Manfaat Singkong

Manfaat singkong adalah salah satu makanan sumber energi yang baik. Singkong makanan merakyat yang murah meriah. Singkong merupakan kelas tumbuhan umbi-umbian, bagian umbi inilah singkong. Daunnya juga sudah kita bahas sebelumnya pada manfaat daun singkong. Singkong memang identik dengan makanan untuk kalangan bawah, dan mampu menjadikan pokok yang menggantikan nasi. Selain itu singkong ternyata memang mempunyai kandungan baik bagi tubuh. Berikut bahasannya akan kita ulas pada artike l ini.

Manfaat Singkong Pada Kandungan Gizinya

Singkong adalah salah satu sumber karbohidrat yang dapat menggantikan manfaat nasi. Singkong mengandung banyak mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti mangan, magnesium dan riboflapin. Manfaat singkong terdapat juga pada kandungan seperti vitamin K, kalori dan protein yang sama baiknya seperti pada manfaat pisang dan protein pada kacang-kacangan seperti manfaat kacang merahdan manfaat kacang hijau. Bagi orang-orang yang menjalankan program diet, dapat memasukkan singkong kedalam menu dietnya sebagai sumber nutrisi sehat untuk tubuh.

Manfaat Singkong Yang Baik Bagi Tubuh

Kandungan singkong yang baik mampu menjadikannya layak untuk dikonsumsi secara teratur. Beberapa diantaranya memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, seperti di bawah ini :

  1. Mencegah oesteoporosis – Singkong mengandung vitamin K yang mampu menjaga massa tulang dari pengroposan yang disebabkan oesteoporosis. Vitamin K ini juga mampu mencegah kerusakan syaraf pusat karena Alzheimer.
  2. Sumber mineral pembangun tubuh – manfaat singkong ini ada pada banyaknya kandungan mineral baik seperti magnesium, mangan dan besi bagi pertumbuhan tubuh. Kalium pada singkong juga mampu mengatur tekanan darah dan pembentukan sel tubuh.
  3. Baik untuk pencegahan anemia – Manfaat singkong ini terdapat dari kandungan zat besi dan vitamin B komplek seperti riboflapin, yang merangsang pertumbuhan sel darah merah dan mengurangi gejala anemia.
  4. Singkong kaya serat – ini yang menjadikan singkong lebih baik dijadikan makanan, pokok karena memiliki kandungan fiber alami yang membantu proses pencernaan. Kalori yang ada pada makanan pokok, dapat dengan mudah dicerna pula dengan kandungan serat ini. Sehingga akan senantiasa menjaga kesehatan pencernaan dan menjauhkan penyakit berbahaya pada sistem pencernaan yaitu gejala kanker usus besar.
Seperinya kita tidak mungkin meremehkan singkong, karena banyak manfaat yang akan diperoleh dari mengkonsumsinya. Namun harus juga diseimbangi dengan konsumsi sayur dan buah-buahan.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:57 Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Latest From Tumbuhan