14 Manfaat Bunga Serai Merah Bagi Kehidupan Sehari-hari

Bunga serai merah merupakan bagian dari tanaman serai merah yang bentuknya menyerupai rumput dan ilalang. Selain itu, bunga serai merah juga mirip dengan bentuk biji padi atau biji gandum, namun tidak berbiji serta memiliki berat yang ringan dan terasa halus.

Kandungan Bunga Serai Merah

Bunga serai merah dikenal memiliki beragam manfaat, termasuk sebagai antimikroba untuk mengurangi keputihan dan menghilangkan bau mulut (serupa dengan manfaat sereh wangi). Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat dalam bunga serai merah, yaitu alkaloid, saponin, tanin, dan flavonoid. Kandungan kimia lainnya yang terkandung adalah eugenol, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokaterol, karvakrol, minyak atsiri, pcymene, cineole, kadimen estragol, terpene, dan fenil propada.

Manfaat Bunga Serai Merah

Berikut ini adalah 14 manfaat bunga serai merah, yaitu:

  • Sebagai bahan makanan

Bunga serai merah telah dimanfaatkan secara luas sebagai bahan makanan. Bunga serai dapat menimbulkan cita rasa yang nikmat sehingga makanan lebih enak dan sedap untuk dikonsumsi.

  • Menghangatkan tubuh

Bunga serai merah dipercaya dapat membantu menghangatkan tubuh. Caranya sangat mudah, yaitu tanaman direbus hingga mendidih. Setelah itu, ditambahkan dengan gula merah, kemudian diminum setelah agak dingin. Campuran minuman ini akan membantu menghangatkan tubuh, terutama saat cuaca dingin.

  • Menyembuhkan diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada masyarakat Indonesia yang disebabkan virus atau bakteri yang mengganggu pencernaan. Air hasil rebusan bunga serai merah dapat menjadi obat yang dapat menyembuhkan diare.

  • Tanaman hias

Bunga serai merah juga dapat dijadikan sebagai bunga hias. Dalam memperlakukan bunga hias, hanya cukup merawat dan menata bunga serai merah agar lebih indah dan enak dipandang. Manfaat tanaman hias secara umum adalah membantu mengurangi stres dan menyegarkan ruangan.

  • Memperlancar bisnis

Bunga serai merah dipercaya dapat membantu memperlancar bisnis seorang wirausahawan. Bunga serai merah dipercaya merupakan salah satu tanaman bertuah. Bunga serai merah dipercaya menjadi jimat untuk memperlancar bisnis dari pemiliknya.

  • Penangkal ilmu pemikat

Indonesia masih lekat dengan dunia supranatural dan masih memiliki dampak yang kuat pada kehidupan sehari-hari. Hal ini ditunjukkan dengan mantra supranatural yang sudah sangat dikenal dengan baik terkait dengan kekuasaan, pemikat, pengasih, dan lainnya. Bunga serai merah ini juga dikenal mampu menangkal berbagai ilmu pemikat dan supranatural.

  • Kekuasaan

Bunga serai merah dikenal memiliki kemampuan untuk membantu seseorang dalam meraih kekuasaan. Hal ini masih sangat terkait dengan kemampuan supranatural.

  • Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang dapat membahayakan tubuh, serta dapat merenggut nyawa seorang manusia. Kandungan yang terdapat dalam bunga serai merah dapat berguna untuk mencegah kanker. Kandungan yang dimaksud adalah sifat antioksidannya. Manfaat antioksidan begitu beragam, termasuk mencegah berbagai penyakit. Hal ini dapat dibuktikan dengan mengonsumsi bunga serai merah sekitar 100 gram. Senyawa dalam serai merah diketahui dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat teh serai yang dihasilkan dari bunga serai merah seringkali membantu mengatasi gangguan pencernaan, termasuk sakit perut, masuk angina, kram perut. Bunga serai merah ini juga dapat membantu mengeluarkan beragam gas dari lambung, serta mencegah pembentukan gas.

  • Detoksifikasi

Bunga serai merah diketahui memiliki sifat detoksifikasi. Manfaat detoksifikasi yang dihasilkan adalah membuang racun dari dalam tubuh. Bunga serai merah bahkan juga mampu meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini akan membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat diakibatkan oleh zat beracun dan asam urat yang mudah disingkirkan dari tubuh.


  • Sistem saraf

Minyak esensial yang dihasilkan dari bunga serai merah akan sangat efektifuntuk meningkatkan dan memperkuat fungsi sistem saraf. Minyak serai ini bahkan dapat dioleskan ke dalam permukaan tubuh untuk memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot, dan bahkan meredakan kejang.

  • Menurunkan tekanan darah atau sebagai obat hipertensi

Bunga serai merah diketahui bersifat efektif dalam menurunkan tekanan darah, menjaga sirkulasi darah dan menghilangkan berbagai masalah tekanan darah. Mengonsumsi teh yang dihasilkan dari bunga serai merah akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan bunga serai merah ini mampu menjadi analgesic yang akan membantu meredakan berbagai jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan rasa nyeri atau sakit pada tuubh. Apabila Anda mengalami sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, nyeri lutut, atau lainnya, maka bunga serai merah yang dicampurkan dengan lemon diharapkan akan sangat membantu. Bahkan, serai merah juga mampu mengurangi nyeri akibat haid dan menghindarkan rasa mual.

  • Menjaga kulit tetap indah

Bunga serai merah seringkali mampu menjadi bahan untuk menjaga kecantikan dan keindahan kulit. Bunga serai merah seringkali mampu mengurangi jerawat dan sebagai penyegar. Minyak serai merah yang dibalurkan di seluruh tubuh akan membantu memberikan efek menghangatkan tubuh.

  • Bahan pengusir nyamuk

Bunga serai merah dikenal mengandung citronella yang mampu memiliki bau yang begitu khas. Minyak wangi yang dihasilkan ini seringkali digunakan pada bayi sebagai pengusir nyamuk dan sebagai penghangat tubuh.

Demikian ulasan mengenai 14 manfaat bunga serai merah bagi kita, semoga artikel kali ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal