8 Manfaat Garam untuk Ruangan dan Rumah Tinggal

Garam merupakan salah satu bumbu masakan yang lumrah ditemukan di dapur di setiap rumah. Bicara soal manfaat, ada banyak sekali manfaat garam untuk kehidupan manusia tak hanya sebagai penyedar rasa karena rasa asinnya akan menambah rasa gurih pada masakan, tapi garam juga bisa digunakan sebagai pengawet alami seperti dalam pembuatn ikan asin.

Jenis dan Asal Garam

Garam pada umumnya berasal dari laut lewat proses penguapan sehingga ketika air menguap tersisa garam-garam yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Namun seiring dengan perkembangannya ada pula jenis-jenis garam yang didapat dari hasil penambangan di gunung yaitu mineral-mineral garam yang membeku.

Manfaat Garam untuk Kehidupan

Selain untuk menambah rasa gurih pada masakan ternyata masih banyak sekali manfaat lain dari garam untuk kehidupan sehari-hari seperti untuk mandi karena manfaat mandi air garam sangat baik untuk kulit dan kecantikan tapis elain itu ada juga manfaat garam untuk ruangan dan rumah tinggal yang perlu diketahui.

  1. Membersihkan Vas Bunga Kaca

Saat ini memang banyak sekali jenis dari produk pembersih untuk perabotan namun tahukan Anda bahwa yang alami tetap yang terbaik. Contohnya pada vas bunga kaca, sisa-sisa dari tanaman yang kering yang menempel, air yang menguning ternyata bisa meninggalkan bekas-bekas permanen pada permukaan kaca sehingga membuatnya terlihat kotor padahal sudah dibersihkan. Tapi aplikasikan garam dan rendam sesaat vas bunga kaca tersebut lalu bersihkan maka noda-noda tersebut akan hilang secara menyeluruh. Jadi tak hanya manfaat garam bagi tanaman tapi juga untuk vas tempat menyimpan tanaman.

  1. Membersihkan Mebel

Banyak orang yang takut mengkonsumsi garam karena garam dianggap menjadi salah satu penyebab hipertensi. Well, tapi bukan berarti Anda anti garam sama sekali karena ada banyak manfaat lain dari garam selain untuk dikonsumsi dan salah satunya adalah untuk membersihkan mebel di rumah Anda. Debu yang menumpuk, noda-noda yang entah dari mana asalnya dapat membuat mebel Anda menjadi terlihat kusam sementara mencucinya dengan sabun bukan pilihan yang tepat. Garam bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda-noda tersebut tanpa merusak mebel Anda.

  1. Membersihkan Karpet dari Tumpahan Cairan

Penempatan karpet pada suatu ruangan akan memberikan sentuhan estitika yang baik. Namun salah satu risiko meletakkan karpet di ruangan yang serign digunakan adalah maka karpet tersebut juga berisiko tinggi terkena tumpahan cairan. Tidak perlu risau jika Anda tidak tahu bagaimana cara mencuci karpet, karena noda-noda tumpahan tersebut bisa dihilangkan dengan memanfaatkan air laruta garam.

  1. Membersihkan Noda di Cangkir Beling

Memiliki koleksi cangkir beling yang cantik-cantik bisa saja menjadi hobi Anda. Namun untuk apa mengoleksi cangkir-cangkir cantik tersebut jika tidak digunakan. Tapi jika digunakan, noda kopi dan teh akan merusak kecantikan koleksi cangkir beling Anda. Well, tidak perlu khawatir lagi karena ternyata garam juga bisa digunakan untuk membersihkan noda-noda pada cangkir yang biasanya disebabkan oleh residu dari kopi, teh ataupun jenis minuman lain. Selain garam, ada juga manfaat baking soda yang hampir serupa dengan garam.

  1. Membersihkan Dapur

Membersihkan dapur bisa menjadi pekerjaan yang paling berat dibandingkan dengan membersihkan kamar tidur, ruang keluarga ataupun ruang tamu. Karena di dapur segala jenis residu akibat proses memasak bisa saja tertinggal dan menempel seperti tumpahan atau tetesan kecap, cipratan minyak goreng dan masih banyak lagi. Noda-noda tersebut sangat tidak mudah untuk dibersihkan apalagi jika sudah menempel di dinding atau perabotan di dapur. Ternyata garam bisa digunakan untuk membersihkan dapur agar bersih kembali.

  1. Mengikis Karat

Seperti halnya dengan manfaat baking powder dan baking soda, manfaat garam batu juga ternyata bisa digunakan untuk mengikis karat. Karat bisa saja mampir pada barang-barang berbahan dasar besi yang lama tak digunakan tapi bisa juga menempel pada peralatan rumah tangga yang sering terkena air seperti peralatan memasak. Tidak mudah untuk membuang karat-karat tersebut secara manual tanpa merusak peralatannya, tapi dengan menggunakan garam, karat bisa dikikis, peralatan memasak tetap aman.

  1. Membersihkan Kaca Jendela Rumah

Apakah Anda ingin memiliki jendela rumah yang bersih dan sehat tanpa perlu membayar jasa pembersih? Well, manfaatkan saja garam. Kandungannya bisa membantu membersihkan noda-noda yang menempel di kaca sekaligus membunuh kuman-kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kepada keluarga Anda.

  1. Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

Jika Anda memiliki bathup di rumah dan bingung bagaimana cara membersihkannya secara teratur agar tidak meninggalkan noda-noda yang tidak enak dipandang mata. Cobalah sering-sering mandi menggunakan garam laut, selain dapat sekaligus mencegah noda-noda kuning menempel pada bathup, manfaat air garam juga sangat baik untuk peremajaan kulit sehingga Anda juga dapat menghemat biaya perawatan untuk kulit.

Ada pula yang mengatakan bahwa dengan menempatkan garam pada ruangan dapat menghindarkan penghuninya dari aura-aura negatif. Well, hal tersebut sebenarnya kembali lagi ke kepercayaan masing-masing, yang jelas terlepas dari suatu rumah memiliki aura negatif atau tidak tapi memang dengan memanfaatkan garam untuk memperbaiki kualitas suatu ruangan maka akan memberikan banyak sekali manfaat atau dampak positif bagi penghuninya.