Sponsors Link

5 Manfaat Shampo Merang untuk Kecantikan

Sponsors Link

Merang adalah istilah yang digunakan untuk menyebut salah satu batang dari tanaman padi. Merang biasanya digunakan sebagai makanan sapi atau menjadi sampah. Beberapa produk perawatan kulit yang dibuat saat ini ada yang berbahan dasar merang. Merang diketahui memiliki khasiat yang bagus untuk rambut. Manfaat sampo merang telah dikenal sejak jaman dahulu. Biasanya putri-putri di kerajaan jawa menggunakan merang untuk merawat rambut mereka. Manfaat sampo merang bisa anda baca sebagai berikut:

ads
  1. Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang sering dialami kaum hawa. Ketombe bisa membuat rasa tidak percaya diri, karena warna dari ketombe yang sangat kontras dengan rambut. Ketombe juga seringkali rontok dan membuat rambut tidak terlihat bersih. Masalah ketombe dapat muncul akibat pengelupasan kulit mati. Sebenarnya kulit mati secara alami akan mengelupas, namun jumlahnya sangat sedikit. Pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala akan membuat ketombe muncul. Ketombe dapat diatasi salah satunya dnegan manfaat sampo merang. Manfaat sampo merang mengandung nutrisi tertentu yang bisa mengurangi ketombe pada rambut. Ketombe biasanya menjadi hal yang menjengkelkan namun dengan manfaat sampo merang, efek negatif dari ketombe bisa diatasi.

  1. Mengatasi minyak berlebih

Masalah rambut selanjutnya adalah munculnya kandungan minyak yang berlebihan. Produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala akan memunculkan banyak masalah. Rambut mudah lepek dan ketombe akan mudah terjadi karena produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala. Merang dipercaya dapat berkhasiat dalam mengatasi masalah ini. Khasiat ini telah banyak diyakini sejak lama. Manfaat sampo merang dapat mengatasi minyak berlebih di kulit kepala. Manfaat ini bisa dirasakan dengan mencuci rambut menggunakan sampo berbahan merang dengan teratur. Manfaat sampo merang bisa mengurangi produksi minyak sehingga kulit kepala akan memproduksi minyak dengan jumlah yang normal.

  1. Rambut bersih

Manfaat sampo merang dapat berguna untuk membersihkan rambut dari keringat dan minyak berlebih. Sampo merang juga bisa berguna untuk membersihkan rambut dari debu dan kotoran. Tanpa disadari debu dan kotoran dari lingkungan bisa menempel pada batang rambut. Hal ini memang tidak terlihat namun jika dibiarkan terlalu lama akan berpengaruh pada rambut. Debu tentu bisa membuat rambut menjadi kotor, warna rambut juga bisa berubah. Disamping itu debu akan membuat rambut menjadi nampak kusam. Debu dan kotoran yang berasal dari lingkungan bisa ditangkal dengan manfaat sampo merang. Nutrisi dalam merang membuat debu tidak mudah menempel serta membuat rambut lebih bersih. (baca juga : manfaat vitamin rambutmanfaat elips bagi kesehatan rambut)

  1. Menghitamkan rambut

Manfaat sampo merang telah lama dipercaya dapat membantu menghitamkan rambut. Dahulu sebelum ada produk sampo berbahan merang, wanita mengolah sendiri merang untuk menjadikan rambut hitam. Cara mengolah merang cukup mudah. Beberapa batang merang diletakkan dalam wadah panci kemudian dibakar hingga seluruh merang hangus. Merang yang telah hangus kemudian diberi tambahan air besih dan perasan jeruk nipis. Campuran ini lalu diaduk hingga benar-benar rata dan selanjutnya di ekstrak atau diembunkan.

Sponsors Link

Lama ekstraksi tersebut kurang lebih satu malam. Air bersih pada permukaan tersebut sudah bisa digunakan untuk mencuci rambut. Ini bahkan bisa digunakan tanpa harus memakai sampo lagi. Manfaat sampo merang bisa membuat rambut menjadi hitam dan berkilau. Menggunakan sampo merang secara teratur akan memberikan rambut indah berwarna hitam dan berkilau. (baca juga : manfaat minyak urang aring untuk rambut manfaat hair tonic untuk rambut)

  1. Menghaluskan rambut

Sejak dahulu putri-putri di Jawa memanfaatkan merang untuk merawat rambut. Merang dipercaya dapat membantu memberi warna hitam pada rambut. Disamping itu manfaat sampo merang adalah untuk menghaluskan rambut. Banyak yang percaya bahwa merang dapat digunakan untuk membuat rambut terasa lebih halus. Dahulu merang digunakan secara langsung untuk keramas. Merang padi digosok-gosokkan pada rambut. Lama-kelamaan akan timbul busa dari bahan merang. Busa tersebut yang digunakan untuk mencuci rambut. Nutrisi dalam busa akan terserap ke dalam rambut dan memberi banyak manfaat untuk kesehatan rambut.

Itulah manfaat sampo merang yang bisa dirasakan oleh rambut. Manfaat sampo merang bisa membuat rambut bersih, hitam dan makin sehat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 03rd, April 2017 / 04:01 Oleh :
Kategori : kecantikan