Tenaga kerja dapat diartikan sebagai individu yang telah berada di usia kerja, memiliki kemuan bekerja, dan mampu untuk bekerja. Sebagai tenaga kerja, kita seharusnya memahami hak dan kewajiban kita, salah satunya adalah untuk mendapatkan asuransi tenaga kerja.
Asuransi tenaga kerja di Indonesia sendiri difasilitasi oleh pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau yang lebih akrab dikenal sebagai BPJS Ketenagakerjaan. Berikut beberapa manfaat asuransi tenaga kerja yang harus Anda miliki atau yang harus Anda sediakan apabila pemiliki suatu usaha.
1. Karyawan Akan Menghargai Keamanan dan Kesehatan
Meskipun fasilitas seperti member gym atau hiburan yang bagus tersedia di perusahaan yang Anda miliki, karyawan sebenarnya memberi nilai paling rendah pada manfaat yang tidak secara langsung memengaruhi keuangan dan kesehatan mereka.
Menurut survei yang dilakukan oleh Glassdoor, hal yang paling penting bagi karyawan adalah mendapatkan asuransi kesehatan dari pimpinan mereka.
Hal ini berkaitan dengan risiko pekerjaan yang dapat datang kapan saja. Sangat penting untuk memahami Manfaat Hukum Asuransi Perusahaan bagi Karyawan jika Anda memiliki perusahaan.
Memberikan asuransi keuangan dan kesehatan kepada pekerja Anda akan membantu menunjukkan bahwa Anda menghargai kesehatan mereka. Apalagi menambahkan asuransi tenaga kerja yang semakin menjamin keselamatan selama bekerja.
2. Mempertahankan Karyawan
Seperti yang dikatakan sebelumnya, tunjangan menjadi semakin penting tidak hanya bagi pekerja saat ini tetapi juga bagi calon pekerja Anda. Menambahkan rencana asuransi yang baik dalam manfaat yang akan mereka dapat jika bekerja disana akan menarik mereka untuk bekerja.
Hal ini juga akan mempertahankan karyawan yang sudah ada karena dengan adanya manfaat ini maka akan membantu meningkatkan kinerja, kepuasan, dan loyalitas karyawan. Tentu saja produktivitas akan meningkat dan memberikan keuntungan bagi perusahaan.
Saat Anda menginginkan Manfaat Membuka Usaha Untuk Mendapatkan Keuntungan Besar, maka Anda juga harus dapat menekan angka turn over karyawan. Caranya adalah memberikan mereka rasa aman melalui asuransi tenaga kerja.
3. Memberikan Perlindungan kepada Karyawan
Karyawan Anda tidak hanya menghargai diri mereka sendiri, tetapi juga orang yang mereka cintai. Kecelakaan terjadi dan di saat yang paling tidak terduga juga. Salah satu pentingnya asuransi sebagai tunjangan karyawan adalah memberikan perlindungan kepada karyawan, serta keluarga mereka.
Sehingga ketika terjadi kecelakaan, mereka lebih siap. Kesiapan ini memengaruhi mental yang akan mempercepat kesembuhannya. Anda tidak kehilangan produktivitas karyawan untuk waktu yang lama dan kembali mendapatkan keuntungan.
4. Memperkuat Hubungan
Setelah karyawan merasa puas dan senang dengan paket asuransi yang Anda berikan, mereka dapat lebih fokus pada pekerjaan mereka. Secara tidak langsung hal ini akan meningkatkan produktivitas mereka. Karyawan yang bahagia dan puas juga memiliki hubungan yang lebih baik dan lebih kuat di tempat kerja.
‘Iklim’ perusahaan sangatlah penting jika berbicara tentang produktivitas. Karyawan yang bekerja secara acuh karena merasa tidak mendapatkan manfaat yang diinginkannya, akan mempengaruhi karyawan lainnya.
Iklim yang sehat dalam perusahaan tidak hanya berasal dari Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja, namun hubungan yang terjalin dari satu sama lain karyawan.
5. Mengurangi Kekhawatiran
Saat terjadi kecelakaan pada tenaga kerja, keluarga individu juga akan mengalami kepanikan atas kondisi tenaga kerja yang mengalami kecelakaan. Rasa khawatir akan semakin besar apabila dana untuk pengobatan belum tersedia.
Inilah mengapa asuransi tenaga kerja sangatlah disarankan bagi setiap tenaga kerja. Bukan hanya kecelakaan pada saat berkendara di perjalana pergi atau pulang, namun juga kecelakaan yang terjadi pada saat bekerja. Misalnya tertimpa alat atau objek saat, terhirup gas beracun, terjatuh, atau bahkan cedera otot.
6. Perlindungan Kecelakaan
Tenaga kerja khususnya yang sudah memiliki keluarga biasanya memiliki rumah yang jaraknya cukup jauh dari perusahaan. Hal ini mengharuskan mereka untuk menggunakan transportasi pribadi, yang mana tidak terlepas dari risiko kecelakaan.
Jika tenaga kerja memiliki asuransi tenaga kerja, maka asuransi akan memberikan perlindungan biaya apabila terjadi kecelakaan baik saat pulang ke rumah maupun saat menuju ke kantor. Anda juga perlu mengetahui Manfaat Mengikuti Asuransi Jiwa yang memberikan banyak keuntungan saat terjadi kecelakaan.
7. Dana Pensiun
Ini adalah hal yang sangat ‘diagungkan’ oleh para tenaga kerja. Apabila Anda memiliki asuransi tenaga kerja, maka Anda dapat mencairkan uangnya sebagai dana pensiun. Bahkan ketika Anda memutuskan untuk pindah ke perusahaan lainnya.
Namun, pastikan bahwa Anda keluar secara baik-baik dari perusahaan bahkan merayakan farewell party jika perlu karena ada banyak Manfaat Acara Perpisahan yang Anda adakan. Hubungan baik antara Anda dan perusahaan akan memperlancar penyerahan dokumen asuransi Anda.
8. Santunan Kematian
Siapa yang ingin mengalami kecalakaan? Tidak ada. Apalagi jika kecelakaan ini mengakibatkan kematian. Tidak hanya tenaga kerja yang merugi, namun juga keluarga yang ditinggalkan akan kehilangan kepala keluarga dan juga tulang punggung.
Namun, sekali lagi, kematian bukanlah sesuatu yang dapat diatur dan dihindari. Oleh karena itu, sebagai tenaga kerja, kita harus mempersiapkan apa yang dibutuhkan saat kita sudah tidak dapat memberikan nafkah pada keluarga dengan cara memiliki asuransi tenaga kerja yang memberikan santunan kepada keluarga yang ditinggalkan.
Hal yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini adalah santunan kematian tidak akan diperoleh jika kematian diakibatkan oleh kecelakaan yang disebabkan oleh pelanggaran lalu lintas, melakukan kebut-kebutan, dan tindakan lainnya yang termasuk pelanggaran lalu lintas.