8 Manfaat Alat Ukur dalam Kehidupan Sehari-hari Berdasarkan Jenisnya

Alat ukur menjadi salah satu peralatan yang kegunaannya bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Maksud dari alat ukur sendiri tidak hanya alat ukur panjang seperti penggaris, namun juga alat ukur lain misalnya untuk mengukur berat, waktu, suhu dan lain sebagainya.

Dengan atau tanpa sadar setiap orang menggunakan alat ukur dalam berbagai kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Nah di bawah ini adalah beberapa manfaat alat ukur dalam berbagai aspek kebutuhan kehidupan sehari-hari berdasarkan jenisnya, antara lain adalah:

1. Termometer

Seperti yang diketahui manfaat termometer dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk mengukur suhu. Alat ukur termometer ini merupakan alat yang digunakan sebagai pengukur berbagai macam suhu seperti suhu ruangan, suhu air, suhu badan dan lain sebagainya. Jenis termometer sendiri bermacam-macam tergantung penggunaan misalnya untuk mengukur panas badan, oven, kulkas dan lainnya.

2. Neraca

Neraca atau timbangan adalah peralatan yang bermanfaat untuk mengukur berat. Alat ukur ini banyak digunakan untuk kepentingan jual beli seperti di pasar maupun toko, mengukur berat badan dan lain sebagainya. Berbagai neraca memiliki kemampuan untuk mengukur berat mulai dari ons sampai ton, tergantung dengan jenis dan peruntukan penggunaannya.

3. Stopwatch

Alat ukur ini memiliki fungsi utama sebagai pengukur jumlah waktu biasanya dari milidetik sampai menit. Stopwatch banyak digunakan ketika seseorang melakukan olahraga, perlombaan atau kegiatan lain yang membutuhkan keakuratan waktu. Contohnya seperti mendapatkan kemenangan dari manfaat lari marathon, jumlah waktu yang dibutuhkan berlari dapat dihitung dengan stopwatch.

4. Penggaris

Penggaris, meteran atau mistar merupakan beberapa nama alat yang manfaatnya sama yaitu untuk mengukur panjang. Selain itu peralatan ini juga sering digunakan untuk mendapatkan manfaat membuat denah atau hal lain yang berhubungan dengan skala. Perbedaannya adalah pengaplikasiannya karena dibandingkan dengan penggaris atau mistar, meteran biasanya dimanfaatkan untuk mengukur benda yang berukuran lebih besar.

5. Jangka sorong

Manfaat alat ukur jangka sorong adalah untuk mengukur ketebalan benda secara lebih akurat. Biasanya alat ukur ini digunakan untuk kepentingan praktek sekolah atau dalam beberapa macam industri. Cara menggunakannya adalah mengapit benda yang akan diukur untuk mendapatkan ukuran yang akurat.

6. Mikrometer sekrup

Hampir sama dengan jangka sorong, mikrometer sekrup memiliki manfaat untuk mengukur ketebalan diameter benda berbentuk bulat atau silinder dengan akurat. Selain untuk membantu pekerjaan di dalam dunia pendidikan, untuk memperoleh manfaat mempelajari ilmu pengetahuan alam terdapat beberapa materi yang menggunakan alat ukur ini.

7. Voltmeter dan amperemeter

Alat ukur lain yang biasanya memiliki manfaat dalam dunia pelistrikan adalah voltmeter dan amperemeter. Voltmeter memiliki manfaat dan fungsi untuk mengukur tegangan llistrik yang terdapat dalam sebuah mesin. Sedangkan amperemeter bermanfaat untuk mengukur kuat arus listrik pada suatu alat elektronik. Kedua alat ini sering digunakan oleh teknisi listrik untuk memperbaiki suatu alat atau mesin yang menggunakan listrik dalam pengoperasiannya.

8. Speedometer

Setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor pasti terpasang speedometer, karena alat ukur ini memiliki manfaat untuk mengukur kecepatan kendaraan saat melaju. Speedometer juga dapat mengontrol kecepatan agar manfaat kendaraan bermotor dapat digunakan optimal, sehingga pengemudi dapat berhati-hati dan tidak akan membahayakan pengemudi karena laju yang terlalu cepat.

Demikian informasi mengenai berbagai macam manfaat alat ukur berdasarkan jenis alat ukur yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Peralatan