11 Manfaat Keluar Keringat di Malam Hari yang Jarang Diketahui

Selain banyak manfaat keringat bagi kulit wajah, banyak orang bahkan pakar kesehatan yang mengatakan jika berkeringat memiliki banyak manfaat untuk tubuh baik dalam segi kesehatan dan juga kecantikan kulit. Selain berkeringat di saat pagi dan siang hari baik karena aktivitas dan juga olahraga, ternyata juga banyak manfaat keluar keringat di malam hari yang masih belum diketahui masyarakat luas. Keluarnya keringat di malam hari yang biasanya terjadi karena olahraga ini disebabkan karena kesibukan kerja sepanjang hari sehingga baru sempat berolahraga saat malam hari. Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai apa saja manfaat keluar keringat di malam hari yang sangat penting untuk anda ketahui.

  1. Merelaksasi Otak

Sesudah beraktivitas seharian penuh, berkeringat pada malam hari yang terjadi karena berolahraga sebenarnya sangat menyehatkan dan baik untuk otak. Keringat yang dihasilkan nantinya akan secara alami melepaskan beberapa hormon untuk menangkal stress sehingga beban pikiran dan juga tekanan akan semakin berkurang.

  1. Membakar Kalori

Jika anda ingin lebih maksimal dalam membakar kalori, maka sebaiknya coba untuk melakukan aktivitas yang bisa mengeluarkan keringat pada malam hari seperti olahraga meski banyak juga manfaat kalori bagi tubuh manusia. Cara ini sangat baik dilakukan karena bisa membakar kalori dalam tubuh lebih maksimal jika dibandingkan dengan siang hari.

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Untuk anda yang selalu bekerja dan beraktivitas saat siang hari, berolahraga saat malam hari hingga mengeluarkan keringat juga bisa memberikan banyak kegunaan untuk tubuh. Jika dilakukan dengan teratur, maka kualitas tidur nantinya bisa semakin meningkat dan membuat tubuh akan lebih segar saat bangun di pagi hari.

  1. Awet Muda

Manfaat berkeringat saat siang atau malam hari yang bisa anda dapatkan selanjutnya adalah bisa meningkatkan elastisitas dan juga kesehatan kulit sebagai salah satu solusi kecantikan kulit sehingga tampilan kulit akan terlihat jauh lebih awet muda yang menjadi hal penting bagi setiap wanita.

  1. Meningkatkan Ketahanan

Untuk anda yang tidak terlalu banyak beraktivitas di pagi hari, maka akan sangat sulit untuk mengatur jadwal latihan dan berolahraga. Berkeringat di malam hari yang terjadi saat berolahraga menurut penelitian akan jauh lebih baik dilakukan sebab bisa mencapai fungsi dan kekuatan otot lebih maksimal karena memang aktivitas di malam hari bisa menyehatkan otot dan saraf secara maksimal.

  1. Terhindar Dari Tidur Dengan Perut Kenyang

Sehabis makan malam, hal yang paling sering terjadi adalah perasaan perut tidak enak khususnya sebelum pergi tidur. untuk mencegah hal ini terjadi, maka berkeringat saat malam hari ketika berolahraga bisa dijadikan solusi terbaik. Selain bisa memicu metabolisme, berkeringat saat malam hari juga berperan penting dalam menentukan asupan. Dari penelitian membuktikan jika seseorang yang lebih banyak berkeringat saat malam hari sebelum pergi tidur, maka tidak akan terlalu merasa lapar sehingga porsi makan malam nantinya juga bisa dikurangi untuk menjaga berat badan agar lebih stabil.


  1. Membangun Otot Lebih Cepat

Tingginya kadar kortisol saat pagi hari bisa menghambat proses pertumbuhan otot mengingat ada begitu banyak manfaat memiliki kekuatan otot untuk tubuh. Sedangkan saat malam hari, hormon testoteron akan semakin meningkat dan menurunkan kadar kortisol sehingga proses pembentukan otot nantinya akan berjalan lebih maksimal dibandingkan saat anda berkeringat dan berolahraga di pagi hari.

  1. Mengeluarkan Toksin

Seperti yang kita ketahui jika berkeringat merupakan proses yang baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Saat anda berkeringat di malam hari, maka nantinya kondisi wajah dan tubuh juga akan semakin bersih sehingga kulit juga bisa berisitahat secara maksimal ketika anda tidur dan tampilan wajah akan lebih bersih saat bangun di pagi hari.

  1. Meningkatkan Durasi Tidur

Khasiat lain dari berkeringat saat malam hari juga sangat baik untuk meningkatkan durasi tidur. Hal ini disebabkan karena proses mengeluarkan keringat yang terjadi beberapa saat sebelum tidur akan membuat tubuh jauh lebih rileks dan juga membuat tubuh terasa lelah. Dengan ini, maka durasi tidur akan bisa didapat dengan maksimal sehingga bisa mengatasi lelah saat anda bangun keesokan paginya.

  1. Mengurangi Stress Pagi Hari

Ada lebih dari 20 manfaat berolahraga malam hari sebelum tidur seperti halnya berkeringat. Berkeringat di malam hari juga menjadi cara baik untuk menghalau stress. Jika anda stress sepanjang hari penuh, maka berkeringat di malam hari saat berolahraga menjadi cara yang baik untuk mendapatkan mood bagus saat bangun di pagi hari.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Berkeringat saat malam hari juga bisa meningkatkan metabolisme. Berdasarkan penelitian di University of Chicago membuktikan jika seorang pria yang berkeringat saat malam hari karena berolahraga akan memiliki adaptasi yang lebih baik dibandingkan dengan pria yang tidak berkeringat di malam hari. Beraktivitas saat malam karena berolahraga bisa menurunkan kadar glukosa darah dibandingkan dengan berkeringat saat pagi hari sehingga metabolisme tubuh akhirnya akan meningkat yang juga sangat baik dilakukan untuk penderita diabetes.

Dalam sebuah studi membuktikan jika manfaat keluar keringat di malam hari memiliki beberapa khasiat yang spesifik dari mulai meningkatkan metabolisme, membentuk otot lebih baik sekaligus memiliki sumber energi yang lebih banyak ketika bangun di pagi hari. Untuk itu, bagi anda yang memang selalu sibuk selama seharian penuh, pertimbangkan untuk melakukan beberapa gerakan olahraga ringan, sedang maupun berat saat malam hari sehingga bisa mengeluarkan keringat sebelum anda pergi tidur.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan