Inilah 7 Manfaat Bunga Pacar Air bagi Kesehatan dan Obat Herbal Mujarab

Bunga pacar air atau yang dikenal sebagai Kamantigue adalah tanaman yang sering dijumpai pada pekarangan rumah masyarakat sekitar. Bunga ini berasal dari negara Asia Selatan dan Tenggara. Berbagai kandungan pada bunga pacar air berfungsi untuk meningkatkan kesehatan manusia, yang mencakup pelargonidin, malvidum, antocyanin, kaemperol, kuercetin, delphinidin, monoglycosine, cyanidin, kumarin, flavonoid, kuinon, saponin, dan steroid.

Berikut ini adalah manfaat bunga pacar air, yaitu:

  • Menyembuhkan rematik

Rematik merupakan suatu penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit akibat peradangan pada otot atau persendian, yang umum terjadi pada orang yang telah berusia di atas 40 tahun. Penyakit ini dapat diobati dengan cara mengambil bunga pacar air secukupnya, dihaluskan, dan ditempelkan pada bagian sakit. Bunga ini dipercaya dalam menangani penyakit reumatik. Selain itu, konsumsi sirsak juga akan membantu, sebab manfaat sirsak untuk asam urat dan reumatik berdasarkan pada kandungan seratnya.

  • Mengatasi nyeri haid dan melancarkan haid

Bunga pacar air dapat melancarkan haid.  Hal ini dapat dilakukan dengan mengambil sedikit akar dan 10 gram biji bunga pacar air, kemudian ditambahkan sedikit temu putih, yang direbus bersamaan dengan 400 ml air hingga tersisa 200 ml. Selanjutnya, disaring dan air diminum segelas dalam sehari. Tanaman ini bahkan dapat menghilangkan rasa nyeri yang dialami saat  haid.

  • Menghilangkan keputihan

Keputihan umum terjadi pada wanita, Bunga pacar air diketahui dapat menghilangkan keputihan, yang dapat dilakukan dengan cara mengambil sebanyak 15 – 30 gram daun segar dari tanaman pacar air dan direbus dengan sejumlah tiga gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas. Selanjutnya, disaring dan diminum airnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka lakukan dalam 2 kali sehari.

  • Kanker saluran pencernaan

Kanker saluran pencernaan dapat dilakukan dengan cara mengambil biji dari bunga pacar air sebanyak 15 gram, selanjutnya direbus dengan tiga gelas air, hingga tersisa 1 gelas air. Selanjutnya, disaring dan diminum airnya. Hal ini dilakukan sebanyak 2 kali sehari.

  • Tekanan darah tinggi

Bunga pacar air dipercaya dapat bermanfaat sebagai obat bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) karena membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan mengambil 10 gram bunga pacar air dan ditambahkan 10 gram daun seledri. Selanjutnya, direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas air, lalu disaring. Hasil saringan diminum. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka lakukanlah dalam 2 kali sehari. Selain itu, konsumsi buah naga juga akan membantu. Manfaat buah naga untuk darah tinggi adalah menurunkan kadar kolesterol.

  • Pembengkakan akibat benturan

Bunga pacar air dapat digunakan untuk memperbaiki tulang retak dan mengobati luka memar (bengkak) akibat pukulan atau benturan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengambil 10 gram bunga pacar air, dihaluskan, dan ditambahkan arak putih secukupnya dan ditempel pada bagian yang bengkak. Cara seperti ini dapat meringankan rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan pada bagian yang bengkak.

  • Mengatasi gigitan serangga

Bunga pacar air diketahui dapat menyembuhkan rasa sakit yang dialami oleh seseorang akibat tergigit serangga atau ular yang tidak berbisa, yaitu dengan mengambil bunga pacar air, dihaluskan, dan ditempelkan pada bagian yang tergigit oleh serangga.

  • Melancarkan persalinan

Apabila Anda sedang mengalami kehamilan, maka biji bunga pacar air dapat membantu melancarkan persalinan. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, yaitu sebanyak 10 gram biji pacar air direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, kemudian disaring dan diminum airnya. Selain itu, bunga pacar air juga dapat mengatasi pendarahan pada saat melahirkan. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

  • Mengatasi radang usus untu

Bunga pacar air dapat berguna bagi penderita usus buntu dengan merebus 30 gram bunga pacar air bersamaan dengan 30 gram daun sambiloto dalam 3 gelas air. Selanjutnya, lakukan perebusan hingga tersisa 1 gelas, disaring, dan diminum airnya. Hal ini dapat dilakukan secara rutin untuk mengobati radang usus buntu. Konsumsi yakult juga akan membantu karena manfaat yakult untuk usus buntu adalah melindungi usus.

  • Mengatasi leher kaku

Leher atau rasa nyeri pada leher dapat teratasi dengan penggunaan bunga pacar air. Bunga pacar air dihaluskan dan ditempelkan pada bagian leher yang sakit, sebab dapat meringankan rasa sakit yang dialami.


  • Menyembuhkan bisul

Bunga pacar air dipercaya dapat ampuh dalam mengobati berbagai penyakit bisul. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu mengambil sebanyak 15 gram bunga pacar air yang segar, kemudian ditambahkan dengan 5 lembar daun cocor bebek segar, dihaluskan, dan ditempelkan pada bagian bisul. Hal ini akan membantu proses penyembuhan bisul dengan cepat.

Adapun manfaat lainnya dari bunga pacar air adalah:

  • Tumor usus
  • Usus buntu
  • Menurunkan kolesterol
  • Kaku pinggang
  • Tarsuga (terkena duri ikan di tenggorokan)
  • Sigurdongon (peradangan di pinggir kuku)
  • Merangsang pertumbuhan rambut
  • Pewarnaan kuku, seperti kuteks
  • Sebagai pembungkus kuku yang patah dan robek
  • Mengobati ruam
  • Mengobati gigitan ular dan neuralgia interkostal

Berbagai manfaat bunga pacar air sangat penting untuk kesehatan manusia. Oleh karena itu, kenapa tidak memulai mengonsumsi bunga pacar air dalam rangka menjauhkan tubuh dari berbagai zat kimia yang berguna dalam proses pengobatan?

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal