Manfaat Temulawak

Manfaat temulawak diketahui sebagai bahan obat tradisionl asli Indonesia. Temulawak merupakan salah satu tanaman temu-temuan. Tumbahan ini berkembang biak dengan rimpangnya yang diambil ¼ bagian dari induk ripangnya. Temulawak hidup didaerah dengan ketinggian 5 – 750 meter diatas permukaan laut. Sebagai tanaman herbal, tentunya temulawak memiliki segudang manfaat. Mari kita bahas maanfaat temulawak yang menakjubkan.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Temulawak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ini adalah beberapa diantara manfaat temulawak tersebut :

  • Memelihara fungsi Hati

Katagoga dalam temulawak bmemiliki khasiat menjaga kesehatan fungsi hati. Katagoga memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Uji klinik menghasilkan enzim pada temulawak dapat berguna untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT dalam dosis 15-30 mg kurkumin.

  • Mengurangi radang sendi

Kandungan kurkumin dalam temulawak sama dengan 100 mg fenibutazon yang mengurangi radang sendi dan nyeri. Cara kerja nya dengan melakukan penghambatan perpindahan sel-sel leuksit kepada daerah radang atau dangan penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin. Hasil pengujian memberikan hasil perbaikan pada penderita radang sendi.

  • Membantu menurunkan lemak darah

Manfaat temulawak menghasilkan ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoidnya membantu menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL. Komponen kurkumaid yang diduga berperan menurunkan lemak darah. Tentusaja berdampak pada kesehatan jantung yang mencegah gejala penyakit jantung.

Manfaat Temulawak Bagi Pengobatan

Beberapa tips pengobatan dengan manfaat temulawak :

  • Obat penyembuhan hepatitis

Siapkan 2 jari temulawak, lalu cuci dan kupas. Iris dan rebus dengan ½ liter air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini dua kali sehari.

  • Meredakan derita asma

Siapkan ½ rimpang temulawak, kemudian cuci bersih. Kupas dan iris temulawak. Rebus dengan 5 gelas air dan campurkan gula aren secukupnya. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Larutan herbal ini diminum tiga kali sehari.

  • Pengobatan untuk sakit ginjal

Temulawak dicuci bersih dan dikupas. Siapkan 4 gelas air lalu rebuslah temulawak dengan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran. Rebus sampai airnya tersisa setengah. Rebusan ini diminum sebanyak tiga kali sehari.

  • Menyembuhkan bisul

Temulawak yang sudah dicuci bersih, lalu dikupas. Rebus temulawak dengan 2 gelas air dan sedikit gula aren. Rebuh hingga airnya setengah lalu angkat. Tambahkan seibu jari asam jawa. Tunggu agak dingin, kemudian disaring dan diminum sekaligus.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:19 Oleh :
Kategori : Herbal
Latest From Herbal