8 Manfaat Ketumbar untuk Jantung yang Lebih Sehat

Siapa yang tidak tahu ketumbar, salah satu bumbu masakan atau rempah-rempah yang sangat sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari kuliner nusantara seperti rendang, sayur lodeh sampai dengan tempe bacem menggunakan ketumbar sebagai salah satu bumbu utamanya. Namun tahukan Anda bahwa dibalik ukurannya kecil ada banyak manfaat ketumbar untuk jantung serta kesehatan secara umum?

Manfaat Ketumbar untuk Jantung

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata mengkonsumsi ketumbar memberikan banyak sekali manfaat kesehatan salah satunya adalah untuk kesehatan jantung. Jika Anda adalah salah seorang penderita penyakit jantung mencari solusi penyembuhan secara alami lewat ketumbar tentunya tidak akan menjadi masalah.

  1. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Kebanyakan orang menganggap bahwa kolesterol adalah penyakit yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan jantung padahal sangat erat sekali kaitannya. Kolesterol merupakan salah satu tipe lemak darah yang dapat menyumbat pembuluh darah sehingga akibatnya jantung akan dipacu untuk bekerja lebih keras untuk memompa darah. Jika kondisi ini terus berlangsung maka dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kesehatan jantung.

  1. Kaya Kandungan Potasium

Salah satu kandungan utama yang terdapat dalam ketumbar adalah potasium. Potasium merupakan salah satu mineral penting untuk sistem metabolisme tubuh terutama sangat baik untuk kesehatan jantung. Kebiasaan orang Indonesia adalah tidak bisa jauh dari garam atau makanan asin sehingga konsumsi sodium sering sekali berlebih. Salah satu fungsi utama potasium adalah untuk menetralisir kadar sodium berlebih dalam darah sehingga mengurangi risiko hipertensi.

  1. Mengandung Anti-Inflamasi

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ketika ada masalah jantung, inflamasi justru bisa memperburuk keadaan. Oleh karena itu banyak klaim yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi ketumbar atau minum air ketumbar bisa membantu mengatasi jantung koroner. Lebih tepatnya lagi adalah ketumbar mengurangi risiko inflamasi sehingga kondisi seperti jantung koroner lebih bisa teratasi.

  1. Membantu Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang disebutkan pada poin nomer dua dimana kandungan potasium dalam ketumbar dapat membantu mengatasi kelebihan sodium dalam darah. Sudah merupakan rahasia umum bahwa kadar sodium yang tinggi merupakan salah satu pemacu utama naiknya tekanan darah. Oleh karena itu mengkonsumsi ketumbar secara teratur dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara alami.

  1. Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Ketika kondisi jantung yang dipacu untuk bekerja terlalu keras entah dikarenakan oleh faktor apa, maka risiko seperti serangan jantung dan stroke akan meningkat. Ketika darah tak bisa kembali ke jantung maka akan terjadi serangan jantung begitu juga ketika darah tidak bisa mencapai otak, maka risiko seperti stroke akan bisa saja terjadi. Mengkonsumsi ketumbar dapat memastikan bahwa kondisi jantung Anda dapat bekerja secara optimal tanpa tekanan.

  1. Mengatasi Masalah Detak Jantung Tidak Teratur

Salah satu efek langsung yang bisa dirasakan ketika ada masalah dengan jantung Anda dalah detaknya yang tidak teratur. Hal ini bisa dipicu oleh kadar kolesterol jahat yang tinggi yang menyumbat pembuluh darah sehingga aliran darah tidak lancar. Ketika detak jantung tidak teratur maka kinerja jantung juga akan terganggu akibatnya, darah tidak bisa mengalir dengan optimal, oksigen tidak dapat didistribusikan dengan baik begitu juga nutrisi akibatnya akan banyak sekali gangguan kesehatan yang terjadi di dalam tubuh.

  1. Mengoptimalkan Produksi Sel Darah Merah

Ketumbar sangat kaya akan mineral penting untuk sistem metabolisme tubuh. Tak hanya potasium, ketumbar juga mengandung zat besi, zinc, serta zat mangan yang baik untuk membantu mengoptimal produksi sel darah merah. Ketika seseorang kekurangan sel darah marah tak hanya jantung yang bermasalah tapi juga dapat menyebabkan anemia, cepat lelah dan cepat stres. Jika sel darah merah tercukupik Anda akan selalu merasa memiliki energy untuk melakukan apapun yang Anda inginkan dengan bonus memiliki jantung yang lebih sehat tentunya.

  1. Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Kebanyaka orang menganggap bahwa antioksidan hanya baik untuk penangkal radikal bebas yang efektif untuk mengatasi atau mencegah penyakit kanker. Sebenarnya, antioksidan secara umum memiliki fungsi untuk mencegah oksidasi pada sel sehingga sel-sel tubuh dapat terus beregenerasi menjadi sel baru yang sehat. Antioksidan pada ketumbar dianggap sangat potensial untuk memastikan sel-sel sehat pada jaringan jantung dapat membantu mengoptimalkan kinerja jantung sehingga dapat membantu mengurangi risiko segala jenis penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Saat ini sudah banyak orang yang mulai menyadari manfaat penting ketumbar untuk kesehatan bahkan ada yang mulai mengkonsumsi air rebusan ketumbar secara teratur karena ternyata sangat baik untuk pencernaan dan untuk wanita dapat membantu mengatasi masalah mensturasi yang tidak teratur. Selain itu manfaat dari ketumbar tidak hanya bisa Anda dapatkan dari bijinya saja tapi juga daunnya karena sama dengan bijinya, daun ketumbar juga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan karena kaya akan kandungan antioksidan.

,
Oleh :
Kategori : Herbal