14 Manfaat Lidah Sapi, Tinggi Protein dan Rendah Lemak

Sate padang merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang salah satu bahan dasarnya adalah lidah sapi. Lidah sapi walaupun disinyalir sangat tinggi kandungan kolesterolnya namun ternyata jika diolah dan dikonsumsi dengan porsi yang tepat justru memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selain itu lidah sapi juga memiliki rasa yang khas dan enak serta dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan.

Kandungan Gizi Pada Lidah Sapi

Dibandingkan dengan manfaat daging sapi bagi tubuh, manfaat lidah sapi juga ternyata sangat banyak dimana kandungan zat besinya tiga kali lebih banyak dari daging sapi begitu juga kandungan vitamin B12 serta manfaat vitamin C dari lidah sapi. Selain itu lidah sapi juga tinggi kalori, protein tapi kadar lemaknya relatif lebih rendah. Lidah sapi juga mengandung beberapa mineral penting bagi tubuh seperti kalium, magnesium, selenium dan kalsium.

Manfaat Lidah Sapi bagi Kesehatan

Dengan kandungan gizi lidah sapi yang beberapa diantaranya lebih tinggi dari daging sapi tentunya juga memberikan manfaat yang berbeda bagi kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat lidah sapi yang penting untuk diketahui.

  1. Tinggi Kandungan Protein

Per 100 gram lidah sapi mengandung sekitar 15 gram manfaat protein. Itu artinya sudah dapat mencukupi kebutuhan protein harian sampai 30%.

  1. Rendah Kandungan Lemak

Dibandingkan bagian sapi yang lain, kandungan lemak pada lidah sapi relatif lebih rendah jadi cocok untuk Anda yang sedang diet.

  1. Sumber Zat Besi yang Baik

Ada banyak sekali manfaat zat besi, diantaranya adalah untuk mencegah anemia. Per 100 gram lidah sapi sudah dapat mencukup kebutuhan harian zat besi sampai 16%.

  1. Mengandung Vitamin C

Manfaat vitamin C sangat signifikan dan tidak banyak bagian dari sapi yang memberikan vitamin C kecuali pada bagian lidahnya.

  1. Kandungan Vitamin B12 yang Lebih Tinggi

Manfaat vitamin B bagi tubuh sangat banyak terutama vitamin B12 yang jika bekerja sama dengan zat besi dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah dan baik untuk fungsi saraf.

  1. Sumber Mineral yang Baik

Ada banyak sekali kandungan mineral pada lidah sapi, tak hanya kalsium tapi juga magnesium, selenium, zink serta kalium.

  1. Tinggi Kandungan Kalori

Makanan yang tinggi kalori merupakan sumber energi yang baik. Jika Anda membutuhkan asupan energi dengan cepat, lidah sapi adalah solusinya.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan zink pada lidah sapi dapat membantu meningkatkan sistem imun. Selain itu kandungan vitamin C-nya juga sangat baik untuk daya tahan tubuh.

  1. Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan

Jika sistem imun dapat bekerja secara optimal maka proses penyembuhan juga bisa dipercepat. Terlebih lagi lidah sapi jauh lebih mudah dicerna dari pada daging.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Sistem Saraf

Kandungan vitamin B12 pada lidah sapi dapat membantu mengoptimalkan kinerja dan fungsi sistem saraf serta dapat mencegah penyakit saraf yang berhubungan dengan degenerasi sel.

  1. Aman untuk Penderita Diabetes

Karena tidak mengandung karbohidrat, lidah sapi relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang membutuhkan asupan protein dan kalori yang cepat.

  1. Mengandung Omega 3 dan Omega 6

Manfaat omega 3 dan omega 6 biasanya ditemukan pada ikan namun ternyata juga ditemukan pada lidah sapi.

  1. Tidak Mengandung Karbohidrat

Ada banyak sekali manfaat karbohidrat bagi kesehatan namun bagi Anda yang sedang diet karbohidrat namun membutuhan asupan protein, lidah sapi bisa menjadi solusi karena tinggi protein namun tidak mengandung karbohidrat.

  1. Mengoptimalkan Produksi Sel Darah Merah

Anemia merupakan kondisi yang sering dialami oleh mereka yang kekurangan sel darah merah. Vitamin B12 dan zat besi pada lidah sapai dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah dan mencegah serta mengobati anemia.

Bahaya Mengkonsumsi Lidah Sapi

Walaupun manfaat lidah sapi ternyata sangat banyak bagi kesehatan manusia namun tentu saja terdapat beberapa hal yang harus diwaspadai.

  • Lidah sapi walaupun tidak mengandung karbohidrat tapi sangat tinggi kandungan kolesterolnya. Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah kolesterol sebaiknya menghindari mengkonsumsi lidah sapi.
  • Walaupun tidak mengandung karbohidrat sehingga cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes namun lidah sapi kalorinya cukup tinggi sehingga untuk penderita diabetes tipe 2 tidak boleh terlalu sering mengkonsumsinya.
  • Penting juga mengetahui dari mana sumber lidah sapi berasal. Mengkonsumsi lidah sapi dari sapi lokal yang Anda tahu pasti dari mana asalnya dan kondisi kesehatannya jauh lebih direkomendasikan dari pada mengkonsumsi lidah sapi dari sapi impor yang Anda tidak tahu bagaimana kondisi kesehatannya.

Yang terpenting dan perlu untuk diingat adalah walaupun banyak sekali manfaat lidah sapi bagi kesehatan tubuh manusia namun cara pengolahan dan porsi makannya juga harus dijaga, tidak boleh terlalu banyak ataupun terlalu sering. Yang terbaik adalah tetap mengkombinasikan makanan dan biasakan mengkonsumsi makanan beragam demi menjaga kesehatan tubuh.