8 Manfaat Jojoba Oil Untuk Kecantikan

Minyak jojoba sudah lama dikenal oleh para penduduk asli Amerika. Minyak ini diproduksi dari biji tanaman jojoba, tumbuhan semak yang tumbuh di daerah kering, berasal dari Arizona bagian selatan dan California, bagian utara Meksiko dan barat daya Amerika. Jojoba adalah minyak serbaguna yang dapat menembus hingga ke lapisan dalam kulit. Ketika kita menua, produksi sebum pada wajah akan cenderung menurun sehingga menyebabkan garis halus, kulit kering dan kendur mulai tampak. Tanaman jojoba mampu memproduksi ekstrak yang identik dengan sebum alami manusia. Minyak jojoba dapat diaplikasikan langsung pada kulit untuk masalah jerawat, psoriasis, terbakar matahari dan kulit yang pecah – pecah. Jojoba juga digunakan secara topikal untuk mendorong pertumbuhan rambut pada orang yang mengalami masalah kebotakan. Dalam industri, jojoba digunakan sebagai bahan dalam sampo, lipstik, make up, produk pembersih dan pada produk perawatan wajah, tangan serta body lotion. Jika diaplikasikan ke kulit, jojoba berfungsi sebagai emolient yang melembutkan kulit dan melepaskan sumbatan pada folikel rambut.

Keuntungan Memakai Minyak Jojoba

Manfaat minyak jojoba mengandung banyak asam lemak esensial, antioksidan kuat dan vitamin A, D dan E untuk meregenerasi sel kulit. Minyak jojoba juga mengandung asam lemak omega 6 dan 9 seperti docosanol yang bersifat anti virus dan bekerja untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Manfaat jojoba oil untuk cara mencegah penuaan dini berasal dari kandungan antioksidannya, juga dapat mencerahkan kulit yang kusam dengan menyediakan kelembapan yang dibutuhkan, memungkinkan kulit untuk meregenerasi dan memulihkan diri sendiri. Minyak jojoba bersifat lembut secara alami dan tidak mengiritasi sehingga cocok untuk semua jenis kulit, menyeimbangkan kulit berminyak, menenangkan kulit sensitif, menghidrasi kulit kering dan membantu masalah jerawat.

1. Mengatasi kulit kering

Seperti telah disebutkan sebelumnya, minyak jojoba memiliki struktur yang mendekati struktur sebum pada kulit kita sehingga dapat menjadi pelembap alami yang efektif. Ini adalah berita baik bagi siapapun yang memiliki kulit kering atau teriritasi. Minyak ini juga mampu menahan kelembapan, karena itu Anda dapat selalu menggunakannya sebagai langkah akhir skincare rutin sehari – hari.

2. Menghilangkan make up

Anda tidak perlu lagi menggunakan produk – produk terpisah untuk membersihkan make up wajah, mata dan bibir karena manfaat minyak jojoba bisa memberikan segalanya yang dibutuhkan dalam satu produk saja. Minyak jojoba bisa membersihkan semua produk di wajah mulai dari tabir surya hingga maskara tahan air di bulu mata Anda. Anda bisa mencoba manfaat Young Living Oil untuk mendapatkan varian minyak jojoba.

3. Melindungi kulit

Jojoba memiliki cara tersendiri untuk melindungi dirinya dari kerusakan akibat sinar matahari. Jojoba adalah satu – satunya tanaman di dunia yang diketahui memproduksi cairan serupa wax yang melapisi molekul – molekul panjang dalam lapisan terluar daunnya untuk menghentikan paparan sinar UV B dari menembus ke dalam daun. Manfaat jojoba oil bisa melakukan hal yang sama untuk kulit Anda. Masih banyak beberapa minyak esensial lainnya yang bermanfaat untuk kecantikan seperti manfaat minyak lavender dan manfaat virgin coconut oil.

4. Menyeimbangkan kadar minyak

Kulit bisa kehilangan produksi sebum alaminya karena banyak hal, misalnya menggunakan pembersih yang tidak memiliki kadar PH seimbang, kelenjar sebaceous bisa memproduksi secara berlebihan. Kondisi ini mengakibatkan siklus ganas dari produksi minyak yang berlebihan. Karena produksi minyak berlebih, Anda juga akan cenderung mengalami breakout. Jojoba bisa mengatur ulang rona kulit wajah Anda dengan mengembalikan keseimbangan pada produksi minyak di kulit wajah.

5. Mengatasi eksim

Orang yang mengalami aksim asteatotic seringkali lebih rentan mengalami kulit kering karena kulit mereka tidak memproduksi sebum yang cukup, juga kurang mampu menangkap kelembapan. Jojoba bisa membantu mengatasi eksim jenis tersebut melaluk sifat analgesik dan anti inflamasi bersama kemampuan untuk mengembalikan lapisan kulit yang mulai rusak. Anda juga bisa mencoba manfaat minyak esensial lain seperti manfaat Habbasyi Oil dan manfaat tea tree oil.

6. Melembutkan bibir

Jika Anda mengalami bibir kering kronis, manfaat jojoba oil bisa membantu. Pijat beberapa tetes minyak jojoba yang melembapkan pada bibir lalu lapisi dengan lip balm. Dalam beberapa hari Anda akan melihat hasil dan perbedaannya. Minyak jojoba juga bisa melembutkan kulit di sekeliling kuku dengan sendirinya secara dramatis. Sifatnya yang antibakteri dan anti jamur akan menambahkan proteksi ekstra untuk melawan infeksi pada kuku.

7. Untuk perawatan rambut

Minyak jojoba juga menjadi bahan untuk perawatan dirumah sebelum  mencuci rambut untuk kulit kering atau kulit kepala yang teriritasi. Manfaat jojoba oil juga dapat mengatasi rambut yang mengembang dan kusut. Tambahkan beberapa tetes jojoba ke dalam pelembap rambut atau krim pelindung panas untuk menghilangkan rambut mengembang. Anda bisa menambahkan minyak jojoba ke dalamm larutan semprotan air garam laut Anda untuk mendapatkan tekstur rambut yang rapi tanpa mengeringkan helaiannya.

8. Mengatasi psoriasis

Manfaat jojoba oil bisa membantu menenangkan kondisi seperti psoriasis. Umumnya psoriasis mempengaruhi kulit kepala sehingga membuat rambut rontok, Anda bisa menggunakan jojoba sebagai perawatan sebelum keramas atau menambahkannya pada kondisioner yang biasa digunakan untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Perawatan malam menggunakan minyak jojoba juga dapat mengatasi ketombe yang disebabkan jamur bernama malassezia. Jojoba bekerja dengan sifat anti jamurnya, namun tetap menjaga kulit kepala dalam keadaan lembap untuk menenangkan iritasi dan gatal – gatal. Coba juga manfaat flaxseed oil dan manfaat evening primrose oil untuk kesehatan dan kecantikan.

Pada dasarnya manfaat jojoba oil bisa digunakan oleh kebanyakan orang pada kulitnya, namun tetap ada resiko efek sampinf seperti ruam dan reaksi alergi. Pada dasarnya, jojoba sebenarnya bukan minyak tetapi merupakan lilin cair, dan karena itu tidak aman untuk dikonsumsi. Sebelum mencoba khasiat minyak jojoba bagi diri Anda, sebaiknya lakukan tes alergi pada kulit lebih dulu.