Sponsors Link

14 Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kehidupan Manusia

Sponsors Link

Apakah Anda tahu apa itu minyak kemiri? Minyak kemiri adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji kemiri yang cukup banyak dihasilkan di Indonesia. Kualitas minyak kemiri yang dihasilkan Indonesia juga sangat baik. Pohon kemiri banyak tumbuh di Negara tropis seperti asia tenggara, salah satunya di Indomesia. Diperkirakan asal mula tanaman kemiri dari Hawai.

ads

Salah satu produk herbal dari pengolahan biji kemiri adalah minyak kemiri. Pohon kemiri juga dimanfaatkan batang dan juga daunnya untuk dunia pengobatan herbal. Salah satu manfaat minyak kemiri yang paling utama dapat digunakan untuk perawatan rambut secara alami.

Mengenal Minyak Kemiri

manfaat minyak kemiriMinyak kemiri lebih dikenal sebagai obat herbal yang berguna bagi kesehatan rambut. Banyak yang membuktikan akan manfaat minyak kemiri dalam mengatasi masalah rambut, seperti mengatasi kebotakan, dan kerontokan rambut. Sejak jaman dulu, nenek moyang kita sudah mengenal manfaat dari minyak kemiri. Dahulu ekstrak minyak kemiri didapat dari pengolahan sendiri. Namun sekarang sudah banyak dipasarkan ekstrak minyak kemiri dalam botolan yang sudah jadi.

Minyak kemiri dihasilkan dari pohon kemiri yang banyak tersebar di daerah tropis, utamanya di Indonesia. Tanaman kemiri sendiri memiliki tinggi mencapai 25 meter. Karakteristik tanaman kemiri lainnya, daunnya berwarna hijau pucat.

Lalu bagaimana dengan biji kemirinya sendiri yang dijadikan bahan utama pembuatan minyak kemiri? Biji kemiri memiliki diameter 4-6 cm, cukup besar untuk ukuran sebuah biji. Biji kemiri memiliki lapisan pelindung yang cukup keras.

Proses Pembuatan Minyak Kemiri

Memang benar produk minyak kemiri dalam kemasan botol, sekarang dapat dengan mudah diperoleh di pasaran. Minyak kemiri diproses dari ekstraksi biji kemiri menggunakan alat press khusus. Namun jika Anda mempunyai waktu luang, tidak ada salahnya membuatnya sendiri di rumah. Selain murah juga sudah pasti aman karena tidak mengandung campuran zat kimia lain. Bahan-bahannya mudah diperoleh. Bahan utamanya yakni buah kemiri segar. Pada bagian biji kemiri sendiri, 55-56 persen-nya mengandung minyak.

Langkah-langkah dalam pembuatannya, adalah:

  1. Haluskan biji kemiri secukupnya. Jangan lupa untuk mencuci biji kemirinya terlebih dahulu.
  2. Campurkan dengan air putih.
  3. Siapkan saringan dari kain yang halus untuk menyaring larutan kemiri, sehingga ampas kemiri tidak terbawa.
  4. Masak dalam panci yang bersih dengan api sedang.
  5. Selama prosek pemanasan, aduk-aduk sampai air menguap dan yang tertinggal hanya minyaknya saja.
  6. Setelah dingin, saring kembali. Simapan minyak kemiri dalam botol beling dan siap dipergunakan.

Kandungan Dalam Minyak Kemiri

Minyak kemiri didapat dari mengekstrak buah kemiri. Kemiri merupakan rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Kemiri memiliki nama ilmiah Aleurites moluccana yang berarti tumbuhan yang buahnya bisa dimanfaatkan untuk membuat minyak dan sebagai bumbu rempah.

Kemiri mengandung gizi seperti lemak, karbohidrat, vitamin dan protein. Beberapa senyawa baik juga terdapat dalam kemiri yaitu polifenol, flavonoid dan saponin, merupakan senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Dari Minyak Kemiri

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam minyak kemiri mempunyai manfaat bagi kesehatan dan juga bermanfaat memberikan rasa dan tekstur dalam dunia kuliner. Kemiri tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah karena mengandung sedikit racun. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan minyak kemiri:

  1. Sebagai Bumbu Dapur

Manfaat minyak kemiri digunakan sebagai penambah aroma untuk menambah sedap makanan. Asam amino yang terkandung dalam minyak kemiri seperti asam glutamate bermanfaat untuk memberikan rasa yang nikmat sehingga minyak kemiri digunakan sebagi bahan penyedap alami.

  1. Sebagai Obat Tradisional

Manfaat ini yang banyak di olah oleh masyrakat Indnesia. Pemanfaatan minyak kemiri di Indonesia utamanya digunakan sebagai bahan pembuat obat tradisional dengan berbagai campuran herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kandungan gizi dalam kemiri dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare, sariawan, demam, disentri,dan sakit gigi.

  1. Menghitamkan Rambut Secara Alami

Rambut merupakan mahkota. Siapa yang tidak ingin mempunyai rambut hitam dan berkilau. Daripada menghitamkan rambut dengan bahan kimia yang kita tidak ketahui efek sampingnya, lebih baik memakai bahan alami seperti minyak kemiri. Selain murah juga aman dan tidak menimbulkan efek samping.

  1. Mengatasi Kerontokan Rambut

Manfaat minyak kemiri yang lainnya adalah sebagai perawatan rambut. Dengan mengoleskan minyak kemiri pada akar rambut secara teratur, terbukti dapat memperkuat akar rambut dan mengatasi kerontokan.

  1. Menyuburkan Rambut

Pemakaian minyak kemiri dapat memicu pertumbuhan rambut baru. Rambut yang subur akan membuat volume rambut lebih tebal sehingga permasalahan rambut yang tipis bisa teratasi.

  1. Mengatasi Rambut Beruban

Normalnya, rambut mulai memutih pada usia 50 tahun ke atas. Namun karena berbagi faktor sudah ada yang mengalami rambut beruban pada usia muda. Cobalah memakai minyak kemiri untuk mengatasinya. Oleskan secara teratur pada pagi hari sehabis bangun dan malam hari sebelum tidur.

  1. Mencegah Pembentukan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Manfaat minyak kemiri juga cukup baik dalam membantu mengatasi masalah kesehatan organ dalam. Zat fitosterol yang terdapat dalam minyak kemiri dapat merusak enzim pembentuk kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, utamanya pada organ hati.

  1. Mencerahkan Kulit
ads

Kemiri ternyata juga baik untuk kesehatan kulit kita. Kemiri juga bisa bermanfaat untuk memutihkan kulit karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Kulit yang cerah akan membuat warna kulit terlihat putih alami.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Minyak kemiri juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Gangguan pada saluran pencernaan seperti masalah diare dan gangguan buang air besar dapat diatasi dengan kemiri. Kini banyak obat tradisional dari minyak kemiri yang bisa Anda beli di apotek atau perusahaan herbal.

  1. Membuat Awet Muda

Tahukah Anda bahwa dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit dengan melakukan pemijatan ringat secara teratur, dapat mengatasi kulit keriput. Bahkan membuat kulit menjadi lebih rileks dan terlihat muda.

  1. Sebagai Indikator Uji Kualitas Minyak

Dalam menguji kualitas minyak dengan menggunakan polarimeter memerlukan bahan baku utamanya adalah minyak kemiri. Dengan sifatnya yang mudah menguap dibanding lisnseed oil membuat minyak kemiri dijadikan variabel tetap dalam menggantikan peran linseed oil yang sering digunakan dalam cat dan pernis.

  1. Mengatasi Sariawan dan Disentri

Kemiri memang memiliki kandungan yang sangat banyak. Ekstraksi dari kemiri bisa di buat untuk obat-obat tradisional. Biji kemiri memiliki kandungan thanin yang itu sangat baik untuk membantu mengusir sariawan dan disentri.

  1. Bahan Pembuatan Kosmetik dan Sabun

Manfaat minyak kemiri selain untuk keperluan pembuatan obat tradisional juga bisa di gunakan untuk keperluan masalah kecantikan. Manfaat minyak kemiri yang bisa menghaluskan kulit dan menghilangkan keriput membuatnya dijadikan bahan kosmetik. Sayangnya pembuatan kosmetik dengan minyak kemiri belum dijumpai di Indonesia. Tidak hanya untuk kosmetik, minyak kemiri yang baik untuk kesehatan kulit juga di jadikan bahan pembuatan sabun.

  1. Bahan Bangunan Sebagai Cat dan Pernis

Bagi yang mengerti bahan-bahan bangunan tentu tahu tentang cat dan cara penggunaannya termasuk pernis untuk pewarnaan kayu. Minyak kemiri bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan cat dan pernis. Sifat yang mudah menguap membuatnya bisa dijadikan pengganti minyak linseed.

Semoga manfaat minyak kemiri ini bermanfaat 🙂

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 22nd, June 2015 / 04:41 Oleh :
Kategori : Tumbuhan