Sponsors Link

13 Manfaat Udara Bagi Kehidupan Manusia di Bumi

Sponsors Link

manfaat udaraSiapa tak tau dengan udara? Udara merupakan substansi yang berada di sekeliling kita dan suka atau tidak suka, seluruh kehidupan dan substansial yang berada di bumi paling tidak melibatkan sifat dari udara. Udara sering dikaitkan dengan istilah “tidak dapat dilihat namun dapat dirasakan”. Istilah ini memang benar adanya, karena udara sendiri tidak memiliki warna dan tidak dapat dilihat secara kasat mata. Udara hanya dapat dirasakan, terutama ketika terjadi pergerakan udara, seperti angin, kepulan asap, dan sebagainya.

Bayangkan apa yang akan terjadi apabila dunia kita tidak memiliki kandungan udara, alias hampa udara? Pasti sangat gawat dan berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia dan segala makhluk hidup dan benda mati yang ada didunia. Ketika membicarakan mengenai manfaat udara, pastinya anda sudah memahami apa saja kegunaan udara, karena tidak mungkin kita melakukan aktivitas tanpa menggunakan udara.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari udara :

1. Untuk bernapas

First thing first, udara merupakan salah satu substansi yang sangat tinggi manfaatnya bagi kelangsungan makhluk hidup. Semua makhluk hidup membutuhkan udara untuk bernapasn atau istilah biologisnya adalah proses respirasi. Umumnya udara mengandung banyak sekali kandungan zat-zat seperti oksigen, karbon dioksida, helium, dan banyak lagi (akan sangat banyak apabila harus disebutkan satu per satu)

Dengan adanya udara, kita semua sebagai makhluk hidup dapat bernapas, karena udara menghasilkan manfaat oksigen bagi manusia hewan. Kemudian manfaat karbon dioksida yang dihasilkan, digunakan oleh tumbuhan untuk melakukan proses respirasi.

2. Proses fotosintesis

Tumbuhan memiliki hal yang unik, yaitu mereka dapat memasak makanannya sendiri melalui proses yang dikenal dengan istilah fotosintesis. Proses ini melibatkan manfaat matahari, klorofil dan juga manfaat udara untuk mensuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Bayangkan apabila tanaman tidak dapat melakukan proses fotosintesis, pastilah banyak tanaman akan mati.

3. Pembangkit listrik

Disebut apakah udara yang bergerak? Ya. Jawabannya adalah angin. Angin merupakan salah satu bentuk udara yang mengalami pergerakan, pergerakan udara atau angin inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu energi alternatif alternatif, yaitu pembangkit listrik tenaga angin.

Biasanya pembangkit listrik yang menggunakan pemanfaatan tenaga angin ini menggunakan bangunan kincir angin untuk menyalurkan energi putar yang dihasilkan. Kemudian energi putar dari kincir angin akan menyalakan generator, yang kemudian akan menghasilkan dan menyalurkan listrik. Berikut ini adalah keunggulan dari pembangkit listrik tenaga angin :

  • Tidak menimbulkan polusi udara dan ramah terhadap lingkungan
  • Tidak berisik
  • Daya yang dihasilkan besar
  • Tidak perlu memanfaatkan bahan bakar fosil yang cadangannya semakin menipis
  • Mempercantik area pembangkit listrik, karena bentuk kincir angin yang unik.

Kondisi ini sama seperti manfaat uranium untuk pembuatan nuklir sebagai pembangkit listrik

4. Pemanfaatan energi

Angin, selain dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, dapat juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi lain. Kapal atau perahu layar merupakan salah satu teknologi yang memanfaatkan angin dan mengkonversi manfaat udara ini menjadi energi gerak. Kapal layar sendiri memiliki keunggulan, yaitu tidak menimbulkan polusi. Selain itu, udara dan angin juga dimanafaatkan sebagai energi untuk :

  • Penyeimbang dan pengontrol gerakan pesawat terbang
  • Energi angin dapat dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian
  • Sebagai bahan bakar balon udara

5. Penyebaran spora

Beberapa jenis tanaman, seperti bunga dan jamur memiliki proses perkembang biakan yang unik. Manfaat udara berguna untuk menyebarkan spora dan benih-benih mereka untuk dapat tumbuh dan berkembang biak. Dengan memanfaatkan udara, maka tumbuhan dapat tumbuh dan tetap lestari serta tidak akan mengalami kepunahan. Hal inilah yang menjadikan manfaat tanaman hias bisa kita rasakan keindahannya sampai sekarang.

6. Sebagai penyejuk

Udara yang bergerak atau juga yang dikenal dengan nama angin merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan. Angin dapat membantu memberikan rasa sejuk dan nyaman bagai anda, terutama ketika berada pada kondisi cuaca yang sangat panas. Selain angin, manfaat udara yang dingin dan sejuk pun dapat membantu anda menjadi lebih rileks dan nyaman dalam beraktivitas. Namun demikian, udara yang terlalu dingin akan berakibat :

  • Hipotermia
  • Influenza
  • Demam

7. Mengolah makanan

Udara memiliki sifat yang dapat menhantarkan panas. Maka dari itu, udara juga dapat dimanfaatkan dalam hal pengolahan makanan. Berikut ini adalah beberapa jenis pengolahan makanan yang membutuhkan udara :

  • Proses pengasapan (seperti daging asap dan ikan asap)
  • Proses pendinginan dari bahan makanan

8. Menyerap radiasi sinar matahari

Anda pasti sudah mengetahui apa saja manfaat sinar ultraviolet dan bahayanya dari radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari. Berikut ini adalah beberapa bahaya dari radiasi sinar ultraviolet :

  • kulit menjadi kering
  • Kulit menjadi hitam
  • Kanker kulit
  • Katarak

Salah satu manfaat udara yang paling penting ialah mampu menyerap kandungan sinar ultraviolet yang masuk ke dalam bumi kita. Dengan adanya udara sebagai penyerap sinar ultraviolet, maka kadar sinar ultrabiolet yang mengenai tubuh kita menjadi berkurang dan efek dari radiasinya akan semakin kecil.

9. Sebagai jaringan komunikasi

sponsored links

Seberapa sering anda menggunakan macam-macam alat komunikasi dan manfaatnya seperti telepon, radio, dan internet? Pastilah anda sring sekali memanfaatkan semua hal tersebut. Perlu anda ketahui, semua jaringan komunikasi yang ada di bumi ini memanfaatkan gelombang radio yang dihantarkan melalui udara. Singkatnya adalah, udara dapat membantu dan menyediakan jalur komunikasi yang kita gunakan sehari-hari.

10. Melindungi bumi

Pernahkah anda bayangkan apa yang akan terjadi ketika bumi bertabarkan dengan asteroid, planet, dan benda angkasa lainnya? Akibatnya sangatlah buruk. Maka dari itu, manfaat udara yang ada di bumi merupakan pelindung satu-satunya dari bumi untuk menghindari dan melindungi bumi dari resiko tabrakan dengan benda angkasa lainnya.

11. Menjadi perantara uap air

Manfaat air yang menguap akan melalui proses naiknya uap air ke udara, akan menjadi awan. Naiknya uap air hingga menjadi awan yang nantinya akan turun kembali ke bumi menjadi hujan, membutuhkan udara untuk menjadi perantara proses naiknya uap air tersebut hingga menjadi awan. Hingga bisa dikatakan manfaat air hujan yang turun ke bumi terjadi dengan campur tangan udara juga.

12. Perantara gelombang suara dan bunyi

Dalam pelajaran IPA ketika SD dan SMP dahulu, kita mempelajari tentang bunyi dan gelombang suara. Dan kita tahu, yang dapat menghantarkan bunyi-bunyian serta gelombang suara adalah udara. Ketika tidak terdapat udara, maka kita tidak dapat mendengar satu bunyi-bunyian pun. Begitu pula manfaat musik yang kita dengarkan adalah hasil bunyi-bunyian karena adanya udara.

13. Pengantar cahaya

Manfaat udara lainnya ialah udara mampu menjadi pengantar cahaya. Ini artinya setiap cahaya yang muncul, tidak akan sampai kepada indera penglihatan kita tanpa adanya bantuan udara. Maka dari itu keberadaan udara sangatlah penting bagi kehidupan kita sehari-hari

Itulah beberapa manfaat penting dari udara. Semoga artikel ini bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 12th, May 2015 / 07:56 Oleh :
Kategori : Alam