8 Manfaat Daun Rendeng dan Orang Yang Tidak Boleh Mengonsumsinya

Daun rendeng merupakan tanaman yang termasuk dari keluarga tanaman peterseli, dan biasanya tumbuh dikawasan asia, afrika, dan india. Tanaman ini memiliki segudang manfaat yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang, namun tanaman ini sering digunakan sebagai obat tradisional di beberapa negara tertentu.

Selain bermanfaat sebagai obat, daun rendeng juga sering dijadikan bahan masakan di beberapa negara. Kali ini saya akan menjelaskan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun yang satu ini.

Manfaatnya Bagi Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting bagi manusia, karena kita tidak tahu pasti kapan kita akan sakit akan tetapi setidaknya kita bisa menjaga agar bisa terhindar dari penyakit, dan setiap penyakit itu ada obatnya mulai dari obat kimia sampai obat yang alami salah satunya seperti daun rendeng ini. Berikut manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi tanaman ini, diantaranya :

1. Sangat Efektif Dalam Penyembuhan Luka

Selain manfaat madu untuk mengobati luka, ternyata Daun ini dapat membantu proses sintesis kolagen dan proliferasi sel yang sangat berperan dalam penyembuhan luka pada tubuh. Kamu bisa menggunakannya sebanyak 3 kali setiap hari dengan menumbuk halus daun tersebut kemudian dilubarkan ke bagian luka, atau bisa juga dengan merebus lalu meminum airnya.

jika kamu tidak memiliki bahan-bahan herbal seperti itu maka kamu dapat memanfaatkan manfaat revanol yang dapat kamu beli di apotek, karena manfaat revanol salah satunya dapat menyembuhkan luka. Namun hanya penggunaan luka luar saja.

2. Mengobati Penyakit Kecemasan

Anxiety disorder merupakan penyakit gangguan kecemasan yang berlebih tanpa adanya suatu sebab atau alasan kuat, yang biasanya akan sangat menganggu kehidupan sehari-hari para pengidapnya.

Dalam edisi journal yang dilansir dari “The Nepal Medical College Journal” para peneliti mengungkapkan bahwa mungkin daun rendeng dapat berguna untuk mengobati gangguan kecemasan.

3. Kandungan Antioksidan Yang Kuat

Kita tahu bahwa antioksidan dapat mencegah atau memperlambat proses masuknya radikal bebas kedalam tubuh. Didalam daun rendeng banyak mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga menghindarkan kita dari penyakit-penyakit berbahaya yang dihasilkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas jika terus terusan tidak di detok atau tidak dibersihkan justru dapat menjadi penyebab utama penyakit terjadi. Dengan demikian gunakan antioksidan dengan memanfaatkan daun rendeng ini agar kamu mendapatkan manfaat antioksidan yang biak untuk tubuh.

Orang Yang Tidak Boleh Mengkonsumsi Daun Rendeng

Walaupun daun ini cukup baik untuk kesehatan, ada juga beberapa orang dengan kondisi tertentu yang tidak bisa mengkonsumsi tanaman ini. Berikut orang yang tidak boleh mengkonsumsi daun rendeng :

1. Orang Yang Sedang Menjalani Bedah

Sebisa mungkin dua minggu sebelum operasi telah dijadwalkan untuk tidak mengkonsumsi daun ini, hal ini dikarenakan daun ini dapat menyebabkan kantuk yang dihasilkan akibat tercampurnya obat-obatan yang digunakan selama bedah dengan daun rendeng yang sudah dikonsumsi.

2. Orang Yang Punya Penyakit Hati

Bukan sakit hati ya, penyakit hati disini seperti hepatitis karena mengkonsumsi daun rendeng juga ada kemungkinan dapat merusak organ hati sehingga sangat tidak dianjurkan bagi penderita penyakit hati untuk mengkonsumsi daun ini.

Itulah tadi manfaat yang bisa didapatkan dari daun rendeng untuk kesahatan kita. Usahakan untuk berhati-hati kalau perlu bertanya dulu kepada dokter bagaimana langkah yang baik dalam menggunakan obat herbal semacam ini. Maka manfaatkanlah dengan baik apa yang ada disekitar mu karena hampir semua dedaunan memiliki manfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal