Sponsors Link

5 Manfaat Minum Air Dingin Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Saat udara panas apa yang anda lakukan ? tentu manfaat minum air dingin merupakan pilihan yang tepat. Saat udara panas diluar sangat segar rasanya jika dapat meminum air yang dingin. Saat dehidrasi tubuh akan memberikan sinyal ke otak, dan otak akan meneruskannya ke jaringan tubuh untuk menimbulkan rasa haus. Tidak hanya segar dikerongkongan minum air dingin juga memiliki beberapa manfaat.

ads

Sekilas tentang minum air dingin

Air minum adalah air yang dikonsumsi sehari-hari. Dianjurkan minum sebanyak delapan gelas air setiap hari karena manfaat banyak minum air putih. Jumlah ini dapat bertambah sesuai dengan aktifitas yang dilakukan oleh tubuh. Air dingin sama dengan air biasa yang terdapat dalam kandungannya. Air merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Air sumber kehidupan dan juga sumber energi. Air dingin adalah air yang didinginkan melalui kulkas atau diberi tambahan berupa batu es. Air dingin bisa menjadi menjadi favorit saat cuaca di luar yang panas.

Air mengandung oksigen sabanyak 4 sampai 6 ppm. ppm adalah singkatan dari part per milion. ppm banyak juga ditulis dalam mg/kg yang menyatakan berat suatu partikel dalam udara.

Manfaat oksigen bagi manusia antara lain adalah sebagai berikut :

  • Manfaat oksigen untuk menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh.
  • Manfaat oksigen untuk menyehatkan otak, karena otak memerlukan oksigen untuk melaksanakan fungsinya.

Beberapa cara untuk menyehatkan otak :

  1. Manfaat olahraga untuk otak
  2. Manfaat Bermain catur untuk otak
  • Manfaat oksigen untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh.
  • Manfaat oksigen untuk membantu proses metabolisme tubuh.

Berikut ini manfaat minum air dingin bagi kesehatan:

1. Membantu membakar kalori

Air dingin yang bersifat dingin saat masuk kedalam tubuh akan dibakar di dalam tubuh. Hal ini karena tubuh membutuhkan air yang tidak dingin. Untuk menetralkan kembali air dingin dibutuhkan sejumlah manfaat kalori. Kalori yang berkurang ini dapat membantu menurunkan berat badan secara bertahap.

Kalori berguna untuk energi dan merupakan sumber energi bagi tubuh. Kebutuhan kalori setiap individu berbeda – beda. Kebutuhan kalori bagi laki – laki lebih banyak dari pada perempuan. Hal ini sesuai dengan akitifitas laki – laki yang banyak berhubungan dengan otot.

2. Mengembalikan suhu tubuh

Mengembalikan suhu tubuh saat olahraga. Manfaat olahraga sangat banyak untuk kesehatan. Saat olahraga temperatur suhu tubuh menjadi naik. Suhu tubuh yang normal berkisar antara 36,5 sampai 37,5 derajat celcius. Untuk mengembalikan suhu tubuh kembali normal maka meminum air dingin setelah olahraga dapat menormalkannya kembali. Dalam meminum air dingin dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh. Selain itu tetap meminum air dingin dalam jumlah yang sesuai. Jangan berlebihan.

3. Menyegarkan tubuh

Air dingin dapat menyegarkan tubuh saat diminum disiang hari. Siang hari disebut waktu yang tepat karena siang hari adalah waktu istirahat di sela – sela jam kerja. Setelah mengerjakan segudang aktifitas, air dingin dapat meyegarkan tubuh kembali, menjadikan pikiran fokus dan kembali bersemangat untuk menyelesaikan perkejaan sampai sore hari.

4. Membantu untuk diet

Air putih yang dingin dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama. Selama ini banyak mitos yang menyebutkan air dingin membuat berat badan menjadi naik. Namun mitos tersebut dibantah dengan fakta yang ada.  Faktanya minum air dingin juga bermanfaat untuk diet. Rasa kenyang timbul terasa lama sehingga nafsu untuk makan berkurang. Asupan makanan yang masuk kedalam tubuhpun juga  menjadi berkurang. Air putih yang dingin sama khasiatnya dengan air putih biasa. Minum air yang dingin membantu menurunkan berat badan. Manfaat diet sangat baik untuk kesehatan mental dan fisik tubuh.

Artikel tentang diet :

5. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang mengalami kekurangan cairan. Kekurangan cairan didalam tubuh sangat berbahaya karena setiap organ seperti jantung, hati, kulit dan ginjal didalam tubuh membutuhkan air untuk mengoptimalkan kinerjanya. Jika tubuh kekurangan cairan maka akan menganggu kinerja organ tersebut. Dalam jangka panjang bisa menimbulkan komplikasi bagi organ tersebut.

Begitu penting air bagi tubuh. Manfaat air kelapa juga baik untuk mengatasi dehidrasi. Jadi rajinlah mengonsumsi air karena segudang manfaat yang terkandung didalamnya. Dalam sehari usahakan cukupi kebutuhan air didalam tubuh.

Bahaya Minum Air Dingin Terlalu Sering

Diantara manfaatnya, minum air dingin yang terlalu sering juga tidak baik bagi tubuh. Semua hal yang sering dan berlebih berdampak negatif bagi tubuh dan kesehatan. Alangkah baiknya meminum air dingin sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Berikut ini beberapa gejala akibat minum air dingin yang terlalu sering :

ads
  • Mempersempit usus

Minum air dingin yang terlalu sering dapat mempersempit usus halus. Usus halus berfungsi untuk menyerap nutrisi-nutrisi yang terdapat didalam makanan. Usus yang menyempit dapat memperlambat sistem pencernaan bekerja. Dampaknya nutrisi makanan yang dikonsumsi tidak dapat  terserap dengan sempurna. Nutrisi yang tidak diserap akan dikeluarkan didalam tubuh melalui urine akibatnya tubuh menjadi kehilangan nutrisi – nutrisi pentingnya.

  • Perut menjadi kembung

Rasa kembung yang dialami dapat terjadi karena konsumsi air dingin yang berlebihan. Penyebab rasa kembung akibat kontraksi lambung untuk mengubah hawa air dingin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Suhu di dalam tubuh adalah suhu yang hangat. Untuk mendapatkan suhu yang hangat selaput lendir yang ada dilambung akan mengkerut . Dampak dari selaput lendir yang mengkerut ini menyebabkan kontraksi. Perlahan rasa kembung akan terasa pada lambung.

  • Menimbulkan rasa pusing

Hawa dingin dari meminum air dingin memuat respon tubuh menjadi cepat berubah. Hawa dinginnya memperlambat beberapa organ bekerja sebelum dinetralkan sesuai dengan kondisi tubuh. Terlebih lagi meminumnya dalam jumlah yang banyak dan seiring. Otak tiba – tiba akan kekurangan pasokan oksigen beberapa detik sebelum normal kembali.

  • Membuat rasa haus bertambah

Air dingin memang menyegarkan. Meminum air dingin kadang tidak menghilangkan rasa haus tapi justru menambah rasa haus. Rasa haus akan terus berlanjut jika minum air dingin tetap dilanjutkan. Jadi minumlah sekedarnya saja agar tidak menganggu proses metabolisme tubuh.

  • Radang kerongkongan

Meminum air dingin terlalu sering juga dapat menimbulkan radang pada kerongkongan. Hal ini karena air yang diminum melewati kerongkongan yang suhunya tidak dingin. Saat air dingin melewati kerongkongan akan mendadak terkejut karena hawa dingginya. Jika konsumsi terlalu sering radang kerongkongan bisa terjadi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 01st, June 2016 / 09:41 Oleh :
Kategori : Minuman