X

9 Manfaat Air Cuka Apel Untuk Wajah Yang Belum Terungkap

Hal pertama yang terlintas saat membahas tentang cuka apel adalah aroma yang sangat kuat dan sudah sejak lama dikonsumsi untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada tubuh. Dalam cuka apel mengandung bahan aktif yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Selain itu, ternyata ada banyak manfaat air cuka apel untuk wajah yang bisa anda dapatkan hanya dengan mengoleskan cuka apel ini pada area wajah. Namun, cuka apel tidak boleh digunakan secara langsung pada wajah dan harus diencerkan dengan air memakai perbandingan yang sama untuk mencegah kulit wajah terbakar. Supaya lebih jelas, berikut ini akan kami berikan manfaat air cuka apel untuk wajah selengkapnya.

  1. Mengurangi Tanda Penuaan

Manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan yang pertama yakni dengan mencuci muka setiap hari dengan air cuka apel sangat baik untuk mengurangi tanda tanda penuaan dini seperti bintik hitam. Dalam air cuka apel ini mengandung asam alfa hidroksi yang sangat ampuh untuk mengeluarkan sel kulit mati dan meningkatkan produksi sel kulit baru yang lebih sehat. Mencuci wajah dengan air cuka apel sebanyak 2 kali sehari dan dilakukan selama 6 minggu akan memberi perubahan yang signifikan pada wajah anda.

  1. Mengurangi Jerawat

Anda tidak lagi harus membeli krim anti jerawat komersial dan bisa menggantinya dengan air cuka apel. Pembuatan cuka apel akan membentuk asam malat yang berguna sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti viral yang sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga sangat baik digunakan untuk wajah.

  1. Menyeimbangkan pH Kulit

Manfaat apple cider vinegar atau cuka apel yang digunakan pada wajah akan menyeimbangkan pH sekaligus menjaga kulit agar tidak terlalu banyak memproduksi minyak dan juga tidak terlalu kering dengan cara menyeimbangkan produksi sebum pada wajah.

  1. Menghilangkan Racun

Menggunakan air cuka apel pada wajah juga sangat baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan kulit sehingga tampilan kulit terlihat lebih bercahaya, awet muda dan juga bersih.

  1. Membersihkan Kulit

Air cuka apel juga sangat ajaib digunakan untuk kulit karena mengandung zat alami berupa lapisan asam yang akan melindungi kulit wajah sehingga terasa lebih halus, menyerap produksi minyak berlebih sekaligus mengurangi garis halus di wajah. Sedangkan beta karoten yang ada dalam cuka apel akan membantu dalam mengatasi kerusakan kulit di masa yang akan datang.

  1. Toner Kulit

Air cuka apel sangat disarankan untuk digunakan pada kulit wajah yang berminyak karena bersifat astringent. Selain itu, air cuka apel juga merupakan sumber alfa hidroksi yang bagus untuk meningkatkan aliran darah ke kulit wajah sehingga tampilan pori pori bisa mengecil sekaligus menyeimbangkan pH kulit wajah anda.

  1. Menenangkan Kulit Terbakar Matahari

Sengatan matahari yang terlalu berlebihan menjadi salah satu musuh utama dari kecantikan wajah. Terlalu lama beraktivitas dibawah terik matahari akan menyebabkan kerusakan pada kulit wajah sehingga kulit tampak merah, sakit dan terkadang juga melepuh dan terisi oleh nanah. Air cuka apel ini sudah menjadi pengobatan kuno untuk mengatasi sengatan matahari sehingga bisa mengurangi rasa sakit sekaligus membantu proses penyembuhan, menenangkan iritasi dan juga gatal yang disebabkan karena sengatan matahari tersebut.

  1. Mengelupas Sel Kulit Mati

Dalam air cuka apel juga mengandung anti inflamasi yang sangat baik untuk menenangkan kulit dan juga asam asetat untuk melembutkan kulit wajah. Sedangkan asam alfa hidroksi dalam air cuka apel sangat baik untuk mengangkat sel sel kulit mati sehingga sel kulit baru yang lebih sehat bisa terlihat.

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Air cuka apel juga akan bekerja sebagai zat alami untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Setelah dioleskan pada kulit wajah, anda bisa membersihkannya dengan kapas untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah sekaligus mengangkat kotoran penyumbat pori.

Manfaat air cuka apel untuk wajah bisa menjadi solusi kecantikan kulit yang praktis dan juga murah tanpa perlu lagi membeli berbagai produk perawatan wajah. Namun perlu diingat untuk selalu mencampurkan air dengan cuka apel karena sifat keras dalam cuka apel yang bisa menimbulkan sensasi panas pada wajah anda.

Categories: kecantikan
Tags: air cuka apelcuka apel untuk wajahmanfaat cuka apel