7 Manfaat Daun Ceri untuk Asam Lambung

Pohon ceri di Indonesia agak sedikit berbeda dengan ceri yang dikenal di dunia karena ceri di Indonesia identik dengan pohon kersen yaitu pohon rindang yang memiliki buah berwarna merah berukuran kecil mirip ceri. Kersen sendiri merupakan salah satu pohon yang banyak ditemui di halaman karena memang rasa buahnya yang manis dan manfaat tanaman kersen yang banyak sekali bagi kesehatan terutama untuk asam lambung.

Apa Itu Asam Lambung?

Asam lambung merupakan kondisi dimana dada terasa nyeri dikarenakan asam lambung yang naik ke tenggorokan dan gejala ini seringkali disalahartikan sebagai serangan jantung. Kondisi ini memang tidak mematikan namun harus ditangani dengan benar agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Adapun penyebab utama dari penyakit ini adalah karena ada masalah refleksitas otot bagian bawah sehingga asam lambung kembali masuk ke kerongkongan dan kondisi ini disebabkan karena kondisi seperti obesitas atau kelebihan berat badan serta pada orang lanjut usia.

Manfaat Daun Ceri untuk Asam Lambung

Tak hanya pada penderita obesitas dan orang lanjut usia, ibu hamil pun rentan dengan penyakit ini jadi dibutuhkan solusi alami untuk mengatasinya walaupun banyak sekali obat-obatan di pasaran yang dijual bebas untuk membantu mengatasi masalah asam lambung.

  1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Salah satu kandungan yang berperan aktif dalam membantu mengurangi risiko bahkan gejala asam lambung adalah kandungan antioksidan yang terdapat pada daun ceri. Manfaat antioksidan sendiri sangat penting dalam membantu menjaga daya tahan tubuh sehingga kondisi asam lambung tidak sering muncul.

  1. Kandungan Anti Inflamasi Mengurangi Peradangan

Peradangan atau inflamasi bisa menjadi salah satu penyebab utama munculnya gejala asam lambung. Menurut penelitian, salah satu manfaat daun cherry yaitu mengandung kandungan anti inflamasi yang ternyata sangat efektif dalam mengurangi gejala asam lambung bahkan menyembuhkan.

  1. Membantu Menetralkan Asam Lambung

Asam lambung di kondisi normal memang tidak membahayakan namun bisa juga sangat menganggu kesehatan apalagi aktifitas sehari-hari. Jika gejala asam lambung mulai muncul, Anda bisa mengkonsumsi rebusan daun ceri untuk membantu menetralkan asam lambung sehingga Anda dapat kembali beraktifitas.

  1. Tinggi Kandungan Mineral

Terdapat beberapa kandungan mineral dasar pada daun ceri yang dipercaya dapat membantu mengatasi masalah asam lambung. Diantaranya adalah fosfor dan zat besi. Menurut penelitian kandungan mineral pada daun cerilah salah satu solusi untuk mengurangi gejala asam lambung.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Sel Saraf

Seperti disebutkan di atas salah satu penyebab asam lambung adalah ketika refleks otot bagian bawah tidak berfungsi secara optimal hal ini ada hubungannya dengan regenerasi sel terutam sel saraf. Oleh karena itu asam lambung sering diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia.

  1. Tinggi Kandungan Vitamin C

Kandungan dan manfaat vitamin C yang tinggi pada daun ceri juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga gejala asam lambung dapat ditekan seminimal mungkin sehingga tidak sering muncul.

  1. Solusi Alami Mengobati Asam Lambung

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa daun ceri tak hanya dapat membantu mengurangi gejalanya tapi juga dapat membantu menyembuhkan asam lambung, bahkan yang kronis sekalipun.

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengkonsumsi daun ceri untuk mengobati asam lambung memang sudah terbukti secara klinis bahkan untuk penderita asam lambung kronis sekalipun. Namun tentu saja sebagai obat herbal tetap terdapat beberapa efek samping yang juga perlu diwaspadai.

Efek Samping Mengkonsumsi Daun Ceri

Terlepas dari banyaknya manfaat buah kersen bagi kesehatan baik buah dan daunnya untuk kesehatan terdapat beberapa faktor yang juga harus diwaspadai jika ingin mengkonsumsi daun ceri untuk kesehatan atau untuk mengobati asam lambung.

  • Sebelum mengkonsumsi daun ceri sebaiknya gosok-gosokkan dulu daun ceri ke kulit untuk melihat reaksinya karena daun ceri bisa juga menimbulkan reaksi alergi bagi mereka yang sensitif.
  • Daun ceri sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak karena walaupun mungkin dapat mengatasi masalah asam lambung namun pada sistem pencernaan anak, rebusan daun ceri justru dapat menyebabkan diare. Hal ini tak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang dewasa terutama jika mengkonsumsinya berlebih atau tidak sesuai dosis.
  • Salah satu efek samping langsung yang dapat dirasakan ketika mengkonsumsi daun ceri bagi yang tidak cocok adalah mual dan muntah. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya segera hentikan konsumsi dan menghubungi dokter karena ditakutkan hal ini bisa berujung pada diare yang bisa menyebabkan dehidrasi.

Buah ceri memang mengandung banyak sekali manfaat vitamin C dan dibuktikan dapat mengatasi masalah sakit kepala bahkan sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun berbeda dengan daun ceri, daun ceri sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena daun ceri mengandung zat antiseptik yang justru dapat menganggu perkembangan janin serta dapat menyebabkan keracunan janin.