Manfaat Bunga Kitolod Untuk Mata Minus, Katarak dan Silindris

Apakah Anda pernah mendengar mengenai tanaman bunga kitolod? Tanaman ini biasanya tumbuh liar di semak-semak atau pekarangan di daerah yang berhawa sejuk. Tanaman liar ini memiliki daun yang memanjang, biasanya berukuran pendek dan memiliki bunga berwarna putih berbentuk seperti bintang. Walaupun tumbuh liar, tanaman kitolod ini memiliki khasiat untuk manusia terutama untuk kesehatan mata.

Banyak manfaat daun dan bunga kitolod pada kesehatan mata biasanya dimanfaatkan khasiat getahnya, untuk mengatasi berbagai macam gangguan dan penyakit mata. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja manfaat bunga kitolod untuk mata. Simak pembahasannya berikut ini.

Kandungan di dalam bunga kitolod

Sebelum dibahas lebih jauh mengenai khasiatnya untuk organ mata, perlu diketahui mengenai apa saja kandungan yang terdapat di dalam bunga kitolod. Bunga kitolod memiliki kandungan antioksidan, anti inflamasi dan anti bakteri yang cukup tinggi untuk mengatasi gangguan kesehatan mata. Ekstrak bunga kitolod mengandung senyawa seperti flavonoid, saponin, feifenol, alkaloid dan tanin.

Khasiat tanaman bunga kitolod untuk mata

Dengan beberapa kandungan bunga kitolod, tidak heran jika terdapat manfaat bunga kitolod untuk kesehatan mata dan membantu dalam mengatasi gangguan mata. Terdapat beberapa khasiat atau manfaat bunga kitolod untuk mata, seperti:

1. Membersihkan mata dari bakteri

Bakteri yang menempel di mata bisa ada karena adanya infeksi dari lingkungan atau lainnya, yang mana bisa menyebabkan penyakit mata. Jika dibiarkan saja infeksi bakteri pada mata ini bisa menimbulkan masalah yang lebih serius. Kandungan antibakteri dalam bunga kitolod bisa membersihkan mata dari bakteri, serta menghambat perkembangan bakteri.

2. Mencegah bertambahnya minus

Mata minus dapat dialami ketika kebiasaan mata yang tidak sehat dan kurangnya asupan vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Di samping mengkonsumsi makanan yang mengandung manfaat vitamin A untuk mata, untuk mencegah minus bertambah bisa memanfaatkan bunga kitolod.

3. Membantu penyembuhan katarak

Mata yang katarak akan mengakibatkan pandangan mengabur, karena terdapat selaput katarak yang melapisi mata, sehingga diperlukan pengobatan agar normal kembali. Kandungan di dalam bunga kitolod secara alami dapat membantu mengatasi gangguan mata satu ini, jika digunakan secara rutin dan telaten.

4. Meredakan nyeri pada mata

Nyeri pada mata bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti pegal bekerja di depan monitor, terpapar polusi, debu dan lain sebagainya. Seperti halnya manfaat obat mefinal untuk nyeri dan peradangan, bunga kitolod juga memiliki khasiat anti inflamasi atau anti radang untuk meredakan rasa nyeri pada mata.

5. Membantu mengatasi mata silindris

Di samping mengatasi mata minus, khasiat bunga kitolod juga dapat membantu mengatasi gangguan mata silindris. Mata silindris biasanya disebabkan karena keturunan atau kebiasaan yang kurang sehat misalnya membaca sambil berbaring, menonton televisi pada jarak yang dekat dan lain sebagainya.

Cara memanfaatkan bunga kitolod untuk mata

Setelah mengetahui kandungan dan manfaatnya, perlu diketahui bagaimana cara menggunakan bunga kitolod untuk mata. Berbeda dengan manfaat takokak untuk mata, cara memanfaatkan bunga kitolod adalah:

  • Petik bunga kitolod, lalu rendam ke dalam air mineral atau air matang.
  • Remas-remas sedikit dan diamkan sebentar. Teteskan air rendaman ke mata melalui tangkai bunga.
  • Selama beberapa saat akan timbul rasa perih, yang biasanya akan hilang dengan cepat.

Demikian pembahasan tentang manfaat bunga kitolod untuk mata, semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan