangat baik dikonsumsi untuk meringankan gejala penyakit neurogeneratif seperti demensia vaskular, demensia frontotemporal dan juga kerusakan kognitif yang berhubungan dengan HIV. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Neuroimune Farmakologi dibuktikan jika kayu manis memiliki efek positif sebab multiple sclerosis sifat anti inflamasi dalam bubuk kayu manis. Selain itu, rempah ini juga bisa meningkatkan fungsi motorik dan memperbaiki anatomis serta fisik.

Selain 14 manfaat minum bubuk kayu manis yang sudah kami jelaskan diatas, ternyata masih banyak lagi manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh, kesehatan darah dan bahkan untuk menjaga kesehatan kulit yang juga bisa diperoleh dari manfaat rebusan kayu manis. Namun dalam penggunaannya juga tidak boleh dilakukan terlalu berlebihan karena bisa menimbulkan masalah dalam tubuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal