7 Manfaat Daun Sembung untuk Keputihan – Pengobatan dan Pencegahan

Masyarakat Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan daun sembung beserta manfaatnya. Daun sembung merupakan tanaman perdu yang memiliki nama ilmiah Blumea balsamifera yang pada umumnya memang dapat tumbuh dengan mudah di wilayah tropis seperti di Indonesia. Secara umum daun sembung memang sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah masalah keputihan.

Apa itu Keputihan?

Setiap wanita pasti pernah mengalami yang namanya keputihan karena memang kondisi ini tergolong normal karena pada dinding vagina terdapat kelenjar yang memang berfungsi memproduksi cairan berwarna putih yang sering dikenal dengan istilah keputihan untuk menjaga kesehatan organ intim. Walaupun memang ada juga kondisi keputihan yang tidak normal dimana biasanya cairan yang keluar berwarna dan berbau yang bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi bakteri, jamur, penggunaan antibiotik dan lain-lain. Jika demikian penanganan khusus diperlukan.

Manfaat Daun Sembung untuk Keputihan

Salah satu manfaat daun sembung yang perlu Anda ketahui adalah bahwa ternyata daun ini sangat efektif untuk mengatasi masalah keputihan secara tradisional, selain tanpa efek samping, daun sembung juga sangat mudah ditemukan di Indonesia.

  1. Mengandung Anti Bakteri

Salah satu ciri keputihan yang disebabkan oleh bakteri biasanya berbau, cairannya agak kental dan biasanya berwarna. Jika tidak segera ditangani, keputihan akibat bakteri bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi penyakit termasuk ISK atau infeksi saluran kencing. Jika demikian maka harus menggunakan antibiotik. Kandungan anti bakteri pada daun sembung dapat membantu mengatasi masalah keputihan ini dengan lebih efektif dan alami serta tanpa efek samping.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Kandungan anti inflamasi pada daun sembung juga dapat membantu mengatasi gejala yang disebabkan oleh keputihan. Adanya infeksi biasanya membuat organ intim menjadi gatal atau membengkak dan kandungan anti inflamasi dapat membantu mengatasi hal tersebut.

  1. Kaya Kandungan Antioksidan

Kandungan antioksidan pada daun sembung termasuk cukup tinggi. Antioksidan merupakan salah satu senyawa aktif yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan terutama terhadap gejala yang disebabkan oleh faktor-faktor penyebab keputihan terutama ketika sedang masa penyembuhan sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi lanjutan.

  1. Mengandung Kandungan Anti Kanker

Menurut penelitian salah satu efek samping dari keputihan yang tidak segera ditangani adalah dapat menyebabkan kanker serviks. Penggunaan daun sembung untuk mengatasi keputihan tak hanya berfungsi untuk menyembuhkan keputihan yang tidak normal tapi kandungan anti kankernya juga dapat membantu mengurangi risiko kanker serviks.

  1. Dapat Mengatasi Gatal

Salah satu gejala yang ditimbulkan dari keputihan yang tidak normal adalah rasa gatal yang dirasakan di sekitar organ intim. Rasa gatal tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Biasanya dibandingkan gejala lain seperti berbau atau berwarna, rasa gatal yang disebabkan oleh keputihan yang tidak normal ini bisa sangat menggangu sekali. Daun sembung merupakan salah satu solusi alami dan efektif untuk mengatasinya.

  1. Sebagai Diuretik

Seperti yang disebutkan pada poin nomer 1 salah satu efek samping dari keputihan yang tidak normal adalah dapat menyebabkan suatu kondisi yang dikenal dengan istilah ISK. Sebagai diuretik, daun sembung dapat membantu mencegah terjadinya masalah ISK karena sebagai diuretik, daun sembung dapat membantu meningkatkan intensitas pengeluaran cairan sehingga dapat membantu membersihkan organ kewanitaan.

  1. Baik untuk Kesehatan Organ Kewanitaan

Salah satu penyebab keputihan yang tidak normal adalah adanya infeksi akibat bakteri. Penyebabnya bisa macam-macam tapi pada umumnya karena kurang menjaga kebersihan organ intim. Daun sembung yang mengandung anti bakteri serta dapat membantu mengatasi rasa gatal dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Selain mengobati, mencuci organ kewanitaan dengan air daun sembung dapat membantu mencegah keputihan.

Cara Membuat Ramuan Daun Sembung untuk Mengatasi Keputihan

Setelah mengetahui manfaat daun sembung untuk keputihan tentunya mengetahui cara yang tepat untuk mengolahnya juga sangat penting agar dapat memanfaatkan seluruh kandungan yang terdapat dalam daun sembung untuk mengatasi masalah keputihan secara optimal.

Bahan:

  • 5 lembar daun sembung
  • 2 gelas air
  • Madu secukupnya

Cara Membuat:

  • Pertama-tama cuci bersih daun sembung.
  • Didihkan dua gelas air dan masukkan daun sembung.
  • Biarkan sampai air menyusut menjadi hanya tinggal satu gelas.
  • Setelah itu dinginkan sebentar dan boleh tambah madu untuk mengkonsumsinya.

Saat ini ada banyak sekali cara untuk mengatasi masalah keputihan mulai dari cara modern menggunakan obat-obatan sampai cara tradisional seperti menggunakan daun sembung. Namun yang terpenting dari mengatasi masalah keputihan adalah agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan organ kewanitaan. Selain diminum daun sembung juga bisa digunakan secara teratur sebagai air cebokan karena kandungan anti bakterinya baik untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan bebas dari bakteri dan jamur yang merupakan salah satu faktor utama penyebab keputihan.