Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Teh Manis Bagi Tubuh

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal teh? Minuman ini merupakan termasuk minuman yang banyak digemari masyarakat Indonesia baik dari kalangan bawah hingga atas. Dalam mengkonsumsinya, teh dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin dengan campuran gula ataupun tidak, atau bahkan dicampur dengan bahan lain seperti susu dan semacamnya.

artikel terkait:

Namun apakah Anda tahu? Di negera lain seperti China, Vietnam maupun jepang teh layak dikonsumsi tanpa menggunakan campuran apapun. Bagi warga Indonesia yang gemar menikmati konsumsi teh manis, ada baiknya apabila Anda tidak perlu memberikan terlalu banyak gula karena dikawatirkan akan merusak kandungan dan nutrisi di dalam teh tersebut. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa teh hangat manis merupakan sajian yang paling umum untuk dihidangkan. Karena selain nikmat, manisnya gula serta hangatnya teh juga dapat melegakan tenggorokan. Artikel ini akan membahas mengenai manfaat teh manis.

Kandungan Teh

Secara umum, teh memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Asam amino L-tehanine yang berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh
  • Anti oksidan, yaitu Polifenol (yang jumlahnya 10 kali lipat dibandingkan dengan sayuran) dan flavonoid. Polifenol di dalam teh ini berupa katekin dan flovanol.
  • Quercetin, kaempfrol dan myricetin (yang berguna untuk mencegah pengapuran pembuluh darah)
  • Serta kafein yang jumlahnya kira-kira sebanyak 40 mg per cangkir teh
  • Selain itu, teh juga diyakini mengandung monocitrat dan fluoride dalam bentuk manganese, zinc serta potassium

Sedangkan berdasarkan penelitian lain, teh memiliki kandungan nutrisi per 100 gram teh yang dijelaskan dalam tabel berikut.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Teh per 100 gram

Kandungan Jumlah
Energi 132 kkal
Protein 19,5 gr
Lemak 0,7 gr
Karbohidrat 67,8 gr
Kalsium 717 mg
Fosfor 265 mg
Zat Besi 12 mg
Vitamin A 2095 IU
Vitamin B1 0,01 mg
Vitamin C 0 mg

Manfaat Konsumsi Teh

Berikut merupakan manfaat teh manis yang berguna bagi tubuh, antara lain:

1. Membantu tubuh dalam membuang racun

Hangatnya air teh yang Anda konsumsi dapat memberikan manfaat bagi tubuh dalam proses melancarkan pencernaan sehingga baik untuk membantu membuang racun di dalam tubuh Anda. Bukan hanya itu, hangatnya air teh manis yang Anda konsumsi juga dapat membantu menormalkan sistem peredaran darah dalam tubuh Anda.

artikel terkait: manfaat teh hijau kepala jenggot

2. Meningkatkan imunitas tubuh Anda

Kandungan antioksidan dalam teh yang Anda konsumsi dapat membantu Anda dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda. Kandungan flavonoid dalam teh secara khusus diketahui dapat membersihkan tubuh Anda dari berbagi macam radikal bebas dalam tubuh. Hal ini akan membuat Anda dalam menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit. Selain itu, dalam sebuah penelitian di labolatorium juga diketahui bahwa teh mengandung substansi yang dapat membantu tubuh dalam melawan bakteri, virus dan jamur.

artikel terkait: manfaat teh chamomile

sponsored links

3. Membantu mengobati sakit kepala

Terkadang orang yang menderita sakit kepala mengkonsumsi teh manis hangat untuk meredakannya. Selain karena hangatnya teh dapat membantu menormalkan peredaran darah, teh juga mengandung kafein ang dapat membantu memberikan rasa rileks pada tubuh yang dapat membantu proses penyembuhan sakit kepala. Hal ini tidak heran, karena konsumsi teh hangat manis dapat memberikan efek yang menangkan secara psikologis yang membuat Anda merasa hangat dan nyaman.

artikel terkait: manfaat teh hijau untuk diet

4. Membantu menyehatkan jantung

Dalam penelitian yang dilakukan di berbagai negara ditemukan bahwa konsumsi teh setiap hari dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat membantu kesehatan jantung Anda. Untuk itu tidaklah salah untuk menyukai konsumsi teh manis hangat ini.

artikel terkait: manfaat teh botol sosro

5. Membantu meningkatkan energi

Teh manis hangat mengandung gula yang dapat memberikan tambahan sumber energi di dalam tubuh. Selain itu setelah mengkonsumsi teh manis hangat, secara psikologis Anda juga merasa lebih bugar dan lebih bertenaga.

artikel terkait: manfaat teh hijau thailand

6. Membantu dalam merawat gigi

Dengan mengkonsumsi teh manis hangat, gigi Anda akan terbantu terawat dikarenakan kandungan fluoride dalam teh. Fluoride ini dapat membantu mengurangi pembentukan karang gigi sehingga kesehatan gigi terjaga. Selain itu, fluoride juga dapat membantu Anda agar terhindar dari penyakit gigi dan gusi lainnya.

artikel terkait: manfaat teh pahit

7. Membantu mengganti sel yang rusak dalam tubuh

Siapa yang menyangka bahwa teh manis yang Anda konsumsi juga ternyata mengandung protein yang dapat berguna untuk membantu tubuh dalam mengganti sel-sel yang rusak. Mengingat sel-sel di dalam tubuh rentan sekali rusak, konsumsi teh hangat ini menjadi menguntungkan dalam penggantian sel tubuh ang rusak karena adanya kandungan protein di dalamnya.

artikel terkait: manfaat minum teh tanpa gula

8. Baik untuk diet

Untuk Anda yang sedang diet, barangkali teh dapat menjadi minuman yang dapat membantu Anda dalam proses diet dikarenakan kandungan nutrisinya. Konsumsi teh manis hangat dapat membantu Anda dalam memenuhi beberapa nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

artikel terkait: manfaat teh rosella

9. Membantu tubuh dalam mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan antioksidan di dalam teh manis yang Anda konsumsi dapat membantu Anda dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Sebagai informasi, sel kanker memiliki kemampuan berkembang yang sangat cepat dan dikhawatirkan akan menyebar apabila Anda tidak segera menumpasnya. Selain itu bagi wanita, dalam female first juga dituliskan bahwa sebuah studi baru di Inggris menunjukkan bahwa konsumsi teh secara teratur dapt membantu menurunkan resiko terkena kanker payudara.

Selain itu, terdapat pula beberapa manfaat lain yang konon dapat Anda peroleh dari konsumsi teh antara lain sebagai berikut:

  • Membantu mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi
  • Membantu menurunkan berbagai resiko penyakit hati
  • Membantu menurunkan resiko terkena stroke
  • Membantu menghambat penurunan fungsi syaraf
  • Memperbaiki fungsi kognitif
  • Mencegah sesak nafas
  • Membantu menghilangkan kelelahan dan keletihan
  • Membantu mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan rematik
  • Sebagai anti radang tenggorokan
  • Mencegah timbulnya alergi
  • Dapat membantu mengurangi bahaya merokok
  • Membantu memperlambat penuaan
  • Serta mampu mencegah keracunan makanan

artikel terkait: manfaat buah barteh

Wah ternyata banyak juga ya manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi teh manis. Meskipun demikian, kami sarankan bagi Anda untuk menyeduh teh secara langsung untuk dinikmati daripada mencampurnya dengan bahan lain maupun menikmatinya dalam bentuk lain. Bukan berarti konsumsi teh itu kuno, ya! Karena manfaat teh ini ternyata nggak ada matinya. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 24th, November 2016 / 14:48 Oleh :
Kategori : Minuman