12 Manfaat Madu Kelulut untuk Kesehatan dan Stamina

Kebanyakan orang tahu bahwa madu dihasilkan dari lebah. Tapi tahukan Anda bahwa ada berbagai macam jenis lebah yang menghasilkan kualitas madu yang berbeda-beda juga dan salah satunya adalah madu yang diambil dari sarang kelulut. Lalu apa manfaat madu kelulut untuk kesehatan sama khasiatnya dengan madu yang diambil dari sarang lebah premium?

Apa Itu Kelulut dan Bagaimana Madu Dihasilkan?

Kelulut atau lebah kelulut sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan lebah biasanya namun kelulut tidak memiliki sengat. Karakteristik sarang mereka agak berbeda dimana  lebah biasanya membuat sarang gantung di area terbuka, lebah kelulut lebih suka membuat sarang di area tertutup misalnya di dalam lubang kayu atau lubang tunggu bahkan tidak jarang di daerah pemukiman masyarakat sering menemukan sarang kelulut di dalam kotak meteran listrik.

Manfaat Madu Kelulut untuk Kesehatan

Untuk karakteristik madu yang dihasilkan madu kelulut menghasilkan rasa madu yang agak lebih asam dibandingkan dengan madu biasa ataupun namun dari segi khasiat Anda tidak perlu cemas berikut adalah beberapa manfaat madu kelulut untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

  1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Seperti halnya madu biasa atau manfaat madu lebah liar, madu kelulut juga tinggi kandungan antioksidannya. Manfaat antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas paling utama yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena tubuh tidak dapat memproduksi antioksidan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan.

  1. Solusi Alami untuk Mengatasi Batuk Ringan

Rasa asam pada madu kelulut ternyata mengandung asam amino yang dapat berfungsi sebagai ekspektoran yaitu sejenis senyawa yang dapat mengatasi masalah batuk ringan yang biasanya disebabkan oleh adanya iritasi di tenggorkan.

  1. Bisa Dikonsumsi untuk Mengatasi Flu dan Demam

Kandungan antioksidan dan manfaat vitamin C yang terdapat pada madu kelulut ternyata juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi flu dan demam. Demam sendiri adalah reaksi tubuh untuk mengalahkan virus seperti virus flu dan antioksidan dan vitamin C berfungsi sebagai pengoptimal sistem imun untuk menangkal virus tersebut.

  1. Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Yang Namanya madu pasti rasanya manis. Tapi Anda tidak perlu khawatir, rasa manis pada madu bukan disebabkan oleh kandungan glukosa yang dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah tapi merupakan pemanis alami yang aman bahkan jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Mengoptimal Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun seseorang sebenarnya tergantung dengan bagaimana seseorang menjaga kesehatannya. Salah satu cara untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan cara banyak mengkonsumsi makanan yang merupakan sumber antioksidan dan vitamin penting, salah satunya adalah madu kelulut ini.

  1. Membantu Mengoptimalkan Kinerja Otak dan Sistem Saraf

Salah satu solusi yang biasa dilakukan orangtua agar anak-anak mereka dapat optimal dalam belajar adalah dengan memberikan madu. Karena madu mengandung asam amino yang dapat menoptimalkan kinerja otak dan sistem saraf.

  1. Menambah Nafsu Makan

Bagi orangtua yang saat ini menghadapi masalah anak yang susah makan, memberikan madu kelulut secara teratur dapat membantu menambah nafsu makan. Walaupun banyak madu dengan multivitamin yang dijual di pasaran namun memberikan madu kelulut alami lebih direkomendasikan.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Madu untuk kesehatan kulit sudah bukan rahasia lagi. Mengoleskan madu secara teratur dapat membantu meremajakan kulit dan membuang kulit mati secara optimal. Ingin punya bibir merah merona secara alami, usapkan madu kelulut dengan gula pasir secara teratur untuk menjaga kesehatan bibir.

  1. Berfungsi Sebagai Anti-Aging

Kandungan antioksidan pada madu kelulut juga dapat berfungsi sebagai anti-aging yang dapat membantu memperlambat proses penuaan serta mencegah terjadinya penuaan dini.

  1. Bisa Mengobati Penyakit Mag

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan yang terdapat pada madu kelulut juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit mag. Cukup mengkonsumsi air hangat dan madu setiap pagi saat perut kosong dapat mengurangi gejala mag secara signifikan.

  1. Membantu Mengurangi Gejala Asma

Asma memang kondisi yang tidak dapat disebuhkan tapi ternyata mengkonsumsi madu kelulut secara teratur dapat membantu mengurangi gejala asma karena asam amino yang terkandung pada madu kelulut berfungsi melegakan rongga pernafasan.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Ada banyak sekali manfaat minum madu, karena kandungan antioksidan, mineral, vitamin dan asam amino yang terdapat dalam madu kelulut dapat membantu memperlancar peredaran darah sehingga membantu kineral jantung menjadi lebih optimal.

Perlu diingat bahwa madu walaupun memiliki banyak manfaat sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh bayi dibawah satu tahun. Untuk amannya sebaiknya tidak memberikan madu kepada anak dibawah dua tahun karena madu mengandung bakteri yang ternyata bisa sangat berbahaya untuk pencernaan anak usia dibawah satu tahun yang sistem pencernaannya masih belum sempurna. Jadi sebagai orang tua tetap harus bijak ketika ingin memberikan manfaatkan kesehatan madu untuk anak-anak dan berikan sesuai usia mereka.