Inilah Manfaat Hormon Estrogen yang Berguna Bagi Tubuh

Hormon estrogen terdapat pada wanita dan pria dalam jumlah tertentu. Umumnya, hormon estrogen akan meningkat jumlahnya pada wanita saat menarche (periode menstruasi pertama kali saat masa pubertas) hingga menopause (berhentinya periode menstruasi setelah usia reproduksi selesai).

Manfaat Hormon Estrogen

Hormon Estrogen pada Berbagai Organ Tubuh

  • Fungsi utama estrogen adalah perkembangan karakteristik seksual sekunder pada wanita, seperti pada pigmentasi puting payudara, pertumbuhan bulu ketiak, pinggang yang membesar, menyempitnya bahu, pertumbuhan endometrium, dan pengaturan siklus menstruasi.
  • Estrogen dapat membuat rambut menjadi lebih halus, serta pita suara menjadi lebih kecil untuk menghasilkan suara yang tinggi.
  • Estrogen membantu penurunan laju peningkatan tinggi badan pada wanita selama masa purbertas, membantu membakar lemak di dalam tubuh, dan mengurangi massa otot. Namun, estrogen membantu penyimpanan lemak di area paha dan pinggul, sehingga tubuh wanita lebih berbentuk. Adapun, pada pria, estrogen membantu pematangan sel sperma dan menjaga libido.
  • Estrogen juga membantu menstimulasi pertumbuhan dinding uterus (endometrium) selama siklus menstruasi, membantu peningkatan pertumbuhan uterin, meningkatkan lubrikasi vagina, serta mempertebal dinding vagina saat saat terjadi peningkatan pembuluh darah pada kulit. Dalam hal ini berarti estrogen memproduksi lingkungan yang sesuai untuk fertilisasi, implantasi, dan nutrisi bagi embrio.
  • Estrogen membantu menstimulasi pertumbuhan folikel ovum
  • Estrogen membantu menstimulasi pertumbuhan vagina seperti orang dewasa, dan meningkatkan keasaman vagina sehingga mengurangi infeksi bakteri.
  • Estrogen berpean dalam pertumbuhan dinding tuba falopi yang berotot dan tebal dan kontraksi yang mengakibatkan transport sel dan sel sperma.
  • Estrogen bahkan meningkatkan dan memelihara membrane mukosa pada uterus, meningkatkan aliran darah, kandungan protein, dan aktivitas enzim menuju endometrium. Estrogen menstimulasi otot di dalam uterus untuk terus berkembang dan berkontraksi. Kontraksi ini akan membantu kelahiran bayi dan membantu dinding uterus dalam melepaskan jaringan mati selama menstruasi.
  • Estrogen membantu menghentikan aliran ASI dari payudara ibu apabila bayi sudah tidak menyusui
  • Estrogen dapat menekan aktivitas kelenjar di kulit yang memproduksi substansi berminyak sehingga mengurangi timbulnya jerawat pada wanita.

Manfaat Hormon Estrogen pada Berbagai Parameter Biokimia

  • Estrogen dapat mengurangi resorpsi tulang dan meningkatkan pembentukan tulang.
  • Estrogen membantu sintesis protein, meningkatkan produksi hepatik dari protein yang terikat, protein koagulasi seperti faktor II, VII, IX, X, dan plasminogen. Estrogen juga meningkatkan adhesivitas platelet dan mengurangi antitrombin III.
  • Estrogen meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan trigliserida, serta menurunkan LDL dan meningkatkan deposisi lemak. Manfaat kolesterol HDL adalah membantu untuk membersihkan pembuluh darah dari kotoran atau benda asing yang berasal dari luar tubuh.
  • Pada cairan dan elektrolit, estrogen dapat mengakibatkan retensi air dan garam (natrium). Dalam saluran gastrointestinal, estrogen akan mengurangi motilitas usus dan meningkatkan kolesterol pada asam empedu. Estrogen juga membantu meningkatkan fungsi paru-paru.
  • Estrogen membantu meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Manfaat insulin adalah mempengaruhi lemak di dalam tubuh dan mengatur glukosa dalam darah.
  • Estrogen dapat membantu menjaga temperatur tubuh, mengatur bagian otak yang berkaitan dengan perkembangan seksual, dan meningkatkan efek substansi kimia “feel-good” yang ada di otak

Hormon Estrogen pada Hormon Lain

  • Estrogen meningkatkan kortisol dan hormon seks yang terikat dengan globulin.
  • Estrogen meningkatkan pembentukan melanin dan feomelanin dan mengurangi eumelanin.

Hormon Estrogen pada Kanker

  • Estrogen membantu pertumbuhan dan pemeliharaan hormon yang sensitive terhadap kanker payudara

Hormon Estrogen pada Libido

  • Keinginan seksual bergantung pada kadar androgen dibandingkan dengan kadar estrogen

Hormon Estrogen pada Perkembangan Fetus

  • Estrogen membantu mengakibatkan diferensiasi fisik pada fetus, baik pada bayi laki-laki atau perempuan sebagai kode genetik bayi tersebut. Sementara itu, androgen dan testosteron menyebabkan maskulinisasi fetus, sedangkan estrogen membantu fetus berkembang menjadi feminin.

Hormon Estrogen pada Kesehatan Mental

  • Estrogen berpean penting dalam perkembangan mental seorang wanita. Penurunan kadar estrogen secara mendadak di dalam darah berkaitan dengan penurunan mood yang signifikan.

Hormon Estrogen pada Kulit

  • Selama beberapa tahun, estrogen dipercaya berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Estrogen meningkatkan kandungan kolagen dalam kulit dan kualitas kolagen, meningkatkan ketebalan kulit, dan suplai darah menuju kulit. Estrogen bertindak melalui reseptor estrogen yang terdapat pada kulit. Adapun jumlah reseptor estrogen bervariasi pada berbagai bagian tubuh. Kadar reseptor tertinggi dapat ditemukan pada wajah muka dan pada kulit paha serta payudara.

Hormon Estrogen pada Gangguan Jantung

  • Defisiensi estrogen dapat meningkatkan risiko gangguan jantung. Kekurangan estrogen seringkali sebagai penyebab aterosklerosis.

Estrogen Sintetik

Terdapat beberapa estrogen sintetik, yang umumnya digunakan pada pil KB dan untuk terapi penggantian hormon. Umumnya pada pil KB, estrogen akan dikombinasikan dengan hormon progesteron untuk mencegah terjadinya kehamilan. Adapun terapi penggantian hormon digunakan pada wanita yang telah menopause untuk mengembalikan kadar hormon estrogen menjadi kondisi normal. Salah satu contohnya adalah oestrogel (manfaat oestrogel : terapi penggantian hormon), dimana manfaat KB adalah menurunkan risiko terjadinya kanker serviks dan rahim.

Makanan yang Meningkatkan Kadar Estrogen

Berikut ini adalah beberapa makanan  yang dapat meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh adalah