Manfaat Daun Sambiloto

Manfaat daun sambiloto banyak digunakan untuk barbagai pengobatan tradisional. Sambiloto yang mempunyai nama latinAndrographis Paniculata Ness merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa ternak tegak yang tingginya bisa mencapai 90 centimeter. Asal mula tumbuhan ini di duga dari asia tropika. Dari India meluas ke selatan di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaya, lalu di temukan di Jawa.

Sambiloto sendiri adalah tumbuhan liar yang memiliki banyak khasiat yaitu dapat mengobati berbagai macam penyakit. Karena merupakan jenis tumbuhan liar, sambiloto dapat juga di temukan di tempat-tempat seperti kabun, tepi sungai, tanah kosong yang lembab atau pekarangan.

Ciri-ciri dan kandungan tumbuhan sambiloto

Daun sambiloto mengandung laktone dan flavonoid. Laktone di peroleh dari daun dan cabangnya, masing-masing mengandungdeoxyandrographoldieandropraholide (zat pahit), 14-deoxy-n12-didehydroandrographolide, dan homoandrographolide. Terdapat juga alkaneketonaldehid, mineral (kalsium, kalium, natrium), asam kersik dan damar. Flavonoid sendiri apling banyak dari akar, yaitu polimetoksiflavonandrgrafinpan ikulinmono-0-metilwithin, dan apigenin-74-dimetiler.

  • Daun tunggal bertangkai pendek, letak berhadapan bersilang, bentuk lanset, pangkal runcing, ujung meruncing, tepi rata, permukaan atas hijau tua.
  • Bunga, perbungaan rasemosa yang bercabang membentuk malai, keluar dari ujung batang atau ketiak daun. Bunga berbibir berbentuk tabung dan berwarna putih.
  • Buah kapsul berbentuk corong, panjang sekitar 1,5 cm, lebar 0,5 cm pangkal dan ujung berbentuk tajam.

Khasiat daun sambiloto

  • Digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air  seni (diuretika).
  • Menurunkan panas pada badan (antipiretika).
  • Mengobati sakit perut, kencing manis (DM), gejala penyakit hepatitis, infeksi saluran empedu, diare, disentri basiler, tifoid, radang patu (pneumonnia), radang saluran pernapasan (bronkhitis), radang ginjal akut (pielonefritis akut), radang telinga tengah (OMA), radang usus buntu, sakit gigi, leptospirosis, dan terkena racun.
  • Untuk gejala kanker dapat mengobati penyakit seperti trofoblas seperti kehamilan angggur (mola hidatisoda), dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas) serta tumor paru.
  • Kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah. Hasil percobaan farmakologi menunjukan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0,3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid.
  • Sambiloto juga di percaya bisa di gunakan sebagai obat gejala penyakit tifus dengan cara mengambil 10-15 daun yang direbus sampai mendidih dan diminum air rebusannya.
  • Diantara khasiatnya: mengatasi gatal-gatal, mengobati kanker, malaria, meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:40 Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Latest From Tumbuhan