6 Manfaat Bunga Kelapa Bagi Kehidupan Manusia Yang Perlu Diketahui

Mendengar nama bunga kelapa mungkin tidak terlalu banyak orang yang mengetahui bentuk maupun wujudnya. Bunga kelapa merupakan jenis bunga yang dapat terlihat tumbuh pada tanaman kelapa sebagai cikal bakal munculnya buah kelapa. Bunga kelapa sebenarnya akan dapat mudah dilihat dan diketahui ketika mengamati langsung pohon kelapa. Bunga kelapa tersebut dapat terlihat pada bagian atas pohon kelapa yang berbentuk menyerupai manik manik lonjong memanjang untuk jantan  dan bulat untuk betina.

Bunga jantan dan betina tersebut akan melakukan proses penyerbukan melalui penyerbukan silang. Dalam sebauh penjelasan dikenal bahwa setiap bagian dari pohon kelapa memilik fungsi dan manfaat yang baik dalam membantu kehidupan manusia. Hal tersebut ternyata juga berlaku untuk bunga pohon kelapa yang tentunya dapat bermanfaat bagi manusia. Berikut ulasan mengenai manfaat bunga kelapa yang perlu untuk diketahui dalam uraian penjelasan di bawah ini dan tentunya berbeda dengan manfaat kelapa tua.

1. Bahan pembuat alkohol dan cuka

Bunga kelapa mulai terlihat ketika pohon kelapa sudah memiliki umur 4 – 6 tahun. Bunga kelapa tersebut memiliki warna kuning dan ketika didekati akan beraroma manis. Bunga kelana merupakan jenis bunga majemuk atau sekelompok kuntum bunga yang terangkai satu ibu tangkai bunga. Salah satu manfaat dari bunga kelapa adalah berguna dalam pembuatan alkohol dan cuku. Getah yang dihasilkan oleh bunga kelapa tersebut dapat difermentasi dan hasil dari proses fermentasi itulah yang akan digunakan menjadi bahan pembuat alkohol maupun cuka. Proses fermentasi getah dari bunga kelapa dapat menghasilkan alkohol karena mengandung gula dan karbohidrat. Karena hasil alkoholnya tersebut menjadikan bunga kelapa juga merupakan bahan pembuatan dan yang memberikan manfaat tuak kelapa.

2. Bahan pembuat gula kelapa

Bunga kelapa yang merupakan cikal bakal dari buah kelapa setelah melalui proses stadia numbang atau anak buah, dogan atau buah kelapa muda memilik manfaat sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam proses pembuatan gula kelapa. Sebelum menjadi buah kelapa, bunga kelapa akan mengalami proses penyerbukan secara alami yang banyak dibantu oleh alam. Bunga dari pohon kelapa tersebut dapat diambil niranya untuk dijadikan salah satu bahan pembuatan gula kepala. Proses pengambilan dan pembentukan gula kelapa dari nira bunga pohon kelapa tersebut sebenarnya sama halnya dengan proses pembuatan gula aren. Ada beberapa manfaat gula kelapa untuk kesehatan yang perlu diperhatikan.

3. Pelengkap bunga rangkaian

Bunga kelapa memiliki bentuk yang sangat khas sehingga dapat dimanfaatkan atas dasar bentuk dan keunikannya tersebut. Salah satu manfaat bunga kelapa dari bentuk dan keunikannya adalah dapat digunakan sebagai pelengkap dari rangkaian bunga. Dengan adanya tambahan bunga kelapa tersebut, rangkaian bunga akan dapat terlihat lebih menarik dan eksotif. Bunga kelapa dapat dijadikan sebagai bunga hias baik indoor atau di dalam ruangan maupun outdoor diluar ruangan.

4. Cikal bakal buah kelapa

Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan lainnnya, bunga kelapa tentu bermanfaat sebagai cikal bakal dari buah kelapa seperti yang disebutkan sebelumnya. Dengan membiarkan bunga kelapa tetap dalam kondisi yang baik pada pohon kelapa maka pada waktunya nanti akan ada buah kelapa yang dapat juga dimanfaatkan. Proses pembuatan buah kelapa tersebut dimulai dari tahap penyerbukan yang terjadi secara alami dengan bantuan angin maupun seranga disekitar bunga kelapa.

5. Olahan makanan

Bunga kelapa selain dapat difermentasi menjadi bahan pembuatan tuak maupun gula kelapa juga tenyata dapat diolah menjadi olahan makanan tertentu yang khas. Salah satu bentuk olahan dari bunga kelapa muda adalah gudeg. Gudeg merupakan jenis olahan makanan yang terkenal dari daerah yogyakarta. Gudeg bunga kelapa muda merupakan salah satu jenis gudeg yang berasal dari daerah bantul. Gudeg bunga kelapa muda tersebut disebut dengan nama gudeg manggar. Rasa yang khas dari gudeg bunga kelapa muda tersebut menjadikannya sebagai salah satu makanan yang disukai oleh keluarga keraton yogyakarta.


6. Manfaat lainnya

Selain beberapa manfaat yang sudah dijelaskan diatas, ada juga manfaat bunga kelapa lainnya yang masih belum terekspos dan dijelaskan dengan detail karena bukti yang belum kuat salah satunya sebagai bahan pengobatan dan membantu meningkatakan kondisi serta kualitas kesehatan seseorang. Selain digunakan sebagai salah satu pengobatan traditional yang tentunya berbeda dengan manfaat bunga brokoli kuning, bunga pohon kelapa juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk dijadikan kerajinan tertetu baik yang berkaitan dengan bentuk bunga maupun bentuk bentuk lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat bunga kelapa yang mungkin belum banyak diketahui dan dipahami dengan baik. Adanya banyak manfaat dari bunga pohon kelapa tersebut semakin menujukan dan membenarkan bukti bahkan tidak ada bagian dari pohon kelapa yang dapat dimanfaatkan dan membantu dalam kehidupan manusia. Beberapa manfaat yang dijelaskan diatas dari bunga pohon kelapa tersebut memberikan banyak wawasan mengenai salah satu bagian dari pohon kelapa yang belum banyak diekspos oleh manusia untuk dimanfaatkan lebih. Penjelasan terkait dampak positif dari bunga kelapa tersebut memberikan penjelasan tambahan dan melengkapi manfaat pohon kelapa.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan