9 Manfaat Daun Belimbing untuk Kesehatan

Belimbing adalah pohon buah yang banyak tumbuh di Indonesia. Masyarakat mengetanal belimbing sebagai buah yang sangat menyegarkan. selain itu buah belimbing juga banyak mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi yang bisa mencegah kanker.

Mengenal Tanaman Belimbing

manfaat daun belimbingPohon belimbing berbentuk seperti pohon beringin dengan tinggki sekitar 20 hingga 25 meter. Pohon berbentuk lingkaran kecil, sedang atau besar sesuai dengan umur pohon belimbing.

Daun pohon belimbing berbentuk seperti lingkaran atau lonjong dengan ukuran kecil. Permukaan pada bagian atas daun terlihat lebih kasar dengan warna hijau yang sangat segar. Daun dari pohon belimbing mengeluarkan bau dan aroma yang sangat khas.

Pada dasarnya masyarakat mengenal belimbing sebagai buah yang bisa dibuat menjadi camilan atau olahan lain. Namun ternyata bagian daun juga memiliki khasiat yang sangat besar dalam bidang kesehatan. berikut ini manfaat daun belimbing.

1. Obat Cacar Air

Cacar air biasanya hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Namun penyakit ini bisa membuat penderita merasa kurang nyaman karena disertai dengan panas, demam dan sakit kepala. Untuk mengurangi gejala dan rasa tidak nyaman saat terkena cacar air, maka bisa memakai rebusan daun belimbing.

  • Rebus beberapa lembar daun belimbing
  • sisakan hingga satu gelas saja
  • Minum secara teratur hingga semua gejala hilang atau reda

2. Obat Sakit Kepala

Sakit kepala bisa terjadi pada siapa saja. Sakit kepala bisa disebabkan karena tekanan pikiran, lelah, sakit bawaan, atau tekanan darah tinggi. Untuk mengatasi sakit kepala maka minum rebusan air daun belimbing bisa mengurangi rasa sakitnya.

Cara ini telah diperkenalkan di kawasan China sejak ratusan tahun yang lalu. Daun belimbing bisa memberikan efek yang menyegarkan dan membuat reaksi khusus pada syaraf, seperti juga pada :

3. Obat Sakit Kulit

Sakit kulit yang disebabkan karena gangguan bakteri atau penyakit inflamasi, bisa disembuhkan dengan daun belimbing. Anda bisa menghaluskan beberapa helai daun belimbing kemudian gunakan pada kulit yang sakit atau terkena infeksi jamur dan bakteri.

Daun belimbing terbukti mengandung manfaat senyawa flavanoid, etil asetat dan butanol. Ini adalah bahan-bahan yang sangat aktif untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

4. Obat Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi masih menjadi salah satu penyebab penyakit lain yang lebih berat seperti gagal ginjal, diabetes, dan stroke. Untuk menurunkan tekanan darah maka bisa memakai manfaat daun belimbing.

  • Ambil beberapa lembar daun belimbing yang masih segar
  • Cuci bersih hingga
  • rebus dalam air, sisakan hingga satu gelas air
  • minum secara teratur

5. Obat Jerawat

Jerawat menjadi hal yang sangat menganggu bagi semua orang termasuk pria dan wanita. Jerawat disebabkan karena bakteri atau kuman yang bersarang di bagian bawah kulit. Akibatnya maka kuman atau bakteri berkembang dan menjadi jerawat.

Pengobatan tradisional jerawat dengan manfaat daun belimbing telah dipraktekkan di kawasan India. Daun belimbing memiliki zat anti inflamasi. Cara pembuatannya :

  • Daun belimbing di cuci bersih
  • Haluskan dengan menumbuknya
  • Kemudian tempelkan pada wajah yang berjerawat
  • Lakukan metode ini secara berulang-ulang
  • hingga jerawat sembuh tanpa meninggalkan bekas

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan bisa naik dan bisa turun. Hal ini tergantung dari kondisi tubuh. Jika nafsu makan sedang turun maka biasanya sedang terjadi gangguan pada organ dalam pencernaan. Terlebih jika terus memburuk dan sulit untuk diobati.

Cara pembuatannya, rebus beberapa lembar daun belimbing. Kemudian minum hasil rehusan daun belimbing. Air ini akan menjadi lebih segar dengan aroma yang sangat khas. Konsumsi selama dua kali dalam sehari. Khasiat seperti ini ditemui juga pada :

7. Obat Batuk

Pemakaian daun belimbing sebagai obat batuk dimulai di kawasan India. Daun belimbing ternyata bisa mengobati sakit tenggorokan dan meredakan batuk untuk anak-anak. Pengobatan ini dimulai sejak tahun 1876 di Brasil.

Daun belimbing mengandung esktrak etanol yang bisa meredakan sakit tenggorokan, caranya :

  • Rebus 20 lembar daun belimbing dengan lima gelas air
  • Sisakan hingga dua gelas
  • minum pada pagi dan sore hari
  • Setelah batuk red, maka hentikan pengobatan

8. Melancarkan Buang Air Kecil

Daun belimbing mengandung flavonoid dan senyawa yang bisa membantu mengatasi masalah diuretik. Penyakit ini biasanya diderita oleh lanjut usia dengan beberapa keluhan infeksi pada kandung kemih.

Untuk mengatasi masalah ini maka bisa mengambil beberapa helai daun belimbing yang masih segar. Kemudian rebus dengan air bersih dan sisakan air untuk minuman. Air rebusan daun belimbing terbukti tidak akan menimbulkan efek samping.

9. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat daun belimbing terbukti mengandung berbagai macam zat fitokimia. Bahkan dalam beberapa kali penelitian terungkap bahwa daun belimbing mengandung alkaloid, tannin dan saponin. Semua jenis zat ini bisa efektif dalam mengatasi masalah nyeri sendi.

Cara untuk mengobati nyeri sendi dengan daun belimbing adalah haluskan daun belimbing yang masih segar dan campur dengan air garam. gunakan ramuan ini dan tempelkan pada bagian tulang yang terasa nyeri.

Sejarah Pengobatan dengan Daun Belimbing

Pohon belimbing dianggap sebagai salah satu pohon obat di kawasan Asia. Sejarah pemakaian pohon belimbing tidak terbatas pada daun saja. Bahkan buah, akar atau tunas, bunga dan daun belimbing sudah dipakai sejak lama sebagai bahan ramuan untuk mengobati beberapa penyakit.

Beberapa jejak sejarah pengobatan yang memanfaatkan daun belimbing :

  1. Filiphina memakai daun belimbing untuk pengobatan cacar air, sakit kepala ringan, penurun panas, gangguan pencernaan dan obat diare
  2. Tunas belimbing dipakai di Filiphina untuk pengobatan sembelit, sakit perut kolik, dan diare
  3. China memakai daun belimbing untuk pengobatan demam dan mual
  4. India memakai daun belimbing untuk pengobatan wasir, sakit rabun pada mata, dan gangguan mabuk karena naik kendaraan
  5. Brasil memakai daun belimbing untuk pengobatan penyakit duiretik dan gangguan ginjal.

Hingga sekarang daun belimbing masih dikembangkan sebagai bahan untuk obat-obatan. Berbagai senyawa dan zat kimia yang terdapat dalam daun belimbing dipercaya menjadi agen pengobatan yang sederhana dan tidak menimbulkan efek samping.

, , , , ,
Post Date: Friday 03rd, April 2015 / 09:40 Oleh :
Kategori : Tumbuhan