5 Manfaat Arus Listrik Searah dalam Kehidupan Sehari Hari

Masih ingatkah Anda tentang pembelajaran arus listrik searah? Arus listrik searah atau juga disebut dengan arus DC (Direct Current) merupakan arus listrik yang alirannya berasal dari titik yang memiliki energi potensial tinggi ke arah yang lebih rendah. Arus searah ini memiliki kutub positif dan negatif, yang biasanya disimbolkan dengan tanda plus (+) dan minus (-). Seperti yang telah diketahui, banyak sekali manfaat energi listrik bagi kehidupan manusia.

Lalu, apa saja manfaat arus listrik searah dalam kehidupan sehari hari? Nah, pertanyaan ini akan dibahas pada artikel ini dengan memberikan contoh pemanfaatan listrik arus searah ini untuk mendukung segala aspek kehidupan manusia. Simak pembahasannya di bawah ini ya.

1. Dimanfaatkan untuk lampu LED

Dulu pemanfaatan arus listrik searah ini adalah untuk pembuatan generator listrik, yang mana kemudian dimanfaatkan oleh Thomas Alfa Edison untuk pembuatan lampu pertama kalinya. Sampai sekarang, pemanfaatan arus listrik searah ini masih digunakan untuk menyalakan lampu LED. Sehingga untuk mendapatkan manfaat lampu LED diperlukan arus listrik searah, yaitu untuk memberikan penerangan dan kenyamanan bagi manusia untuk melakukan aktivitas atau pekerjaannya. Tidak hanya lampu LED saja, namun juga lampu pada mobil ataupun kendaraan bermotor lainnya.

2. Dimanfaatkan untuk komputer

Komputer merupakan salah satu benda elektronik yang keberadaannya sangatlah penting di kehidupan manusia, baik untuk menyelesaikan pekerjaan, sekedar untuk mendapatkan hiburan semata ataupun untuk mendapatkan manfaat dunia maya dalam berbagai bidang. Komputer menyala dengan menggunakan manfaat dari arus listrik searah, yang sebelumnya dihubungkan dahulu dengan arus AC atau arus bolak balik sebelum diubah adaptor menjadi arus searah.

3. Dimanfaatkan untuk televisi

Salah satu manfaat sumber arus listrik bagi kehidupan manusia secara tidak langsung adalah untuk memberikan informasi, salah satunya melalui televisi. Tidak hanya dalam penggunaan televisi, penggunaan arus searah juga bermanfaat dalam pembuatan radio. Sehingga secara tidak langsung, adanya arus searah ini juga dapat membantu manusia untuk mendapatkan informasi cepat bahkan dari jarak jauh secara real time.

4. Dimanfaatkan untuk baterai

Salah satu manfaat arus listrik searah dalam kehidupan sehari hari paling utama adalah digunakan sebagai power supply. Yang mana manfaat ini akan didapatkan salah satunya dengan adanya baterai. Jika dilihat, semua baterai untuk benda elektronik memiliki simbol plus minus yang merupakan tanda arus searah. Untuk berbagai macam bentuk baterai dari yang berbentuk bulat pipi, silinder, kotak dan lain sebagainya.

5. Dimanfaatkan untuk menghidupkan barang elektronik

Dengan penggunaan arus searah untuk pembuatan baterai, tentunya bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai macam manfaat benda elektronik di kehidupan sehari-hari. Penggunaannya untuk dalam kehidupan sehari hari pun sangat bervariasi dari penggunaan senter, handphone, mainan anak, laptop dan lain sebagainya. Ini membuktikan bahwa keberadaan arus searah ini sangatlah penting untuk menunjang berbagai aspek kehidupan manusia.

Banyak bukan manfaatnya? Pada dasarnya pemanfaatan arus listrik searah ini sangat luas, tidak hanya sekedar memberikan manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas. Pemakaian arus searah dalam kehidupan sehari-hari pun sebenarnya saling berkesinambungan dengan pemanfaatan arus bolak balik, untuk menghidupkan benda benda elektronik yang dibutuhkan manusia. Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat arus listrik searah dalam kehidupan sehari hari untuk mendukung berbagai aktivitas dan keperluan manusia. Semoga bermanfaat ya.