15 Manfaat Daging Puyuh yang Kaya Zat Besi

Ayam dan bebek merupakan jenis unggas yang lumrah disantap oleh masyarakat Indonesia, sementara unggas dari golongan burung walaupun cukup banyak dikonsumsi tapi kepopulerannya tidak seperti ayam atau bebek. Namun di Indonesia ada satu jenis burung yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat yaitu burung puyuh.

Apa Itu Burung Puyuh?

Burung puyuh merupakan salah satu spesies burung yang banyak ditemui di Indonesia. Karakteristik burung ini walaupun bertubuh tidak terlalu besar namun bertubuh gemuk. Burung ini memakan biji-bijian serta serangga-serangga kecil. Karena sering dikonsumsi, burung puyuh saat ini sudah mulai diternakan walaupun tidak untuk dikonsumsi dagingnya, telur burung puyuh juga sangat digemari karena tinggi kandungan proteinnya.

Manfaat Daging Puyuh

Kebanyakan orang yang terbiasa mengkonsumsi unggas-unggas besar seperti ayam atau bebek pasti merasa kesulitan ketika harus mengkonsumsi burung puyuh yang berukuran kecil dengan tulang yang juga kecil-kecil. Namun ternyata bagi penggemar burung ini hal tersebut bukanlah masalah karena ternyata rasa burung ini yang sangat gurih dan lezat. Selain itu terdapat beberapa manfaat daging puyuh bagi kesehatan yang tidak didapat dari jenis unggas lain.

  1. Sumber Protein yang Baik

Daging unggas merupakan salah satu sumber dengan manfaat protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Walaupun terdapat dua jenis protein, hewani dan nabati namun untuk pembentukkan masa otot, protein hewani tetap pilihan terbaik.

  1. Tinggi Kandungan Zat Besi

Daging burung puyuh walaupun berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan unggas lainnya, ternyata cukup tinggi mengandung zat besi. Manfaat zat besi tentunya cocok bagi para penderita anemia untuk mengatasi gejalanya.

  1. Kandungan Lemaknya Lebih Rendah

Salah satu keuntungan lebih dari daging burung puyuh adalah kandungan lemaknya yang relativf lebih rendah dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

  1. Cocok untuk Diet

Seperti disebutkan pada poin sebelumnya dimana kandungan lemak burung puyuh relatif rendah itu artinya mengkonsumsi burung ini cocok bagi Anda yang saat ini sedang melakukan diet penurunan berat badan.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa burung puyuh mengandung mineral seperti zat besi dan potasium yang ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Tinggi Kandungan Vitamin A

Seperti halnya manfaat daging ayam atau daging bebek, daging burung puyuh juga ternyata tinggi kandungan vitamin A. Manfaat vitamin A sangatlah penting untuk sistem saraf serta dapat membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan degenerasi sel.

  1. Mengandung Vitamin E Baik untuk Kulit

Tak hanya vitamin A, dengan mengkonsumsi burung puyuh Anda juga bisa mendapatkan manfaat vitamin E yang optimal serta baik untuk kesehatan kulit.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Sebagai unggas, burung puyuh sangat tinggi kandungan fosfor dan kalsiumnya. Hal ini tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta direkomendasikan untuk anak-anak ketika masa pertumbuhan.

  1. Dapat Membantu Mengatasi Beberapa Masalah Pernapasan

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa ternyata burung puyuh mengandung senyawa yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah pernapasan dengan cara menstimulasi rongga pernafasan agar lebih lapang.

  1. Mengoptimalkan Regenerasi Sel

Salah satu manfaat vitamin E yang terkandung dalam daging burung puyuh adalah untuk mengoptimalkan regenerasi sel sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat dan dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan degenerasi sel.

  1. Memperbaiki Sistem Imun

Mengkonsumsi daging puyuh ketika sedang sakit juga ternyata dapat membantu mempercepat pemulihan karena daging burung puyuh mengandung senyawa yang dapat membantu memperbaiki sistem imun dan membuatnya bekerja secara optimal.

  1. Nutrisi untuk Otak

Beberapa penelitian pada telur burung puyuh menyebutkan bahwa kandungan kolin yang terkandung di dalamnya merupakan super food untuk otak karena dapat meningkatkan daya ingat.

  1. Sumber Energi yang Baik

Kandungan dan manfaat vitamin B bagi tubuh terutama vitamin B2 yang terkandung dalam burung puyuh dapat mengoptimalkan penyerapan karbohidrat dan merubahnya menjadi sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat beraktifitas dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Karena tinggi kandungan vitamin A dan vitamin E-nya, mengkonsumsi burung puyuh ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki mata minus mengkonsumsi burung puyuh secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Karena tinggi kandungan vitamin dan mineralnya, salah satu manfaat burung puyuh justru sangat direkomendasikan untuk ibu hamil karena tinggi kandungan protein, fosfor serta kalsiumnya yang krusial selama masa kehamilan.

Manfaat daging puyuh ternyata sangat banyak dan rasa daging burung puyuh yang juga sangat enak dan gurih. Mengkonsumsinya dengan porsi yang tepat tentunya akan memberikan banyak sekali manfaat kesehatan namun bagi Anda penderita penyakit jantung dan memiliki masalah dengan kadar kolesterol darah, harus sangat hati-hati ketika mengkonsumsi daging burung puyuh karena walaupun rendah lemak dan relative baik untuk kesehatan jantung, mengkonsumsinya secara berlebih tetap akan mendatangkan efek yang buruk bagi kesehatan.