15 Manfaat Ikan Buntal – Beracun Namun Bergizi

Ikan buntal termasuk jenis ikan beracun yang walaupun bisa dikonsumsi tapi cara pengolahannya harus dilakukan secara sangat hati-hati. Ikan buntal sendiri sebenarnya sangat dikenal karena karakteristiknya yang unik yaitu membela diri dengan cara menggelembungkan dirinya untuk menakuti musuh. Lalu apakah ada hal lain lagi yang menjadi keistimewaan ikan buntal ini?

Manfaat Ikan Buntal

Ikan buntal merupakan salah satu spesies ikan air asin yang penyebarannya sangatlah luas, mulai dari Cina, Jepang sampai kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam dan termasuk juga Indonesia. Ikan ini memang dikenal sangat beracun bahkan digolongkan sangat beracun kedua setelah katak beracun namun ternyata jika diolah dengan benar daging ikan ini sangat aman dikonsumsi dan justru menyehatkan.

  1. Tinggi Kandungan Protein

Terdapat dua jenis protein yaitu hewani dan nabati. Salah satu sumber protein hewani yang baik adalah dari ikan dan ikan buntal merupakan salah satu jenis ikan yang kaya kandungan protein. Jika Anda tahu manfaat gemar makan ikan maka Anda pasti tahu bahwa hampir semua ikan laut mengandung protein yang tinggi.

  1. Mengandung Omega 3 Baik Bagi Kesehatan

Selain tinggi protein, ikan laut juga tinggi kandungan omega 3. Manfaat omega 3 tak hanya baik untuk pertumbuhan anak-anak saja tapi juga orang dewasa segala usia karena selain baik untuk perkembangan otak juga baik untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan degeneratif usia seperti Alzheimer atau pikun.

  1. Membantu Meningkatkan Stamina

Ada banyak sekali manfaat ikan bagi kesehatan manusia dan salah satu manfaat ikan buntal yang bisa Anda dapatkan adalah dapat membantu meningkatkan stamina. Hal ini disebabkan kandunga mineral seperti fosfor dan zat besi yang dapat mengoptimalkan pembentukan sel darah merah.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan terutama Pada Anak

Rasanya yang lezat dan gizinya yang tinggi sangat baik untuk pertumbuhan anak. Selain itu beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa ikan buntal dapat pula meningkatkan nafsu makan terutama pada anak.

  1. Tinggi Kandungan Kalium

Ikan buntal tinggi kandungan mineral dan salah satunya adalah kalium yang sangat penting dalam proses pembentukan energi dan menjaga stamina tubuh.

  1. Baik untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Karena tinggi protein, zat besi, omega 3 dan kandungan vitamin dan mineral lainnya, ikan buntal sangatlah baik sebagai solusi menjaga kekebalan tubuh dan baik pula dikonsumsi saat masa pemulihan setelah sakit.

  1. Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Ikan buntal juga dianjurkan dikonsumsi oleh penderita kolesterol karena kandungan ikan buntal tidak mengandung kolesterol tinggi dan justru dapat mengoptimalkan produksi kolesterol baik.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu jenis protein yang terdapat pada ikan buntal adalah albumin. Tentunya Anda sudah tahu manfaat albumin untuk kesehatan yaitu dapat mempercepat penyembuhan luka bahkan luka paska operasi.

  1. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan darah yang menyebabkan mata berkunang-kungan sampai hilang kesadaran. Kandungan zat besi pada ikan buntal dapat membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah bahkan mengatasi anemia.

  1. Baik untuk Menjaga Kesehatan Otak dan Sistem Saraf

Kandungan dan manfaat omega 3 yang terdapat pada ikan buntal sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Oleh karena itu ikan ini sangat direkomendasikan dikonsumsi oleh anak-anak pada masa pertumbuhan agar perkembangan otak dan siste sarafnya optimal.

  1. Tinggi Kandungan Zat Besi

Zat besi yang terkandung dalam ikan buntal termasuk cukup tinggi. Manfaat zat besi sendiri sangat penting dalam metabolisme tubuh manusia salah satunya adalah membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Jika sirkulasi darah lancar maka nutrisi dan oksigen yang didistribusikan juga lancar sehingga sistem metabolisme dapat bekerja secara optimal.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika sistem peredaran darah lancar adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung termasuk jantung koroner, serangan jantung sampai stroke.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Salah satu mafaat yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan mengkonsumsi ikan adalah dapat menjaga kesehatan kulit dan tidak terkecuali ikan buntal.

  1. Mengandung Zat Anti Kanker

Menurut beberapa penelitian kebiasaan mengkonsumsi ikan segar tidak hanya baik untuk otak dan kecerdasan tapi juga dapat mengurangi risiko sakit kanker. Karena kandungan proteinnya yang baik untuk regenerasi sel serta antioksidan yang juga dapat berfungsi sebagai zat anti kanker.

Tentunya Anda bertanya-tanya bagaimana pengolahan ikan buntal ini yang paling tepat sehingga aman dikonsumsi. Yang menjadi sumber rancun pada ikan ini adalah bagian hatinya, kulitnya serta bagian duri ditubuhnya. Memang sebaiknya jika ingin mengkonsumsi ikan buntal ini jangan mencoba untuk memasak sendiri karena bahkan koki profesional sekalipun tidak bisa sembarangan mengolah ikan ini harus koki khusus yang memang sudah mendapatkan sertifikat khusus untuk mengolah, memasak dan menyajikan ikan buntal.