Manfaat

Manfaat Anggur

Manfaat anggur sudah terkenal sejak dahulu.  Anggur biasa disantap begitu saja atau sebagai bahan resep masakan atau dijadikan sirup. Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa hidup didaerah dangan intensitas yang cukup tinggi dengan curah hujan yang rendah.  Anggur memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh. Sekitar 60 jenis varietas anggur, dikonsumsi oleh seluruh dunia. Di setiap varietas, mengandung nilai gizi tersendiri disetiap buah anggurnya.

Nutrisi anggur sekitar 70 persen adalah air dan 20 persennya zat gula, yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh. Nutrisi lain seperti  asam galat, glukosida, asam fosfat, mangan, zat besi, sejumlah vitamin, kalsium, dan asam folat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Zat polifenol dan resveratol adalah senyawa yang terkandung dalam anggur yang mencegah terbentuknya sel penyebab terjadinya gejala kanker. Kandungan antioksidan anggur juga menanggal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Anggur Mengatasi Berbagai Penyakit

Manfaat anggur mampu mencegah timbulnya penyakit pada tubuh. Berikut ini beberapa contohnya :

  1. Pencegahan gejala penyakit jantung mengonsumsi buah anggur yang meningkatkan oksidanitrat dalam darah, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidan anggur juga mengurangi oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
  2. Menghambat kanker – Warna ungu pada jus anggur menurut penelitian, dapat mencegah massa tumor pada payudara dan mencegah secara signifikan pertumbuhannya yang menyebabkan terjadinya gejala kanker payudara.
  3. Mengatasi sembelit - asam organik, gula, selulosa yang terkandung pada anggur dikenal sebagai pencahar alami. Kandungannya mengatasi kesulitan buang air besar atau sembelit. Mencegah timbulnya permasalahan yang lebih besar lagi seperti gejala kanker usus besar.
  4. Mengurangi asma – kadar air pada anggur bisa menjadi semacam kekuatan assimilatory bagi paru-paru. Bagi penderita asma, ini mengurangi masalah sesak napas yang diderita

Manfaat Lain Buah Anggur

Selain anggur sangat baik bagi kesehatan, manfaat anggur lainnya juga merawat kecantikan, yaitu sebagai berikut :
  • Melembabkan kulit wajah
Buah anggur iris menjadi dua buah bagian, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan lima belas menit. Gunakanlah secara rutin setiap dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur dan rasakanlah manfaat anggur yang memberikan kelembaban alami kulit.
  • Mencerahkan wajah
Wajah yang kusam, sangat menggangu penampilan, anggur dapat membantunya. 1 sampai 2 buah anggur ambil dan dikupas kulitnya, lalu remas dengan tangan. Campurkan dengan madu ± 2-3 tetes, kemudian oleskan ke wajah yang bersih. Diamkan paling kurang 15 menit, lalu bilas dengan air biasa.

Bermanfaat ? Sebarkan artikel ini

Share

Manfaat Anggur
Manfaat.Co.ID

Temukan mmanfaat yang anda cari disini dan sebarkan manfaat tersebut pada teman, kerabat, dan sanak saudara anda. MARI MENYEBARKAN PAHALA

Manfaat Lain Yang Harus Anda Ketahui
Manfaat Buah - Manfaat Kesehatan - Manfaat Sirsak - Manfaat Air Putih - Manfaat Lidah Buaya - Manfaat Daun Sirsak - Manfaat Madu - Manfaat Air - Manfaat Buah Naga

Segala bentuk pelanggaran seperti menyebarkan, menterjemahkan, mengcopy, mencetak, dan segala tindakan lainnya tanpa menyebutkan sumber dan link artikel asal yang ada di Manfaat.Co.Id akan ditindak sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan UUITE. Dengan mengakses situs ini berarti anda telah menerima ketentuan layanan
© 2013 Manfaat.Co.Id All Rights Reserved Worldwide. Informasi Manfaat Terlengkap di Indonesia
Muncul di Top Google by Jasa SEO SeoOne.co.id