Sponsors Link

11 Manfaat Pohon Karet

Sponsors Link

Pohon karet adalah salah satu komoditas terkenal dari Indonesia. Daerah yang paling banyak memiliki lahan untuk penanaman pohon karet adalah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Riau dan berbagai kawasan di luar pulau Jawa. Pohon karet akan ditanam dalam perkebunan dengan sistem tanam yang baik. Pohon karet bisa tumbuh hingga selama lebih dari 100 tahun dan bisa tumbuh mencapai ukuran ketinggian antara 30 hingga 40 meter. Tanaman ini membutuhkan tanah yang padat dan subur untuk menghasilkan getah atau lateks.

ads

manfaat pohon karetGetah karet inilah yang menjadi salah satu hasil utama dari pohon karet. Setiap pohon karet yang sudah dewasa bisa dilukai pada bagian pohon, dengan bentuk mengerucut ke bawah untuk mengalirkan lateks ke kaleng atau botol khusus. Masa penyadapan atau pengambilan getah karet selama kurang lebih enam tahun. setelah itu pohon karet harus diperbarui. Getah karet yang diambil selama beberapa waktu, ditunggu hingga benar-benar bisa menghasilkan getah yang baik. Getah karet memiliki bentuk cair dengan warna putih seperti susu. Getah karet akan ditampung selama beberapa hari kemudian akan diambil setelah berubah menjadi blok yang sangat lengket.

Pohon karet memberikan manfaat dalam kehidupan, berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Menyumbang Bahan Karet

Bahan karet menjadi salah satu bahan yang paling banyak dibutuhkan untuk industri dan menjadi berbagai jenis produk. Karet akan diolah dari bahan mentah berupa getah dari pohon karet menjadi produk dengan melibatkan proses tertentu. Bahan-bahan yang dihasilkan dari getah pohon karet bisa menjadi produk utama, produk sampingan dan limbah yang masih bisa dimanfaatkan. Produk yang paling mudah dikenal antara lain adalah ban kendaraan, produk industri rumah tangga, perlengkapan olahraga dan berbagai jenis produk lain.

2. Mengurangi Emisi Rumah Kaca

Perkebunan karet yang hijau memberikan dampak yang sangat baik untuk lingkungan. Pohon karet bisa menyerap gas buangan dan menghasilkan oksigen untuk manusia. Selain itu, pohon karet bisa menyerap gas karbon dioksida yang penting untuk mengatasi semua jenis efek emisi rumah kaca seperti pemanasan global dan kerusakan lingkungan.

3. Mendukung Kinerja Industri Sintetis

Industri sintetis menjadi bahan yang tidak mungkin ditinggakkan oleh manusia. Bahan-bahan sintetis telah mempermudah pekerjaan manusia di berbagai bidang termasuk transportasi, kesehatan, perkakas dan semua jenis industri yang membutuhkan bahan karet. Karet yang dihasilkan dari pohon karet telah memberikan hasil yang sangat besar untuk manusia termasuk menyedikan sarana ekonomi global dan internasional.

4. Pohon Karet Membuka Lapangan Kerja

Banyak orang yang bergantung secara ekonomi dari pohon karet. Hal ini dimulai dari pemilik perkebunan yang menghasilkan karet, orang-orang yang bekerja untuk industri karet dan semua jenis pekerjaan yang membutuhkan karet. Karet dipakai untuk industri pembuatan ban, katup mesin dan produk lain. Jadi pohon karet telah menyumbangkan manfaat ekonomi yang sangat besar dan berantai dari beberapa jenis industri.

5. Pohon Karet untuk Industri Mebel

Manfaat pohon karet juga digunakan sebagai bahan untuk membuat mebel atau perangkat kontruksi rumah. Kayu karet memiliki sifat keras, bersih, awet dan mudah untuk dibentuk. Karena itulah pohon karet juga bisa dibentuk menjadi berbagai jenis mebel seperti untuk meja, kursi, meja dapur dan berbagai jenis produk lain.

6. Pohon Karet Meningkatkan Fungsi Sosial

Secara umum penanaman pohon karet membutuhkan lahan yang luas dengan beberapa pengaturan blok lahan yang teratur. Karena itulah lahan pohon karet sering dipilih pada wilayah tertentu untuk meningkatkan pemerataan penduduk. Dengan cara seperti ini maka perkebunan pohon karet telah meningkatkan fungsi sosial dengan cara yang sangat baik.

7. Membuka Lapangan Pekerjaan

ads

Pemeliharaan pohon karet membutuhkan banyak perawatan. Bahkan penyadapan membutuhkan perawatan yang sangat rutin. Jadi, pohon karet telah membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Banyak orang-orang yang sangat bergantung pada tanaman pohon karet mulai dari bagian perawatan, industri pengolahan hingga semua produk yang menggunakan karet.

8. Membantu Pemanfaatan Lahan

Pohon karet biasanya membutuhkan lahan yang luas. Banyak lahan di beberapa negara yang tidak terpakai dan bisa digunakan untuk membuka lahan perkebunan. Hal ini ternyata sangat baik untuk mengembangkan pemanfaatan lahan yang masih kosong menjadi lahan perkebunan karet. Perkebunan karet juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat yang mau bekerja untuk memelihara pohon karet.

9. Meningkatkan Kerjasama Ekonomi Internasional

Tidak semua negara memiliki lahan untuk ditanami pohon karet, karena itulah negara yang memiliki lahan luas untuk penanaman karet berperan besar dalam menjalin kerjasama. Kerjasama ekonomi bisa dilakukan untuk mengembangkan industri karet murni dan produk jadi. Jadi secara umum kerjasama ini akan meningkatkan kemajuan ekonomi antara negara, baik untuk negara maju maupun negara berkembang.

10. Menjaga Iklim Lingkungan

Pohon karet menyumbang efek yang sangat baik untuk lingkungan. Manfaat pohon karet meningkatkan produksi oksigen yang sangat baik untuk manusia. Selain itu pohon karet juga sangat baik untuk mencegah asap dan polusi udara yang buruk untuk kesehatan manusia. Bahkan perkebunan karet bisa mengatasi banjir, tanah longsor dan semua jenis masalah lingkungan karena kondisi tanah yang tidak stabil.

11. Produk Obat-obatan

Biji karet mengandung berbagai jenis senyawa dan nutrisi seperti lemak, air, protein dan senyawa lain. Selain itu biji karet juga mengandung beberapa jenis bahan seperti tiamin, asam nikotinat, akroten, tokoferol yang bisa digunakan untuk campuran bahan obat-obatan dan produk makanan. Semua bahan ini biasanya sudah di olah dengan proses yang higienis sehingga bisa digunakan secara aman.


Model pohon karet memiliki bentuk pohon yang lurus menjulang ke atas. Umur pohon karet bisa mencapai lebih dari 30 tahun dengan tinggi sekitar 30 hingga 40 meter. Batang pohon tanaman karet menjadi salah satu tempat produksi penghasil getah. Pohon karet lebih senang untuk tinggal di lingkungan yang kering. Akar pohon karet memiliki sifat yang menyebar dan luas sehingga pohon karet bisa ditanam di kawasan atau tanah yang tidak bisa digunakan untuk produksi. Pohon karet baru bisa dipanen setelah berumur lebih dari enam tahun. Karet bisa diambil getahnya hingga umur 20 tahun.


Pohon karet biasanya ditanam atau disemai dalam bentuk biji. Namun penanaman biji tidak bisa dilakukan secara langsung jadi harus disemai dengan baik. Untuk menemukan pohon karet yang baik maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti dibawah ini :

  • Biji tanaman pohon karet harus diambil dari biji pohon yang telah berumur lebih dari 12 tahun. Bentuk biji yang segar dan mengkilat bisa menjadi pilihan bibit yang sangat baik.
  • Bibit tanaman karet yang akan ditanam harus berumur lebih dari 25 hari dengan akar yang kuat, dan batang yang lurus.
  • Sistem okulasi bisa dilakukan untuk menemukan jenis diameter batang tertentu dengan ukuran yang sesuai. Batang dengan warna coklat bisa menjadi bahan yang berkualitas.


Jadi, pohon karet menjadi salah satu bahan yang sangat penting untuk industri di dunia. Hampir semua jenis industri membutuhkan bahan karet, sehingga perkebunan pohon karet harus dipelihara dengan baik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 28th, July 2015 / 05:08 Oleh :
Kategori : Tumbuhan