10 Manfaat Gerakan Ayunan Tangan untuk Kesehatan

Senam merupakan salah satu jenis olahraga yang sebenarnya sangat mudah dilakukan namun ada banyak pilihan jenis senam yang bisa dipilih. Salah satu yang paling populer adalah senam aerobik. Sebenarnya apapun jenis senamnya ada banyak sekali gerakan-gerakan mendasar yang hampir sama dan salah satunya adalah gerakan ayunan tangan.

Manfaat Gerakan Ayunan Tangan

Walaupun terlihat sederhana ternyata ada banyak sekali manfaat gerakan ayunan tangan yang penting untuk Anda ketahui sehingga Anda bisa memanfaatkannya secara optimal.

  1. Melatih Kekuatan Otot-otot Lengan

Salah satu manfaat utama dari melakukan gerakan ayunan tangan adalah dapat membantu melatih kekuatan otot-otot lengan. Kebanyakan orang tidak terlalu perduli dengan kekuatan oto lengan mereka sampai mereka sering merasa cepat kelelahan ketika harus menggunakan otot-otot lengan mereka. Gerakan ini dapat membantu mengoptimalkan potensi otot lengan Anda.

  1. Melatih Daya Tahan Otot Lengan

Tak hanya membantu melatih kekuatan otot saja tapi juga dapat membantu melatih daya tahan otot lengan. Hal ini sangat penting jika Anda sering menggunakan otot-otot lengan Anda untuk bekerja. Kuat saja tidak akan cukup tapi juga harus memiliki daya tahan yang baik.

  1. Baik untuk Kesehatan Otot Bahu

Gerakan ayunan tangan yang mengharuskan Anda memutar lengan kedepan dan kebelakang sangatlah baik untuk melatih kesehatan otot bahu. Semua orang tahu bahwa otot bahu sangat rentan akan cedera, dengan memiliki otot bahu yang kuat tentunya dapat mengurangi risiko cidera, khususnya bagi Anda yang banyak melakukan aktifitas fisik.

  1. Membantu Mengatasi Pegal-pegal pada Bagian Punggung

Jika Anda sering mengalami pegal-pegal pada bagian punggung mungkin karena kelelahan bekerja atau stress berlebih coba lakukan gerakan ayunan tangan secara teratur karena ternyata dapat membantu mengatasi masalah pegal-pegal pada bagian punggung.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Gerakan sederhana seperti melakukan gerakan ayunan tangan ternyata juga sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah. Efek positif dari perederan darah yang lancar dapat membantu mengoptimalkan fungsi jantung dan mengurangi beberapa risiko seperti stroke dan serangan jantung.

  1. Melatih Pernafasan Menjadi Lebih Teratur

Ketika melakukan gerakan mengayunkan tangan Anda juga diharuskan untuk menarik nafas dan menghembuskannya secara teratur. Tanpa Anda sadari proses tersebut juga dapat membantu melatih pernafasan menjadi lebih teratur terutama bagi Anda yang memiliki beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem pernafasan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Jantung

Seperti yang disebutkan di beberapa poin di atas, manfaat gerakan ayunan tangan juga dapat membantu meningkatkan daya tahun jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung seperti jantung koroner, serangan jantung bahkan stroke.

  1. Membantu Membakar Lemak

Banyak orang mengeluh tentang berat badan mereka yang selalu naik padahal sudah mengatur pola makan secara sehat. Padahal yang menjadi masalah adalah bukan pola makan tapi kurangnya berolahraga. Sayangnya banyak orang mengaku tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Gerakan mengayunkan tangan sangat mudah dilakukan dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga tidak ada alasan lagi tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga.

  1. Menjaga Sistem Imun

Ketika sistem metabolisme tubuh berfungi secara optimal mulai dari sistem pernafasan, peredaran darah serta jantung juga bekerja secara optimal maka otomatis sistem imun juga bekerja secara maksimal. Melakukan gerakan sederhana ini dapat membantu menjaga sistem imun dan mencegah Anda mudah terserang penyakit.

  1. Solusi Mudah untuk Berolahraga

Seperti yang sudah disebutkan di atas banyak sekali orang beranggapan bahwa berolahraga memerlukan waktu khusus dan tempat khusus. Padahal dengan melakukan gerakan sederhana seperti mengayunkan tangan sudah memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan Anda mulai dari menjaga sistem imun sampai mengoptimalkan fungsi organ jantung dan pernafasan.

Cara Melakukan Gerakan Ayunan Tangan

Setelah mengetahui manfaat gerakan ayunan tangan tentunya Anda ingin tahu bagaimana cara melakukan gerakan ayunan tangan yang benar agar dapat mendapatkan manfaat secara optimal.

  • Pilih lokasi yang menurut Anda nyaman dan tidak mengganggu ketika Anda harus menggerakkan tangan. Namun lokasi terbaik adalah di halaman terbuka dan dilakukan tanpa mengenakan alas kaki.
  • Berdiri tegak, pandangna lurus kedepan dengan kaki dibuka sebahu agar ketika melakukan gerakan ayunan tangan tubuh tetap seimbang.
  • Mulailah gerakan ayunan tangan dengan memutar tangan kearah belakang dengan posisi telapak tangan menghadap kedepan.
  • Pastikan yang diputar adalah otot bahu untuk hasil yang optimal dan bukan siku.
  • Tambah kecepatan jika diperlukan dan lakukan dengan santai dan relax.

Untuk melakukannya tidak perlu lama-lama cukup 10 sampai 15 menit saja sehari sehingga tentunya tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak ingin berolahraga. Namun tentunya walaupun banyak manfaat gerakan ayunan tangan, kebutuhan kesehatan setiap orang berbeda-beda. Mungkin Anda bisa mengkombinasikan gerakan ayunan tengan dengan gerakan melompat kedepan dan kebelakang.

,
Oleh :
Kategori : Olahraga