8 Manfaat Batu Diorit Untuk Perhiasan dan Pondasi

manfaat batu dioritBatuan diorit merupakan jenis batuan beku berukuran sedang dengan tekstur kasar yang merupakan kombinasi dari batu granit dan gabro ataupun basalt. Batuan ini umumnya terbentuk sebagai intrusi secara dike atau sill di kerak benua. Diorit juga sering terbentuk pada lempeng konvergen yang menyusup ke bawah lempeng benua.

Lempueng samudera ini kemudian akan menghasilkan magma basaltik yang naik dan mengintrusi batuan granit pada lempeng benua dan kemudian akan terjadi pencampuran magma basaltik dengan magma granit dan terbentuklah batu diorit. Warna dari batuan diorit ini juga cukup bervariasi seperti coklat, coklat agak kehitaman, abu abu agak kehitaman, abu abu dengan bercak putih dan sebagainya. Batu ini juga memiliki tekstur yang sangat kuat terhadap tekanan yakni berkisar antara 970 sampai 1260 kg. Batuan ini membentuk morfologi berelief kasar dengan elevasi dari beberapa ratus metes sampai lebih dari 100 meter diatas permukaan laut [DPL]. Ada beberapa manfaat batu diorit yang bisa digunakan dan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Ornamen atau Hiasan Dinding

Batuan ini seringkali digunakan sebagai batuan ornamen dinding di dalam maupun luar rumah seperti dinding ruang makan dan juga dekat kolam ikan. Batu diorit ini sangat cocok digunakan sebagai ornamen dinding karena tekstur dan bentuknya yang cukup indah.

  1. Eksterior Bangunan

Batu diorit juga berguna untuk bahan dasar eksterior ruangan yang bisa dijadikan sebagai paving dan bahan dasar bangunan lainnya seperti patung, monumen dan sebagainya.

  1. Bahan Bangunan Gedung

Batu diorit juga seringkali di tambang untuk digunakan sebagai bahan campuran yang nantinya akan dihancurkan untuk membuat bangunan gedung sebab batu ini sangat kuat dan bisa merekatkan berbagai kombinasi bahan bangunan sehingga bisa lebih solid sehingga manfaat pondasi rumah dari batu diorit ini akan lebih kuat.

  1. Bahan Pembuatan Lantai

Selain manfaat batu granit yang bisa digunakan untuk membuat lantai, manfaat berikutnya dari batu diorit adalah untuk bahan dasar pembuatan interior bangunan. Warna yang dihasilkan dari batu diorit ini juga akan terlihat indah khususnya jika sudah dihaluskan dan diasah sehingga membentuk lembaran yang nantinya akan dipotong potong menjadi ubin indah berwarna alami. Penggunaan batu diorit sebagai lantai bisa digunakan sebagai lantai anak tangga, ubin lantai dan juga dinding.

  1. Perhiasan atau Gemstone

Batu diorit juga sangat cantik jika digunakan sebagai batu perhiasan atau gemstone dimana batu diorit ini akan diolah dan dipotong menjadi cabochons yang sering disebu dengan batu pink marshmallow sehingga terlihat sangat indah.

  1. Pengendali Erosi

Oleh karena batu diorit memiliki sifat rekat apabila dihancurkan menjadi bebatuan kecil seperti kerikil atau pasir, maka batu ini juga sering digunakan sebagai pengendalian erosi dan manfaat batu alam ini berubah menjadi drainase.

  1. Sarana Panjat Tebing

Manfaat olahraga teratur bisa menyehatkan tubuh dan menjauhkan berbagai penyakit berbabahaya. Batu diorit yang merupakan kombinasi dari batu basalt dan batu granit ini juga sangat tepat digunaakan sebagai sarana olahraga panjat tebing. Bentuk dan potongan batuan yang cukup tajam dan teksturnya yang kasar membuat batuan ini cocok digunakan sebagai sarana olahraga panjat tebing sebab teksturnya yang tidak licin.

  1. Membuat Patung Atau Kerajinan

Seperti halnya jenis bebatuan yang lain, batu diorit ini juga indah jika digunakan sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat patung dan juga kerajinan sejenisnya. Umumnya, batu diorit yang akan digunakan sebagai bahan membuat patung akan dihancurkan atau dihaluskan sehingga lebih mudah untuk dibentuk.

Demikian ulasan dari kami mengenai manfaat batu diorit untuk kehidupan manusia khususnya dalam urusan pondasi dan pembangunan sebuah gedung, jalan atau jembatan. Teksturnya yang kasar dan kuat membuat batu ini bisa menahan beban cukup berat sehingga baik digunakan untuk berbagai keperluan.