14 Manfaat Wedang Asem untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan

Masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jawa sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wedang asem. Wedang asem merupakan salah satu minuman alami atau jamu tradisional asli Indonesia yang berbahan dasar asam jawa yang direbus untuk diambil airnya. Untuk menambah rasa biasanya wedang asem ditambahkan gula, garam ataupun madu. Ada pula yang menambah khasiat wedang asem dengan mencampurnya dengan berbagai macam bahan herbal alami seperti daun salam, kunyit ataupun jahe.

Manfaat Wedang Asem untuk Kesehatan

Tak hanya rasanya yang segar salah satu alasan mengapa banyak orang mengkonsumsi wedang asem secara teratur tentu saja karena khasiat alaminya yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Membantu Menjaga Stamina Tubuh

Jika Anda sering merasa lemas di pagi hari, cobalah untuk mengkonsumsi wedang asem secara teratur di pagi hari setelah sarapan. Kandungan vitamin C-nya akan membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi sehingga membantu menjaga stamina tubuh sepanjang hari.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan

Wedang asem yang terbuat dari asam jawa sangat tinggi kandungan vitamin C-nya. Seperti yang sudah Anda ketahui vitamin C sangat baik untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dengan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Membantu Mengatasi Flu dan Batuk

Flu dan batuk bukanlah penyakit yang berbahaya namun sangat menganggu dan dapat menghambat aktifitas Anda. Mengkonsumsi wedang asem dapat membantu mengatasi flu dan batuk secara optimal sehingga Anda tidak perlu lagi mengkonsumsi obat dokter karena akan sembuh secara alami.

  1. Mengatasi Masalah Kegemukan

Salah satu zat yang terkandung dalam asam jawa yang dianggap paling efektif untuk menurunkan berat badan dan mengatasi masalah kegemukan adalah kandungan asam hidrosi-sitrat yang berfungsi mengurangi pembentukan lemak dalam tubuh serta kandungan enzim tertentu yang mencegah penyimpanan lemak secara berlebih pada tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Wedang asem mengandung antioksidan dan beberapa kandungan vitamin yang tinggi. Hal inilah yang membuat wedang asem baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama bagi Anda yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit.

  1. Baik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam asam jawa dapat mengoptimalkan produksi kolagen sehingga kulit terlihat lebih kencang dan sehat. Selain itu antioksidan yang terkandung dalam asam jawa juga dapat mengatasi penuaan dini sehingga masalah seperti keriput dan noda hitam dapat Anda atasi secara alami.

  1. Meningkatkan Aliran Darah

Salah satu manfaat wedang asem yang sudah dibuktikan secara turun temurun adalah kemampuannya untuk meningkatkan aliran darah. Itu artinya masalah kaki bengkak karena darah tidak lancar bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi wedang asem secara teratur.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Asam jawa mengandung kandungan antibakteri yang dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah pencernaan mulai dari konstipasi sampai diare. Selain itu Anda juga bisa mengoptimalkan fungsinya dengan menambahkan jahe atau kunyit untuk mengoptimalkan kesehatan pencernaan.

  1. Mengandung Kandungan Anti Inflamasi

Kandungan anti inflamasi yang terdapat dalam wedang asem dapat membantu mengurangi peradangan serta pembengkakak.

  1. Kaya akan Antioksidan

Beberapa penelitian menemukan bahwa asam jawa sangat tinggi kandungan antioksidannya termasuk vitamin C, pro vitamin A serta flovanoid yang memang dikenal baik untuk menangkan efek buruk dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam kondisi penyakit kronis seperti kanker, tekanan darah tinggi sampai diabetes.

  1. Mengandung Anti Bakteri Baik untuk Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa asam jawa mengandung anti bakteri yang baik untuk kesehatan. Saat luka pun masyarakat tradisional biasanya memilih mengoleskan asam jawa untuk mencegah infeksi. Mengkonsumsi wedang asem dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam.

  1. Menurunkan Kolesterol

Asam jawa mengandung zat aktif yang dapat membantu para penderita kolesterol mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh mereka. Tidak mudah memang tapi wedang asem bisa sangat membantu apalagi jika diikuti dengan diet yang sehat.

  1. Mengobati Nyeri Saat Haid

Kebanyakan wanita lebih memilih mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit untuk mengatasi nyeri saat haid. Well, obat-obatan tersebut bukan tanpa efek samping dan sebagai solusi mengkonsumsi wedang asem saat haid selain dapat membantu mengatasi nyeri dank ram saat haid ternyata juga dapat melancarkan haid serta menghilangkan bau anyir tidak sedap saat haid.

  1. Solusi untuk Mengatasi Alergi

Penelitian terbaru mengatakan bahwa ternyata mengkonsumsi wedang asem secara teratur juga dapat membantu mengatasi alergi walaupun tentu saja tergantung dari tingkat keparahan alergi yang diderita.

Mengkonsumsi wedang asem memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan namun tentu saja penting bagi Anda untuk mengetahui efek samping yang mungkin saja ditimbulkan ketika mengkonsumsinya secara berlebihan. Bagi penderita diabetes yang juga sedang mengkonsumsi obat penurun gula darah sebaiknya jangan mengkonsumsi wedang asem secara berlebihan karena efeknya justru bisa membuat gula darah drop. Ibu hamil dan menyusui juga harus mengurangi konsumsi wedang asem.

,
Oleh :
Kategori : Herbal